Sukses

Apple Habiskan Dana Rp 170,7 Triliun Dalam 2 Pekan

Langkah buyback saham ini dilakukan karena Apple terkejut melihat penurunan sebesar 8% harga saham Apple.

CEO Apple Inc., Tim Cook mengungkap bahwa perusahaannya baru saja mengeluarkan dana sebesar USD 14 milyar atau sekitar Rp 170,7 triliun. Uang dalam jumlah besar itu dikeluarkan Apple untuk membeli saham miliknya sendiri selama dua minggu terakhir.

Langkah perusahaan melakukan buyback itu karena mereka terkejut melihat penurunan sebesar 8% harga saham Apple sebagai respon dari laporan kuartalan perusahaan. Cook menyebutkan bahwa ini merupakan sebuah kesempatan yang tidak bisa dilewatkan.

Bos Apple itu mengaku tindakannya sebagai suatu hal yang mungkin dilakukan pula oleh perusahaan lainnya. Banyak perusahaan yang juga menimbun uang perusahaannya untuk bisa melakukan pembelian di kemudian hari.

Penurunan harga saham Apple dikarenakan iPhone tak bisa mencapai target penjualan sebesar 55 unit yang dipasang analis Wall Street. Padahal, penjualan sebesar 51 juta iPhone di kuartal kemarin merupakan rekor pencapaian terbaru yang didapatkan perusahaan.

Apple sebelumnya pernah diingatkan oleh investor kaya, Carl Icahn agar melakukan pembelian kembali sahamnya sebesar USD 150 miliar dengan dana pinjaman dan Apple bergeming atas saran itu. Namun, selama 12 bulan terakhir Apple diketahui telah melakukan buyback hingga USD 40 miliar.

Dikutip Tekno Liputan6.com dari Phone Arena, pada bulan April lalu, Apple mengumumkan bahwa mereka akan mengembalikan USD 100 miliar dari dana perusahaan kepada investor. Dari jumlah itu sekitar USD 60 miliar dari perusahaan akan berbentuk pembelian kembali saham ataupun dividen.

Cook juga mengaku perushaannya perlu memiliki dana besar supaya tetap dapat melakukan pembelian dalam kondisi yang sangat penting. "Kami tidak punya masalah untuk menghabiskan dana 10 digit untuk perusahaan yang tepat dan pas untuk kepentingan terbaik bagi Apple dalam jangka panjang," kata Cook.


Baca juga : 

Apple Klaim Cetak Rekor Penjualan iPad Tertinggi Sepanjang Massa
CEO Apple: iPhone 5C Mengecewakan
Penjualan iPhone di Bawah Target, Saham Apple Merosot

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.