Sukses

Ayo, Buat Perubahan Sosial Dengan Teknologi Seluler

Perangkat seluler dipilih karena upaya perubahan sosial dari teknologi ini dirasa belum dieksplorasi dengan maksimum.

Demi merangsang dan mengajak masyarakat untuk ikut peduli terhadap perubahan sosial yang lebih adil dengan menggunakan teknologi seluler, Ford Foundation menggelontorkan dana hibah senilai US$ 750.000 atau sekitar Rp 9 milyar.

Dana itu akan diberikan kepada siapa saja, bisa perorangan, kelompok atau lembaga yang dapat menawarkan upaya perubahan sosial berbasis teknologi seluler. Demikian menurut keterangan resmi Ford Foundation yang diterima tim Tekno Liputan6.com, Senin (20/1/2014).

Upaya yang ditawarkan peserta bisa berupa penyampaian konten, rekayasa piranti lunak, dan rekayasa perangkat keras. Perangkat seluler dipilih karena upaya perubahan sosial dari teknologi ini dirasa belum dieksplorasi dengan maksimum ketimbang media lain, seperti video, radio, dan web.

Dalam ajang yang bertajuk `Cipta Media Seluler`ini Ford Foundation menggandeng tiga organisasi pendukung, seperti Wikimedia Indonesia, ICT Watch dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI).

"Ford Foundation Indonesia berharap bahwa hibah ini dapat merangsang dan mengajak masyarakat untuk ikut peduli tentang hak dan tanggung jawab mereka sebagai pengguna teknologi seluler dan pelaku media," kata Heidi Arbuckle selaku kepala bidang media Ford Foundation Indonesia.

Formulir permintaan dana hibah tersebut dapat diperoleh di situs www.ciptamedia.org. Penerimaan permintaan ditutup pada 20 April 2014 dan pengumuman penerima hibah akan dilakukan pada 20 Juni.

Sementara itu dana hibah akan mulai dikucurkan secara bertahap untuk para penerima yang terpilih pada Agustus 2014. (isk)


Baca juga : 
Jakarta Dikepung Banjir, Operator Telekomunikasi Siaga
Diterjang Banjir Besar, Telkom Pulihkan Komunikasi di Manado
Sebagian Jakarta Terendam, Telkomsel Amankan Layanan
Layanan Data Meningkat, Telkomsel Masih Andalkan Layanan Suara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini