Sukses

Mahaguru Antivirus Ciptakan Gadget Anti Sadap

Khawatir perangkat komunikasi disadap, ia menciptakan sebuah alat anti sadap yang bisa dihubungkan ke smartphone dan tablet.

Nama John McAfee memang sangat populer. Selain terkenal sebagai pendiri perusahaan antivirus McAfee, John yang eksentrik ini pun pernah didakwa menembak mati tetangganya di Amerika Utara. Kini, mahaguru antivirus itu dikabarkan telah menciptakan sebuah gadget canggih yang mampu melindungi penggunanya dari intaian lembaga keamanan NSA (National Securit Agency).

Keberadaan teknologi milik NSA yang kabarnya mampu menyadap semua perangkat komunikasi memang mengkhawatirkan. Kekhawatiran inilah yang pada akhirnya memicu Jhon untuk menciptakan sebuah alat yang ia namakan D-Central.

Nantinya D-Central bisa dihubungkan dengan smartphone dan tablet. Gadget ini sendiri rencananya akan dipasarkan dengan bandrol USD 100. Harga yang sangat terjangkau untuk sebuah perangkat yang mampu melindungi penggunanya dari pengawasan NSA.

"Tak akan ada cara bagi pihak pemerintah untuk mengetahui siapa dan di mana Anda berada. Kami sudah punya desainnya, dan saat ini masih mencari partner untuk pengembangan hardware," kata Jhon McAfee seperti dikutip dari laman The Verge, Rabu (2/10/2013).

Lebih lanjut dijelaskan, D-Central tidak bekerja dengan cara menggantikan jaringan internet, melainkan menciptakan sebuah jaringan khusus yang memungkinkan pengguna berinteraksi dalam sebuah file yang telah terlindungi.

D-Central juga bisa digunakan untuk komunitas karena jangkauannya yang mampu mencapai hingga tiga blok. Semua orang yang berada di dalam jangkauan tiga blok tersebut dapat berkomunikasi satu sama lain tanpa ada intervensi dari pihak luar.

Jhon McAfee berharap prototipe D-Central akan siap dalam kurun waktu enam bulan ke depan. Dan setelah itu, produksi massal D-Central mungkin dapat terwujud. (dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.