Sukses

Intel Perkenalkan Prosesor Mungil Khusus Smartwatch

Quark diklaim merupakan prosesor terkecil yang pernah dibuat Intel. Ukuran intinya hanya sekitar 1/5 dari ukuran prosesor Intel Atom.

Di acara Intel Developer Forums (IDF) 2013 yang berlangsung di San Fransisco, California, CEO Intel Brian Krzanich memperkenalkan prosesor terbaru bernama 'Quark'.

Quark diklaim merupakan prosesor System on Chip (SoC) terkecil yang pernah dibuat Intel. Ukuran intinya diperkirakan hanya sekitar 1/5 dari ukuran prosesor Intel Atom. Selain itu, Quark juga dibangun di atas arsitektur x86 yang bersifat terbuka dan membuatnya dapat dioptimalkan oleh lebih banyak pengembang.

Dikutip dari laman The Verge, Rabu (11/9/2013), Krzanich menjelaskan bahwa Quark diposisikan sebagai prosesor khusus bagi perangkat yang dipakai di tubuh manusia (wearable devices) seperti jam tangan dan kacamata pintar. Bahkan, pada keynote-nya pun Krzanich sempat memamerkan prototipe smartwatch ber-platform Intel yang sudah menggunakan prosesor Quark.

Lebih lanjut President Intel Renee James mengungkapkan bahwa Quark akan diaplikasikan pula pada berbagai jenis gadget olahraga dan sistem tata kelola kota. Selain itu, Quark juga dianggap sebagai sebuah penemuan terinovatif di segmen prosesor saat ini karena telah mendukung jaringan nirkabel 4G LTE.

Sayangnya, baik Krzanich maupun James tidak mengungkapkan vendor mana dan produk apa yang akan bekerjasama dengan mereka dalam memanfaatkan Quark. Tak tertutup kemungkinan pula Intel akan memproduksi sendiri produk wearable devices mereka, bersaing dengan sejumlah produsen yang telah lebih dulu bermain di segmen tersebut seperti Google, Samsung, dan Sony. (dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini