Sukses

Ini Keyboard Wireless Tertipis di Dunia, Setipis Kertas

Ukuran keyboard wireless yang fleksibel ini hanya setipis kertas dan dapat digunakan di hampir semua permukaan.

Para ilmuwan di Cambridge Silicon Radio (CSR) Inggris berhasil mengembangkan sebuah keyboard wireless yang fleksibel. Ukuran keyboard ini hanya setipis kertas dan dapat digunakan di hampir semua permukaan.

CSR mengklaim keyboard ini sebagai keyboard wireless tertipis di dunia, ukuran tebalnya hanya 0,5 milimeter dan mampu merespon sentuhan dengan baik. Perangkat ini dapat digunakan di permukaan tablet dan smartphone yang sensitif untuk mempermudah pengguna mengetik pesan pada ponsel mereka.

Menurut laman Dailymail yang dikutip Jumat (6/9/2013), keyboard tersebut dirancang dengan perpaduan teknologi low power wireless dan cutting-edge printable and flexible electronic milik perusahaan.

"Perangkat ini dapat melakukan input teks dasar serta kontrol sentuhan dan gestur, sehingga Anda dapat melakukan gerakan swipe, pinch dan zoom, serta gerakan lain yang jauh lebih kompleks," jelas Paul Williamson, Director of Low Power Wireless di CSR.



Keyboard ini juga dapat digunakan dengan stylus-pen bagi yang ingin membuat gambar dan sketsa. Anda juga dapat mengintegrasikannya ke cover penutup tablet, atau digunakan di komputer desktop.

Keyboard ini terhubung secara nirkabel menggunakan sebuah chip CSR1010 dengan teknologi 'Bluetooth Smart'. Karena itu keyboard tersebut bisa dihubungkan ke perangkat terbaru Apple yang menggunakan iOS7, serta PC Windows 8.

"Konsumen menginginkan aksesoris wireless yang inovatif yang hanya bekerja dengan perangkat mobile mereka," imbuhnya lagi.

CSR bermitra dengan Atmel dan Conductive Inkjet Technology untuk membuat permukaan keyboar yang tipis. Prototipe keyboard ini diperkenalkan di ajang IFA 2013 yang berlangsung di Berlin, Jerman.  (dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini