Sukses

Windows Phone Jadi Sistem Operasi Nomor Dua Di Amerika Latin

Ini dianggap mengejutkan. Sebab pada tahun sebelumnya di periode yang sama, Windows Phone hanya menempati posisi keempat.

International Data Center (IDC) dilaporkan telah merilis hasil riset data penjualan smartphone untuk kuartal kedua tahun 2013 ini. Sebuah fakta mengejutkan muncul pada laporan tersebut. Tanpa diduga Windows Phone berhasil merangsek menjadi sistem operasi smartphone terpopuler kedua di wilayah Amerika Latin.

Seperti yang dikutip dari laman WP Central, Jumat (23/8/2013), laporan ini cukup mengagetkan banyak pihak. Sebab pada tahun sebelumnya di periode yang sama, Windows Phone hanya menempati posisi keempat di bawah Android, iOS, dan BlackBerry. Tapi Windows Phone kini sukses merangkak naik dan hanya berada di bawah Android.

Menurut data IDC, pertumbuhan ekosisitem ponsel pintar Windows Phone di 20 negara yang ada di wilayah Amerika Latin mencapai 12 persen dibanding tahun sebelumnya. Hal ini tentu mengantarkan sistem operasi mobile besutan Microsoft tersebut melampaui pencapaian pertumbuhan perangkat bersistem operasi iOS dan BlackBerry.

Menurut Oliver Flores selaku salah satu staf di IDC Amerika Latin, kesuksesan Windows Phone lebih disebabkan oleh bagusnya sistem distribusi dan promosi produk yang dilakukan oleh para produsen perangkat di Amerika Latin. Ia menyatakan bahwa saat ini handset Windows Phone sedang menjadi tren di negara-negara Amerika Latin, bahkan dibandingkan dengan iPhone dari Apple.

Untuk pasar global sendiri, hasil laporan IDC juga menggambarkan pertumbuhan signifikan dari sistem operasi Windows Phone. Kini Windows Phone telah menempati posisi ketiga sistem operasi terpopuler di dunia menggeser BlackBerry. (dhi/gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.