Sukses

7 Keajaiban AI di Google I/O 2024 yang Akan Mengubah Dunia!

Temukan bagaimana Google I/O 2024 menghadirkan inovasi AI yang luar biasa, termasuk Gemini 1.5 Flash, Project Astra, Imagen3, Veo, dan banyak lagi!

Liputan6.com, Jakarta - Google kembali menggemparkan dunia teknologi dengan mengumumkan serangkaian inovasi AI teranyar mereka di Google I/O 2024.

Dari model AI lebih cepat dan murah hingga asisten universal cerdas, Google siap mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital.

Berikut adalah beberapa inovasi yang diumumkan Google dalam ajang tahunannya mereka ini.

1. Gemini 1.5 Flash dan Update Gemini 1.5 Pro

Google memperkenalkan model AI baru bernama Gemini 1.5 Flash, dan diklaim lebih cepat dan efisien ketimbang generasi AI Gemini saat ini.

Model AI baru ini berada di antara Gemini 1.5 Pro dan Gemini 1.5 Nano, model terkecil perusahaan yang beroperasi secara lokal di perangkat.

Raksasa teknologi itu mengatakan, Flash dibuat untuk pengembang yang menginginkan model AI lebih ringan dan murah ketimbang Gemini Pro.

Diharapkan, dengan model AI baru ini pengembang dapat membuat aplikasi dan layanan sambil mempertahankan beberapa hal, seperti jendela konteks hingga satu juta token.

Rencananya, Google tahun ini akan menggandakan jendala konteks ini menjadi dua juta token.

Dengan kemampuan ini, Gemini akan mampu memproses dua jam video, 22 jam audio, atau lebih dari 1,4 juta kata bersamaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Project Astra

Google perkenalkan Project Astra di acara Google I/O (Liputan6.com/Robinsyah Aliwafa Zain)

Perusahaan juga memamerkan Project Astra, versi awal dari asisten universal didukung oleh AI.

"Agen AI versi Google ini akan dapat membantu dalam kehidupan sehari-hari," kata CEO DeepMind Google, Demis Hassabis.

Dalam demo di Google I/O 2024, perusahaan memperlihatkan bagaimana seorang pengguna Astra bergerak di sekitar kantor Google di London.

Saat berkeliling memegang ponsel dan mengarahkan kameranya ke berbagai hal, pengguna dapat berkomunikasi secara alami dengan Astra tentang apa yang terlihat.

Di salah satu momen video, model AI baru Google ini dengan tepat memberi tahu di mana letak kacamata saat pengguna bertanya apakah Astra tahu kacamata miliknya berada.

3. Ask Google Photos

Google Photos semakin cerdas dengan kemampuan AI baru. Anda sekarang dapat mengajukan pertanyaan rumit, seperti "berapa nomor polisi mobil saya?".

Atau, Anda bisa mengajukan pertanyaan untuk "Tunjukkan foto terbaik dari setiap kota yang pernah saya kunjungi".

Google Photos juga dapat membuat tayangan slide dan membagikannya ke media sosial secara otomatis.

3 dari 4 halaman

4. Imagen3 dan Veo

Model ini memungkinkan pengguna membuat gambar detail dan terliat lebih realistis.

Google mengklaim, AI baru miliknya ini dapat mengatasi tantangan terbesar generator gambar berbasis kecerdasan buatan, yaitu teks.

Imagen3 dapat merender dengan baik semu prompt yang ditulis, dan menghasilkan gambar sesuai dengan keinginan.

Memiliki kemampuan setara dengan OpenAI Sora, Veo dapat menghasilkan video resolusi 1080p berkualitas tinggi dengan durasi lebih dari satu menit.

Tak hanya itu, model AI milik Google ini juga dapat memahami bahasa alami dan istilah sinematik, sehingga hasil video akan terlihat lebih menarik dan sesuai dengan visi.

5. Google Search

Google melakukan perombakan besar-besaran terhadap cara kerja Search, di mana Anda dapat mengajukan pertanyaan rumit untuk mendapatkan jawaban lebih informatif dan detail.

Contohnya, "buatkan saya rencana menginap 3 hari 2 malam di kota Bandung". Nanti, Google akan memberikan sejumlah rekomendasi lokasi atau kuliner mana saja yang dapat didatangi.

Namun, fitur ini masih baru digunakan secara terbatas di AS. Pengguna global dapat menikmati fitur baru Google Search ini pada akhir tahun.

 

4 dari 4 halaman

6. Gemini di Android

Gemini akan terintegrasi langsung ke Android, memungkinkan Anda untuk mengajukan pertanyaan kontekstual tentang aplikasi, gambar, atau video yang Anda jalankan.

7. Google Workspace

Gemini sudah tersedia di Google Workspace beberapa waktu belakang, namun Google sepertinya sudah siap membawa fitur ini ke tahap selanjutnya.

Di Gmail, pengguna dapat minta Gemini merangkum informasi dari sekolah anak atau hanya dapat merangkum email yang panjang sehingga Anda tidak perlu melakukannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini