Sukses

iOS 18 Bakal Hadirkan 2 Fitur AI Baru, Yuk Cari Tahu di Sini!

Apple dikabarkan bakal menghadirkan dua fitur AI baru di iOS 18, yuk cari tahu di sini...

Liputan6.com, Jakarta - Apple makin bersiap untuk merilis fitur AI di update iOS 18 terbaru. Kabarnya, pembaruan tersebut bakal diperkenalkan di pagelaran WWDC 2024 mendatang.

Menurut laporan Apple Insider, sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Selasa (14/5/2024), iOS 18 akan menghadirkan fitur kecerdasan buatan (AI) berupa transkripsi audio yang ditingkatkan, serta ringkasan berbasis AI ke iPhone.

Saat fitur AI tersebut dirilis ke publik, pengguna akan bisa mengakses fitur transkrip dari audio rekaman menjadi teks secara bersamaan.

Voice Memos yang terdapat di jajaran perangkat Apple akan menjadi aplikasi pertama yang akan mendapatkan peningkatan fitur AI. Versi awal dari aplikasi ini bakal menghadirkan fitur transkrip langsung saat merekam audio.

Fitur transkrip ini nampaknya juga akan diterapkan Apple di aplikasi Notes. Versi pra-rilis kedua aplikasi ini menghadirkan tombol transkripsi khusus yang menyerupai gelembung ucapan.

Saat pengguna mengetuk gelembung ucapan yang tampil, maka akan muncul transkrip dari rekaman audio yang direkam dalam aplikasi Notes.

Alat transkripsi akan melengkapi fitur perekaman audio di aplikasi Notes. Selain itu, terdapat pula fitur ringkasan audio rekaman berbasis AI.

Dengan fitur peringkasan AI, serta rekaman audio dalam aplikasi baru dan opsi transkripsi langsung, Notes diharapkan bakal menjadi aplikasi yang banyak dipakai pengguna.

Misalnya, siswa dapat dengan mudah merekam perkuliahan dan kelas langsung dari aplikasi Notes tanpa memerlukan aplikasi pihak ketiga.

Saat merekam di aplikasi Notes yang ditingkatkan, pengguna akan memiliki opsi untuk menyertakan transkripsi dan ringkasan dalam catatan, bersama dengan media lain seperti gambar, tautan, tabel, dan lain sebagainya.

Fitur transkripsi dan ringkasan yang akan datang hanyalah sebagian dari fitur AI Apple yang akan menjadi gebrakan di tahun ini.

Terdapat rumor lain yang bakal menggunakan algoritma kecerdasan buatan pada update iOS 18, seperti Intelligent Search di browser Safari, serta fitur AI yang dapat merangkum teks di website yang dikunjungi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur AI Generatif iOS 18

Tak hanya itu, Apple akan menghadirkan fitur AI generatif baru. Terbaru, seperti dikutip dari Tech Radar, Selasa (6/5/2024), bocoran yang diterima Apple Insider dari sumber anonym menyebut kalau fokus kemampuan AI generatif Apple berasal dari Large Language Model (LLM) Ajax.

Dengan dukungan tersebut, deretan fitur baru akan dibenamkan Apple di iOS 18. Salah satunya adalah kemampuan merangkum teks, baik konten teks yang ada di situs web maupun iMessages.

Secara garis besar, kemampuan iOS 18 ini memungkinkan pengguna mengetahui inti dari teks dalam dokumen, situs web, termasuk percakapan tanpa perlu membaca keseluruhannya. Disebutkan pula, fitur ini dapat diakses melalui Siri.

Selain itu, menurut sumber tersebut, LLM Ajax akan mengolah prompt yang diberikan pengguna sepenuhnya di perangkat Apple. Jadi, LLM itu tidak akan mengirimkan data apa pun ke cloud.

Disebutkan, kemampuan ini meningkatkan privasi dan kecepatan layanan. Sebab, respons yang diberikan oleh AI generatif akan bisa muncul dalam hitungan milidetik.

Integrasi AI juga akan dilakukan dengan sejumlah aplikasi bawaan Apple, termasuk aplikasi kontak dan kalender.

Sementara untuk memberikan respons dari layanan AI berbasis cloud, Apple kemungkinan akan meminta bantuan dari Google Gemini atau ChatGPT dari OpenAI. Namun sebelum melakukannya, pengguna disebut akan mendapatkan notifikasi lebih dulu. 

3 dari 4 halaman

Perombakan Besar iOS 18 di WWDC 2024

Perlu diketahui, Apple dijadwalkan akan menggelar acara tahunan mereka Worldwide Developers Conference (WWDC) pada 10 Juni hingga 14 Junie 2024.

Dalam WWDC 2024 ini, perusahaan berbasis di Cupertino, Amerika Serikat (AS) akan menjadi menungkap iOS 18.

Rumor saat ini menyebutkan, iOS 18 akan menampilkan sejumlah peningkatan Siri dan fitur baru AI (kecerdasan buatan).

Disebutkan, pertama kalinya OS untuk iPhone ini akan dirombak besar-besaran sejak diluncurkan pertama kali iOS ini diluncurkan pada 2007.

Kini, Mark Gurman dari Bloomberg mengungkap informasi baru tentang fitur baru apa saja yang akan hadir di update iOS 18 mendatang.

Dilansir Mark Gurman, Senin (29/4/2024), Apple akan merombak banyak aplikasi bawaan di iOS 18, termasuk Mail, Notes, Photos, dan Fitness.

Selain di iOS, perusahaan disebut-sebut akan menghadirkan pembaruan OS ini ke iPadOS 18 dengan memperkenalkan aplikasi kalkulator bawaan di iPad.

Dengan kehadiran iOS 18 dan iPadOS 18, pengguna seharusnya dapat menyematkan ikon aplikasi di mana saja di layar utama, meskipun itu berarti ikon tersebut ditempatkan di luar grid biasa.

4 dari 4 halaman

Apple Juga Berfokus Kembangkan LLM Sendiri

Apple juga dilaporkan akan menggunakan LLM-nya sendiri untuk pemrosesan AI tanpa memerlukan koneksi internet.

Laporan dari Bloomberg menunjukkan, fitur AI generatif pertama Apple untuk iPhone akan diproses di perangkat, bukan di cloud.

AI yang diproses di perangkat dianggap lebih aman dan pribadi. Sebab, data tidak harus keluar dari perangkat, tetapi pemrosesannya memerlukan chipset yang lebih bertenaga.

Berdasarkan laporan yang beredar, Apple disebut-sebut akan berfokus pada model AI yang dikerjakan di perangkat secara lokal, sambil mencari mitra untuk pemrosesan AI berbasis cloud. Kerja sama dengan perusahaan lain bukan hal baru bagi Apple.

Sebagai contoh, Google membayar Apple miliaran dolar untuk menjadi mesin pencari default di browser Safari. Selain itu, perusahaan juga bermitra dengan Qualcomm untuk menghadirkan modem 5G di iPhone.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.