Sukses

Google Perluas Cakupan Gemini, Bakal Terintegrasi dengan YouTube Music

Google dikabarkan bakal mengintegrasikan layanan Gemini AI ke YouTube Music untuk mempermudah akses aplikasi streaming tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Google dikabarkan akan melakukan integrasi Youtube Music dengan Gemini AI. Informasi ini pertama kali dilaporkan oleh Android Authority.

Mengutip informasi dari 9to5Google, Jumat (10/5/2024), integrasi ini diketahui dari adanya opsi baru untuk menghubungkan YouTube Music dengan Gemini. Adapun opsi ini muncul dari pembaruan terbaru aplikasi Google di Android.

Dengan integrasi ini, pengguna bisa memanfaatkan Gemini untuk nantinya mengakses, mencari lagu, mengelola playlist, termasuk perintah menjalankan pemutaran di YouTube Music.

Sekadar diketahui, Google sendiri sebelumnya telah mengaktifkan beberapa integrasi Gemini untuk layanan lain, seperti Flights, Hotels, Maps, termasuk aplikasi produktivitas Workspace serta YouTube.

Meski bocorannya sudah diketahui, integrasi ini belum dirilis secara resmi. Dikabarkan, integrasi ini akan rencananya akan hadir pada menu Extensions di Gemini.

Untuk informasi, Google memang terus berupaya untuk mempermudah akses Gemini AI ke para pengguna. Terbaru, raksasa internet itu dilaporkan mulai menggulirkan akses Gemini langsung di Google Chrome.

Melalui akses ini, pengguna Chrome bisa langsung mengakses layanan AI tersebut melalui address baru. Informasi ini diketahui dari uji coba fitur yang sudah dimulai sejak pertengahan April 2024.

Kini, fitur ini pun sudah mulai digulirkan untuk pengguna umum. Informasi kehadiran akses langsung Gemini AI ini pun diumumkan melalui akun Twitter resmi Google Chrome.

"Mulai obrolan Anda dengan Gemini secara cepat memakai shortcut di address bar Chrome desktop," tulis Chrome dalam akun resminya. Disebut, fitur ini sudah bisa diakses dengan Chrome versi terkini yakni 124 stable.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akses Gemini AI Langsung di Google Chrome

Fitur ini pun sudah bisa diakses untuk pengguna browser tersebut di Mac, Windows, dan ChromeOS. Namun ada kemungkinan fitur ini masih digulirkan secara bertahap, sehingga belum semua pengguna mendapatkannya.

Untuk mengakses Gemini AI langsung melalui address bar di Chrome, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Ketik @ di address bar di Chrome desktop, dan pilih Chat with Gemini
  • Tulis prompt yang diinginkan
  • Dapatkan respons langsung dari layanan Gemini

Sebagai informasi, rencana Google untuk menambahkan dukungan Gemini di Chrome sempat diketahui sejak Februari 2024. Ini disebut upaya pertama Google mengimplementasikan Chat with Gemini ke dalam Chrome Omnibox.

Dengan cara ini, pengguna bisa mengakses chatbot tersebut tanpa harus membuka situs web Gemini. Untuk diketahui, Chrome Omnibox berfungsi sebagai bilah alamat dan bila pencarian, serta menambahkan beberapa tugas lain ke browser. 

3 dari 4 halaman

Fitur Baru Google Gemini AI: Pengguna Bakal Bisa Putar Musik dari Berbagai Layanan Streaming

Sebelumnya, Gemini AI, model AI buatan Google semakin canggih saja kemampuannya semenjak debut secara global pada Desember 2023 lalu.

Sebelumnya, Gemini AI telah terintegrasi ke dalam aplikasi Google Maps di ponsel. Kini, Google Gemini disebut-sebut bakal menghilangkan batasan kemampuan model AI ini.

Dilansir Android Authority, Senin (22/4/2024), Google akan menambahkan opsi "Music" atau "Musik" baru di laman pengaturan model AI tersebut.

Disebutkan, pengguna bisa memutar musik di layanan streaming favorit, seperti Spotify, Apple Music, YouTube Music, dan lainnya. Namun, opsi ini tidak akan aktif secara langsung atau 'default'. Sehingga pengguna harus mengaktifkannya secara manual.

Menurut laporan tersebut, opsi untuk memilih layanan streaming musik pilihan ini muncul dalam menu pengaturan aplikasi Gemini di perangkat Android tersebut saja.

Sayangnya, saat dikilik pengguna hanya diarahkan ke halaman kosong. Ini berarti fitur baru Google Gemini itu masih dalam pengambangan.

4 dari 4 halaman

Integrasi Gemini ke Layanan Streaming

Setelah terintegrasi secara meyeluruh, kemungkinan besar asisten AI Google ini dapat dipakai untuk memutar musik dari aplikasi pihak ketiga, seperti Spotify, Apple Music atau YouTube Music.

Tentunya kemampuan memutar musik dari aplikasi pihak ketiga ini dapat menjadi fitur menarik, mengingat Google Assistant memiliki kemampuan tersebut.

Google meluncurkan aplikasi Gemini khusus untuk Android pada bulan Februari, menggantikan asisten virtual di tablet dan HP Android.

Meski Gemini menghadirkan fitur AI generatif, seperti pembuatan gambar dan teks, peringkasan teks, dan banyak lagi, AI ini masih belum memiliki beberapa fungsi Google Assistant.

Saat ini, Google belum memberikan rincian apa pun tentang rencana peluncuran fitur tersebut. Namun, diharapkan fitur baru Gemini AI itu akan tersedia untuk pengguna dalam beberapa minggu mendatang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.