Sukses

Google I/O 2024: Android 15, AI, dan Kejutan Pixel Baru?

Google I/O 2024 siap hadir dengan deretan pengumuman menarik, termasuk Android 15, kemajuan AI, dan kemungkinan Pixel terbaru.

Liputan6.com, Jakarta - Google diketahui akan menggelar event tahunan yang dikenal dengan nama Google I/O. Dalam event tersebut, perusahaan biasanya akan memperkenalkan deretan produk terbaru.

Untuk itu, dalam gelaran Google I/O kali ini, Google hampir dapat dipastikan akan mengungkap sejumlah produk anyar besutan mereka ke publik. Mengutip informasi dari Engadget, Rabu (8/5/2024), ada beberapa hal yang kemungkinan akan dibahas Google dalam event tersebut.

Salah satunya, sama seperti event tahun sebelumnya, Google I/O 2024 akan menjadi debut dari Android versi terbaru. Dan kali ini, perusahaan dapat dipastikan akan memperkenalkan Android 15.

Saat ini, Android 15 versi beta telah mulai digulirkan untuk sejumlah penguji. Beberapa fitur dari system operasi terbaru ini pun sudah mulai terungkap, seperti Privacy Sandbox yang diperbarui hingga konektivitas satelit yang ditingkatkan.

Selain Android 15, Google besar kemungkinan akan banyak membahas soal AI dalam event tahun ini. Terlebih, perusahaan itu sudah memiliki Gemini AI dan digadang-gadang akan menjadi salah satu fokus pembahasan dalam I/O tahun ini.

Sejumlah analis juga memperkirakan kalau dukungan AI generatif akan menjadi kunci dari produk Google tahun ini, mulai dari Search, Chrome, Maps, dan G-Suite.

Tidak hanya itu, ada kemungkinan Google juga akan sedikit membahas soal layanan mereka lainnya, seperti Wear OS, Google TV, termasuk Android TV. Sementara untuk perangkat, Google memang diketahui tidak terlalu banyak mengungkapnya ketika event I/O.

Kendati demikian, bukan tidak mungkin, perusahaan akan mengungkap informasi mengenai Pixel terbaru di event tersebut. Sebab, Google pernah melakukannya di event I/O tahun lalu Ketika mengumumkan kehadiran Pixel Fold.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jangan Lewatkan, Google I/O Digelar 14 Mei 2024

Untuk diketahui, Google I/O, acara tahunan raksasa mesin pencari ini akhirnya terungkap lewat unggahan @googledevs di platform X.

Dalam unggahan tersebut, Google I/O 2024 akan digelar pada 14 Mei tahun ini berisikan sejumlah pengumuman produk terkini.

Diyakini, Google juga akan mengumumkan lini produk ponsel Android terbarunya, yaitu Pixel 8a.

Tak hanya itu, ajang tahunan Google ini juga dipakai perusahaan untuk memperkenalkan sejumlah fitur baru di OS Android 15.

Google juga sering kali mengumumkan sejumlah teknologi baru, dan cara perusahaan berinteraksi dengan komunitas pengembang.

Beberapa pihak juga mengatakan, Google bakal mengumumkan informasi terbaru tentang teknologi AI mereka.

Toh ini karena Google telah berkali-kali mengungkap bagaimana teknologi AI mereka, seperti Gemini AI sangat hebat.

3 dari 4 halaman

Bukan Pixel Fold 2, Google Pakai Nama Ini untuk HP Android Layar Lipat Baru

Di sisi lain, Google Pixel Fold memang tidak sepopuler ponsel layar lipat merek lainnya, seperti Samsung, Oppo, atau Huawei.

Meski begitu, Google Pixel Fold pun dirilis dan menjadi ponsel layar lipat milik raksasa mesin pencari tersebut.

Alhasil, wajar bila perusahaan merilis lini penerusnya Pixel Fold 2. Namun laporan terkini menyebutkan, Google tidak akan menggunakan nama tersebut untuk ponsel layar lipatnya.

Mengutip Android Authority, Rabu (17/4/2024), Google diyakini akan menggunakan nama Pixel 9 Pro Fold untuk HP layar lipat barunya tersebut.

Tak hanya itu, besar kemungkinan Pixel 9 Pro Fold akan debut di ajang peluncuran pada Oktober tahun ini ketimbang Google I/O 2024 pada bulan Mei.

Bila memang benar, Google tidak hanya merilis dua smartphone seperti sebelumnya, tetapi akan memperkenalkan empat ponsel.

Adapun keempat ponsel tersebut, antara lain Pixel 9, Pixel 9 Pro, Pixel 9 Pro XL, dan Pixel 9 Pro Fold.

Walau Pixel 9 dan Pixel 9 Pro XL adalah seri penerus Pixel 8 dan Pixel 8 Pro, model Pixel 9 Pro disebutkan bakal tampil dengan ukuran lebih kecil.

Meski mirip dengan varian standar, Pixel 9 Pro akan dilengkapi dengan hardware lebih tinggi, termasuk chipset Tensor G4. 

4 dari 4 halaman

Fitur Circle to Search Sambangi Pengguna Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro

Di samping itu, fitur Circle to Search dilaporkan sudah mulai digulirkan untuk pengguna perangkat Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Seperti diketahui, fitur ini merupakan kolaborasi antara Samsung dan Google.

Seperti namanya, fitur Circle to Search memungkinkan pengguna untuk mencari informasi mengenai gambar atau teks secara otomatis. Pengguna cukup melingkari atau mencoret objek yang tampil di layar, lalu informasi seputar objek tersebut akan ditampilkan langsung di layar.

Setelah hadir di seri Samsung Galaxy S24, seperti dikutip dari GSM Arena, Minggu (4/2/2024), fitur ini kini sudah mulai menyambangi Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Sebelumnya, Google memang menyebut kalau fitur ini akan digulirkan ke pengguna Pixel mulai 31 Januari 2024.

Berdasarkan laporan sejumlah pengguna, kehadiran fitur ini dilakukan langsung melalui server. Karenanya, pengguna Pixel 8 dan Pixel 8 Pro tidak perlu melakukan update aplikasi atau firmware untuk bisa merasakan fitur ini.

Pengguna juga disebut tidak akan menerima notifikasi apabila fitur ini sudah bisa diakses. Untuk itu, pengguna harus langsung menjajal fitur ini untuk mengetahui apakah Circle to Search sudah hadir di perangkat mereka.

Saat ini, akses untuk fitur Circle to Search memang masih terbatas di lini Galaxy S24 dan Google Pixel 8. Belum ada informasi kapan fitur ini akan digulirkan untuk perangkat Android lain, tapi ada laporan lain menyebut kalau fitur ini akan terbuka ke perangkat lain di Oktober 2024.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini