Sukses

Menkominfo Ungkap Perbincangan CEO Apple Tim Cook dengan Menhan Prabowo, Bahas Apa?

Menkominfo Budi Arie Setiadi mengungkapkan, pertemuan Tim Cook dengan Menhan Prabowo sekitar satu jam di kantor Kemenhan Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - CEO Apple Tim Cook menemui Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto selama sekitar satu jam di Kantor Kemenhan Jakarta, Rabu (17/04/2024). Dalam kesempatan ini Prabowo didampingi Menkominfo Budi Arie Setiadi.

“Pertemuan Tim Cook dengan pak Prabowo sekitar satu jam sejak pukul 13.00 WIB," kata Menkominfo setelah pertemuan, dikutip Rabu (17/4/2024).

Budi menjelaskan, Tim Cook hadir bersama Vice President for Environment, Policy and Social Initiatives Apple, Lisa Jackson.

Juga turut didampingi oleh Head of Global Government Affairs Apple, Nick Amma; Head of Government Affair APAC, Elizabeth Hernandez; dan Government Affairs for SEA, Mirza Natadisastra.

Menurut Budi Arie, CEO Apple Tim Cook menyampaikan rencana investasi dan Apple Developer Academy di Indonesia.

“Indonesia negara yang menarik dan potensial bagi Apple,“ ujar Budi Arie menyampaikan ucapan Tim Cook.

Prabowo, yang juga Presiden RI terpilih, berharap investasi Apple bisa terlaksana dengan baik di Indonesia dan tepat waktu.

“Pak Prabowo menyampaikan, Indonesia sangat welcome dengan komitmen Apple untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan Indonesia,“ kata Budi Arie.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

CEO Apple Tim Cook Sambangi Istana, Temui Jokowi Bahas Investasi Teknologi di Indonesia

Sebelumnya, Chief Executive Officer (CEO) Apple Tim Cook mengunjungi Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu pagi, untuk bertemu dengan Presiden Jokowi guna membahas investasi perusahaan teknologi asal Amerika Serikat tersebut di Indonesia.

Tim Cook beserta para pendampingnya tiba di halaman Istana Kepresidenan Jakarta pada pukul 08.55 WIB. Ia datang mengenakan setelan jas biru dengan celana berwarna senada.

Setelah Tim Cook masuk ke kawasan Istana, berselang kemudian Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyusul untuk menghadiri rapat pertemuan.

"Apple ini bagian dari bagaimana negara kita menarik investasi dan perhatian bagi ekosistem kemajuan teknologi ke depan," kata Budi Arie di Istana Kepresidenan Jakarta.

Budi menegaskan pembahasan soal investasi Apple sebagai perusahaan raksasa teknologi terbesar asal AS tersebut dapat membuat Indonesia menjadi rantai pasok dunia terhadap produk tersebut.

3 dari 6 halaman

Nilai Tambah untuk Indonesia

Sementara itu, Menperin Agus Gumiwang menyatakan produksi ponsel (handphone) di Indonesia pada 2023 mencapai 49 juta unit, sedangkan impornya hanya sebesar 2,79 juta unit.

Dari 2,79 juta unit ponsel yang diimpor itu, sebanyak 85 persennya berasal dari produk Apple.

Menurut Agus, Apple merupakan pendekatan yang unik agar pemerintah dapat menciptakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) demi menciptakan nilai tambah untuk Negara.

"Oleh sebab itu kepentingan dari Indonesia tetap adalah menciptakan nilai tambahnya di Indonesia," kata Agus.

4 dari 6 halaman

Bos Apple Tim Cook Jalan-Jalan ke Kota Tua, Mampir ke Museum Wayang

Tim Cook juga menyempatkan diri berkunjung ke Museum Wayang di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27, Jakarta Barat.

Sebelum mampir ke Museum Wayang, diketahui Tim Cook pagi hari ini, Rabu (17/4/2024), bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tim Cook tiba di museum pada pukul 10.37 pagi, dan langsung dibawa menonton pertunjukan wayang kulit.

CEO Apple Tim Cook tampil dengan pakaian santai, kaos polo berwarna putih, celana warna biru, dan sepatu pantopel.

Ditemani oleh Nyimas Laula, Tim Cook terlihat sangat antusias melihat pertunjukan wayang kulit dengan dalang Fakih Tri Sera Fil Ardhi.

Usai menonton pertunjukan, Bos Apple tersebut sempat ngobrol santai dengan sang dalang, Fakih.

"Terkejut saat melihat Tim Cook sangat antusias dengan seni wayang kulit, dia sempat bertanya tentang sudah berapa lama saya menjadi dalang, proses pembuatan wayang, hingga teman gamelan," kata Fakih.

Fakih menjelaskan, pertunjukan wayang kulit yang dipertontonkan bercerita tentang superhero Indonesia asli, yakni Gatotkaca.

Selain mengunjungi Museum Wayang, bos Apple Tim Cook juga dijadwalkan akan berkunjung ke Apple Developer Academy di BSD. 

5 dari 6 halaman

Saat Bos Apple Tim Cook Terpesona Saksikan Pertunjukkan Wayang Kulit

CEO Apple Tim Cook terlihat sangat antusias saat menyaksikan secara langsung pertunjukan wayang kulit di Museum Wayang.

Tim Cook sampai di Museum Wayang setelah dirinya bertemu Presiden Joko Widodo (Jokow) di Istana Kepresidenan, Rabu (17/4/2024), pagi.

Tampil santai, bos Apple langsung disambut pertunjukan wayang kulit bercerita tentang kisah perwayangan superhero asli Indonesia, yakni Gatotkaca.

Selama 10 menit, Tim Cook tampak terkesima dengan cerita pewayangan sejarah Gatotkaca yang dibawakan oleh Fakih Tri Sera Fil Ardhi.

Selesai menonton, Tim dan Fakih juga terlihat mengobrol santai. Saat ditanya, Fakih menjelaskan bagaimana bos Apple Tim Cook ini sangat antusias dengan pertunjukan wayang kulit.

"Cukup mengejutkan untuk melihat Tim Cook ternyata sangat antusias dengan budaya wayang kulit ini," ucap Fakih kepada Liputan6.com.

Saat ditanya apa saja yang diobrolkan, pria lulusan Universitas Indonesia (UI) ini mengatakan, "Tim Cook tanya-tanya soal sejak umur berapa menjadi dalang, proses pembuatan wayang dan banyak lagi."

Diketahui, kunjungan CEO Apple ini ke Museum Wayang merupakan salah satu bagian dari jadwalnya berkunjung ke Jakarta.

6 dari 6 halaman

Infografis Ponsel Black Market Diblokir via IMEI. (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini