Sukses

Sempat Ramai Keluhan Instagram dan WhatsApp Down, Ini Kata WhatsApp

Warganet sempat mengeluhkan kalau layanan Instagram dan WhatsApp down pada Kamis 4 April 2024 dini hari hingga pagi tadi. Berikut adalah informasi dari WhatsApp tentang tumbangnya layanan mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian pengguna media sosial Instagram dan aplikasi pesan WhatsApp mengeluhkan layanan kedua platform sempat down.

Berdasarkan pantauan di situs pendeteksi laman down, DownDetector, Instagram dan WhatsApp down terjadi pada Kamis (4/4/2024) dini hari, tepatnya sekitar pukul 02.00 WIB.

WhatsApp dan Instagram down ini dirasakan oleh para pengguna di seluruh dunia. Keluhannya, ada banyak pengguna di berbagai negara yang tidak bisa mengakses kedua layanan milik Meta.

Meski begitu, ada pula pengguna yang merasakan layanan WhatsApp dan Instagram mereka masih normal dan dapat diakses.

Keluhan rupanya juga dirasakan oleh sebagian warganet yang ada di Indonesia. Ini terlihat dari tagar WhatsApp down yang sempat menggema di media sosial X.

Tagar WhatsApp down ini diiringi sejumlah meme dan unggahan yang menyindir WhatsApp atau Instagram.

Lantaran, keduanya dianggap terlalu sering error dan tak bisa diakses. Meme logo Instagram dan X alias Twitter disandingkan, seolah kalau Instagram sedang down, warganet lari mencari hiburan di X alias Twitter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kata WhatsApp Soal WhatsApp Down

Kabar kalau WhatsApp down ini memang sempat dibenarkan oleh perusahaan. Lewat unggahan di akun X beberapa jam lalu, WhatsApp mencuit pihaknya tengah memperbaiki layanan.

"Kami tahu sebagian orang mengalami masalah saat ini, kami bekerja memperbaiki layanan agar 100 persen normal bagi semua pengguna, secepat mungkin," kata pihak WhatsApp.

Baru tiga jam setelah unggahan tersebut atau sekitar pukul 5 pagi, WhatsApp kembali mengumumkan kalau layanan mereka sudah bisa diakses kembali.

3 dari 3 halaman

Tak Minta Maaf, Cuma Infokan Layanan Kembali Normal

"Dan kami kembali, selamat berkirim pesan," kata WhatsApp.

Tidak ada penjelasan apa pun soal alasan Instagram dan WhatsApp tumbang. Perusahaan juga tidak minta maaf atas tumbangnya layanan mereka.

Perusahaan hanya menyebut tengah memperbaiki layanan dan mengumumkan kalau layanannya sudah kembali normal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.