Sukses

Review Xiaomi 14, Smartphone Compact dengan Kamera Leica dan Performa Ganas

Xiaomi 14 menjadi smartphone flagship terbaru dari Xiaomi yang mengusung kamera berkualitas berkat kolaborasi dengan pabrikan kamera legendari Leica. Simak ulasan lengkap dari Xiaomi 14 berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi 14 siap menantang smartphone flagship dari merek ternama lainnya dengan membawa kamera kualitas jempolan, berkat kolaborasi dengan pabrikan kamera legendaris, Leica.

Xiaomi 14 menghadirkan kamera beresolusi tinggi 50MP di semua lensa, termasuk lensa utama, ultrawide, dan telephoto.

Kamera tersebut didukung prosesor terbaik dari Qualcomm saat ini, yaitu Snapdragon 8 Gen 3, yang memiliki komputasi fotografi kelas atas.

HP Xiaomi ini juga memiliki fitur khas yang dimiliki oleh HP flagship yang punya banderol harga lebih tinggi, seperti proteksi tahan air dan debu, wireless charging, serta layar dengan bezel tipis dan rata di keempat sisi.

Kehebatan yang dimiliki HP Xiaomi 14 dibungkus dalam ukuran yang compact (ringkas), sehingga nyaman untuk digenggam dengan satu tangan.

Tim Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk menguji smartphone Xiaomi ini selama satu minggu, untuk melihat kehebatan potensial yang dimiliki ponsel ini untuk menantang flagship Android yang beredar saat ini.

Adapun model yang kami uji adalah varian warna White dengan kapasitas RAM 12GB dan penyimpanan 256GB.

Dengan kemampuan yang dihadirkan, apakah HP baru Xiaomi ini bisa menyaingi smartphone flagship dari merek lain, yang juga merajai pasar ponsel flagship? Simak ulasan lengkapnya berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Desain Xiaomi 14

Xiaomi 14 memiliki desain yang elegan dan premium, berkat penggunaan material kaca di bagian belakang dan frame glossy berbahan alumunium di sisi smartphone.

Penggunaan kaca belakang yang melengkung di smartphone ini akan memberikan kenyamanan dan mengurangi efek licin saat digenggam

Unit yang kami pegang adalah warna White. Varian ini memiliki warna putih yang terlihat bersih, sekaligus dapat menyamarkan sidik jari yang menempel.

Kendati demikian, frame yang mengkilap di HP ini membuat sidik jari sangat mudah menempel.

Untungnya, dalam kotak penjualan Xiaomi menyematkan case abu-abu yang dapat melindungi bodi dari benturan sekaligus menutupi sisi smartphone agar tidak kotor akibat sidik jari.

Xiaomi 14 memiliki bodi yang mungil dan ringkas. HP ini memiliki dimensi 152.8 x 71.5 x 8.2 mm yang membuat ponsel ini nyaman meski digunakan dengan satu tangan.

 

Pada bagian bawah smartphone terdapat slot untuk memasukkan 2 nano SIM, port USB-C untuk pengecasan dan transfer data melalui kabel, dan lubang speaker yang juga ditemani oleh dua garis antena.

Untuk sisi kanan, terdapat tombol power dan volume yang ditemani dengan garis antena. Lalu, di sisi kiri hanya terdapat satu garis antena, sedangkan di sisi atas terdapat dua garis antena.

3 dari 7 halaman

Layar Xiaomi 14

Layar yang digunakan Xiaomi 14 adalah panel LTPO OLED beresolusi 1200 x 2670 piksel dengan aspek rasio 20:9.

Panel ini memiliki cakupan hingga 68 miliar warna, sehingga layar dari Xiaomi 14 dapat menghasilkan warna yang kaya dengan detail yang tajam.

Selain memiliki warna cemerlang, layar ini juga memiliki kecerahan yang sangat tinggi, dengan peak brightness mencapai 3000 nits yang terlihat sangat terang meski berada di bawah terik matahari.

Tak berhenti di situ, Xiaomi 14 memiliki teknologi HDR10+ dan Dolby Vision yang dapat memanjakan mata saat menikmati konten yang mendukung HDR.

Refresh rate dari ponsel ini mencapai 120Hz dengan teknologi AdaptiveSync yang dapat memberikan pergerakan yang mulus saat pengoperasian, sekaligus dapat mengatur kecepatan refresh secara otomatis.

Dengan teknologi mutakhir yang dimiliki, layar ini memiliki ukuran yang ringkas, yakni 6.36 inch dengan tepi layar yang sangat tipis dan seimbang di keempat sisi, sehingga layar dari ponsel ini tak hanya hebat secara spesifikasi namun juga terlihat estetik saat dipandang.

4 dari 7 halaman

Performa Xiaomi 14

Layaknya smartphone flagship pada umumnya, Xiaomi 14 mengusung chipset terkencang di pasaran. HP ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 yang punya fabrikasi 4nm, sehingga ponsel ini memiliki performa yang ngebut dan efisien.

Kehebatan SoC ini terlihat di skor Antutu Benchmark yang tembus 1,9 juta poin, dan di Geekbench 6 mendapatkan skor 2150 poin untuk single core dna 6388 poin untuk multi core.

Dengan capaian skor Antutu dan Geekbench tersebut, maka Xiaomi 14 sanggup menjalankan game berat dan berbagai kegiatan intensif lainnya.

Sebagai catatan, berkat penyebaran suhu yang merata ke seluruh bodi, smartphone akan terasa hangat saat menjalankan aktivitas intensif.

Oleh karenanya, disarankan menggunakan fan cooler saat bermain game dalam jangka waktu lama untuk mendinginkan suhu smartphone

5 dari 7 halaman

Kamera Xiaomi 14

Keunggulan utama dari Xiaomi 14 adalah kamera beresolusi tinggi yang berkolaborasi dengan produsen kamera legendaris, Leica.

Ketiga kamera ini menggunakan lensa optikal Leica Summilux, hasil kerjasama Xiaomi dan Leica.

Lensa ini dapat menangkap banyak cahaya bahkan dalam suasana redup sekalipun untuk menghasilkan foto dengan warna, kontras dan ketajaman yang prima.

Terdapat dua mode fotografi Leica, yaitu Leica Authentic yang memberikan foto dengan warna yang natural dan tajam khas leika, serta Leica Vibrant yang memberikan hasil foto yang kaya warna dan cerah.

Kemampuan dari kamera tersebut mampu menghasilkan foto yang berkualitas tinggi di setiap kondisi, baik kondisi dengan cahaya berlimpah maupun kondisi remang.

Xiaomi 14 menggunakan kamera utama beresolusi 50MP aperture f/1.6 dengan sensor Light Fusion 900. Sensor ini dikembangkan khusus oleh Xiaomi untuk smartphone ini.

Light Fusion 900 memiliki ukuran 1/1.31" yang besar, sehingga dapat menangkap cahaya dan bayangan yang lebih banyak.

Selain itu, kamera tersebut memiliki lensa aspheric 7P dan stabilisasi OIS.

 

Kamera utama tersebut ditemani dengan kamera telephoto dan ultrawide beresolusi 50 MP dengan sensor Samsung ISOCELL JN1.

Kamera telephoto yang dimiliki dibenamkan sistem stabilisasi OIS yang dapat meredam guncangan saat memotret, dan kamera ini juga dapat digunakan untuk fotografi makro.

Sedangkan untuk kamera ultrawide memiliki sudut pandang (FoV) mencapai 115° yang dapat memotret dengan cakupan yang luas.

Kamera depan dari Xiaomi 14 memiliki sensor 32MP dengan aperture f/2.0. Kamera ini menawarkan hasil foto yang tajam, dengan warna kulit yang terlihat natural.

Selain fotografi, smartphone ini juga memiliki kemampuan videografi yang memukau. Xiaomi 14 dapat merekam hingga resolusi 8K 24FPS di kamera utama, dan 4K 60FPS di semua lensa.

Yang tak kalah hebat, kamera depan dari HP ini juga mampu merekam hingga resolusi4K 60FPS. Fitur ini sangat jarang ditemukan di smartphone pada umumnya.

Tak hanya itu, kamera dari Xiaomi 14 juga dapat merekam dengan fitur Dolby Vision, sehingga smartphone ini dapat menghasilkan video HDR dengan warna berlimpah dan kontras yang tajam

6 dari 7 halaman

Fitur dan Baterai

Sebagai smartphone flagship, Xiaomi 14 sudah memiliki fitur yang wajib dimiliki oleh HP flagship.

Xiaomi 14 memiliki sertifikat IP68, yang berarti HP ini tahan debu dan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Selain itu, HP ini memiliki fitur fast wireless charging yang dapat menerima daya hingga 50W.

Yang menjadi pembeda dari flagship lain yang dijual di Indonesia saat ini adalah Xiaomi 14 memiliki charger yang include di dalam kotak penjualan.

Charger ini memiliki keluaran daya 90W yang dapat mengisi daya dari kosong hingga penuh dalam waktu 42 menit.

Sebagai informasi, pastikan suhu smartphone terjaga agar pengecasan dapat berjalan dengan lebih cepat.

Baterai dari smartphone ini memang tidak memiliki kapasitas yang besar, yaitu 4610 mAh. Kendati demikian, ponsel ini memiliki daya tahan yang baik, dengan screen on time mencapai 9 jam.

7 dari 7 halaman

Kesimpulan

Xiaomi 14 bisa menjadi pilihan bagi kamu yang mencari flagship berukuran compact dengan kualitas kamera terbaik.

Kolaborasi Xiaomi dan Leica di smartphone ini memberikan kamera dengan hasil foto mengagumkan dengan racikan fotografi khas Leica.

Tak hanya itu, perekaman dari Xiaomi 14 ini menghasilkan video yang tajam dan stabil dengan resolusi 4K di semua lensa termasuk kamera depan.

Ponsel ini juga memiliki spesifikasi gahar dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 yang dapat memberikan performa kelas atas.

HP ini pun punya daya tahan yang baik meskipun kapasitas baterai ponsel ini hanya berkisar 4610 mAh.

Ditambah fitur khas flagship di Xiaomi 14, seperti wireless charging, proteksi IP68, bezel layar yang tipis, sistem dual speaker stereo yang detail dan lantang, dan charging cepat 90W.

Terdapat kekurangan yang bisa jadi pertimbangan sebelum meminang smartphone ini, seperti HP ini hanya punya varian RAM 12GB/ROM 256GB untuk pasar Indonesia. Selain itu, ukurannya yang mungil kurang cocok bagi pengguna yang menginginkan ponsel berukuran besar.

Di samping kekurangan yang dimiliki, Xiaomi 14 tetap menjadi pilihan utama dengan kamera berkualitas Leica dan performa yang ngebut dalam form factor yang ringkas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.