Sukses

Presiden Vladimir Putin Ingin Rusia Buat Konsol Game, Siap Tandingi PlayStation dan Xbox

Presiden Vladimir Putin disebut-sebut ingin agar Rusia memiliki konsol game buatan mereka sendiri, dengan tujuan untuk saingi PlayStation dan Xbox.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Vladimir Putin kabarnya telah menginstruksikan ke pemerintahannya untuk menjajaki kemungkinan membuat konsol game di Rusia.

Disebutkan, Presiden Vladimir Putin ingin agar konsol buatan Rusia ini dapat bersaing dengan PlayStation dan Xbox.

Negara dengan sebutan beruang merah ini aktif mempermasalahkan game dan pengembang asal AS dalam beberapa tahun terakhir ini.

Karena hal tersebut, negara mengancam peluncuran game-game seperti Apex Legends hingga The Last of Us Part 2.

Pemerintah Rusia menganggap, game-game buatan pengembang asal AS tersebut sebagai pro-LGBTQ, mana mereka secara terbuka menentangnya.

Pernyataan Presiden Vladimir Putin ini diunggah di situs resmi Kremlin, dan muncul setelah pertemuan tentang pembagunan sosial-ekonimi Wilayah Kaliningrad.

Selain membuat konsol game, Putin juga meminta Kabinet Menteri-nya untuk mempertimbangkan membuat sistem operasi (OS) dan cloud khusus.

Nantinya, OS dan cloud buatan Rusia ini dapat dipakai untuk tempat gamer di Rusia mengunduh game atau aplikasi ke konsol.

Dilansir RT, Senin (1/4/2024), batas waktu pelaksanaan perintah tersebut ditetapkan pada 15 Juni 2024.

Perdana Menteri Rusia, Mikhail Mushustin, telah ditunjuk sebagai orang bertanggung jawab mengawasi dan mewujudkan perintah Presiden Putin.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menjelaskan, perintah presiden untuk mempertimbangkan pembuatan konsol Rusia bertujuan untuk mengembangkan industri game asli Rusia.

Sebelumnya, Organisasi untuk Pengembangan Industri Video Game (RVI) menyampaikan roadmap lima tahun kepada pemerintah pada Februari 2024.

Saat itu, RVI menetapkan rencana pmebuatan konsol game secara penuh pada tahun 2026-2027. Tampaknya, pemerintah Rusia berupaya untuk menindaklanjuti rencana ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PS5 Pro Bakal 3 Kali Lebih Ngebut dari PS5 Sekarang

PS5. (Doc: PlayStation)

Di sisi lain, Sony disebutkan tengah mengembangkan konsol PlayStation 5 Pro atau PS5 Pro. Terkini, konsol versi upgrade dari PS5 ini kabarnya bakal memiliki performa tiga kali lipat lebih kencang dari konsol PS5 saat ini.

Informasi ini diungkap oleh YouTuber Moore's Law is Dead, di mana dia mengklaim telah mendapatkan akses dokumen spesifikasi PS5 Pro, dengan kode nama Trinity.

Memperkuat klaim YouTuber tersebut, laporan Insider Gaming juga membocorkan spesifikasi lebih akurat konsol yang akan meluncur pada musim liburan 2024 nanti.

Mengutip The Verge, Sabtu (16/3/2024), tangkapan layar dokumen spesifikasi konsol PS5 Pro itu menyebutkan peningkatan performa PS5 Pro terlihat di GPU (Graphics Processing Unit).

Tertulis, GPU PS5 Pro ini diklaim bisa mencapai 67 teraflop untuk perhitungan floating point 16-bit.

Bila benar, maka angka tersebut setara dengan 33.5 teraflop untuk komputasi single-precision, dan secara kasar memberikan peningkatan performa rendering hingga 45 persen dibanding PS5 standar.

3 dari 4 halaman

PS5 Pro dukung Fitur PSSR, Apa Itu?

<p>Cek Harga dan Spesifikasi PS5 Slim, Konsol Terbaru dari Sony yang Akan Meluncur di Indonesia. (Doc: PlayStation)</p>

Untuk gambaran, PS5 saat ini memiliki kemampuan 10.28 teraflop. Bila angka ini benar adanya, maka performa PlayStation 5 Pro akan mengalami peningkatan signifikan.

Dokumen tersebut juga menyebutkan, PS5 Pro ini menjanjikan performa ray tracing 3 kali lipat lebih baik ketimbang PS5--hingga 4x dalam beberapa situasi.

Bocoran dokumen itu juga tertulis informasi hadirnya fitur PlayStation Spectral Super Resolution (PSSR). Apa itu?

Fitur PSSR rumornya akan menggunakan machine learning untuk meningkatkan resolusi gambar, mirip dengan teknologi DLSS dari Nvidia atau FSR dari AMD.

Meskipun Moore's Law is Dead tak selalu menjadi sumber akurat untuk bocoran konsol, kredibilitas laporan Henderson cukup meyakinkan.

Ia menyebutkan, studio internal Sony telah menjajal PS5 Pro devkit sejak September lalu, dan developer pihak ketiga menyusul pada Januari 2024.

Sebelumnya, Henderson juga pernah melaporkan rencana kehadiran PS5 Pro dengan target rilis November 2024.

Para gamers yang haus akan performa kencang dan grafis memukau tentunya patut menantikan kehadiran konsol PS5 Pro milik Sony ini.

4 dari 4 halaman

Jadwal Rilis PS5 Pro

PS5 serta beberapa aksesoris pelengkap. (Doc: PlayStation)

PS5 Pro dikabarkan bakal meluncur pada tahun ini, setelah penjualan konsol baru Sony itu jauh dari ekspektasi perusahaan.

Analis mengatakan, PS5 Pro ini akan meluncur pertengahan akhir tahun 2024. Kehadiran model "Pro" ini memang sudah banyak dinantikan.

 PS5 sendiri meluncur pertama kali pada akhir tahun 2020, di mana kala itu kondisi pasar konsol sedang mengalami kekurangan chipset.

Akibatnya, pasokan chipset untuk konsol baru Sony ini pun langka di pasaran dan berujung melambungnya harga PS5 saat ini.

Namun, terbatasnya stok konsol Sony tersebut akhirnya berakhir pada tahun 2023. Sejak pasokan berangsur normal, rumor PS5 Pro pun langsung bermunculan.

Mengutip laporan CNBC via Gamerant, Rabu (21/2/2024), kemungkinan PS5 Pro akan meluncur pada akhir tahun 2024.

Rumor konsol Sony ini muncul setelah laporan Sony minggu lalu, di mana PS5 telah memasuk akhir siklus hidupnya. Karena itu, wajar langkah berikutnya untuk mengganti konsol Sony ini adalah PS5 Pro.

Jika analis ini benar, PS5 Pro akan hadir sebelum rilis GTA 6 pada tahun 2025. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini