Sukses

Survei Telkomsel: Masyarakat Tingkatkan Donasi Saat Ramadan, Pengeluaran untuk Gadget Tinggi

Survei Telkomsel dalam Telkomsel Ramadan Insight 2024 mengungkap bahwa pengeluaran masyarakat saat Ramadan mengalami peningkatan, termasuk untuk donasi hingga pembelian gadget.

Liputan6.com, Jakarta - Unit bisnis Telkomsel Enterprise menungkap hasil riset Ramadan Insight 2024. Dalam survei ini, Telkomsel manfaatkan platform survei online tsurvey.id dan data insight telko.

Terungkap, masyarakat kian banyak yang memanfaatkan layanan digital dan internet untuk aktivitas browsing, gaming dan chatting selama Ramadan.

Hasil survei juga mengungkap, 78 persen responden mengalami peningkatan pengeluaran selama Ramadan dan lebih dari 60 persen merencanakan mudik satu minggu sebelum Lebaran.

Berdasarkan hasil riset, peningkatan trafik data selama Ramadan terjadi di berbagai komunitas. Untuk komunitas Gamers, terjadi peningkatan trafik 20 persen selama ngabuburit. Game yang dimainkan adalah Mobile Legends: Bang Bang, Free Fire, dan Roblox.

Segmen pelanggan muda juga mengalami peningkatan trafik 10 persen, di mana 78 juta generasi muda terlibat di berbagai aktivitas online selama Ramadan.

Begitu juga dengan komunitas pencari promo yang juga mengalami peningkatan trafik data 26 persen melalui belanja online dan e-commerce. Mayoritas aktivitas terjadi pada malam hari (33 persen), siang hari (21 persen), dan sebelum buka puasa (23 persen).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alokasi Donasi Meningkat Saat Ramadan

Hasil survei online tSurvey.id mengungkap, 69 persen responden meningkatkan alokasi donasi selama momen Ramadan. Faktornya karena adanya THR yang sudah diterima dalam cash 83 persen dan transfer bank 12 persen.

68 persen responden juga menyebut mereka berencana untuk mudik. Pilihan transportasi untuk mudik mulai dari kendaraan pribadi, kereta api, pesawat, dan bus.

Riset ini juga mengungkap kalau toko online masih jadi pilihan utama buat berbelanja, meski sebenarnya e-commerce juga sudah menjadi pilihan terbaik untuk belanja.

3 dari 4 halaman

Belanja Online Meningkat

Adapun dari sisi e-commerce, Shopee mendominasi jadi platform pilihan (60 persen), diikuti Tokopedia (20 persen), dan Lazada (10 persen). Hal ini didorong oleh kemudahan berbelanja, gratis ongkir, dan mudahnya pembayaran online.

Bicara pengeluaran saat Ramadan, 78 persen responden menyebut mengalami peningkatan pengeluaran, bahkan jumlahnya hingga 3 kali lipat dibanding biasanya.

4 dari 4 halaman

Pengeluaran untuk Gadget Juga Cukup Tinggi di Kalangan Anak Muda

Prioritas pengeluaran utama mulai dari sembako, makanan siap saji, pakaian baru, vitamin dan obat-obatan, hingga tiket mudik.

Gadget pun masih jadi salah satu pengeluaran terbesar saat momen Ramadan, di sini, pelajar jadi segmen yang paling butuhkan gadget baru (56 persen), diikuti pekerja dan wiraswasta.

Mereka cenderung membeli perangkat secara teratur dengan persentasi beli HP (63 persen), laptop (22 persen), dan 7 persen membeli TV baru.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.