Sukses

Top 3 Tekno: Tudinga AS dan Inggris ke China soal Spionase Jadi Sorotan

Para pejabat AS dan Inggris menuduh China melakukan spionase dunia maya yang diduga merugikan jutaan orang.

Liputan6.com, Jakarta - Para pejabat Amerika Serikat (AS) dan Inggris menuduh China melakukan spionase dunia maya yang diduga merugikan jutaan orang.

Berita ini pun menjadi sorotan para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Rabu (27/3/2024) kemarin.

Informasi lain yang juga populer datang dari Instagram yang menjadi media sosial paling populer di kalangan Gen Z.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. AS dan Inggris Tuding China Lakukan Spionase, Jutaan Orang Jadi Korban!

Para pejabat Amerika Serikat (AS) dan Inggris mengajukan tuntutan, menjatuhkan sanksi, dan menuduh China melakukan spionase dunia maya yang diduga merugikan jutaan orang.

Daftar orang yang terpengaruh ancaman siber ini termasuk anggota parlemen, akademisi dan jurnalis, serta perusahaan seperti kontraktor pertahanan.

Pihak berwenang menjuluki kelompok peretas itu sebagai Advanced Persistent Threat 31 atau “APT31”, dan menyebutnya terafiliasi dengan Kementerian Keamanan Negara Tiongkok.

Adapun korban yang menjadi incaran APT31 antara lain staf Gedung Putih, senator AS, anggota parlemen Inggris, dan pejabat pemerintah di seluruh dunia yang mengkritik Beijing.

Hanya sedikit korban yang dapat diidentifikasi namanya, namun para pejabat AS mengatakan bahwa kegiatan mata-mata yang dilakukan para peretas selama lebih dari satu dekade itu telah membahayakan kontraktor pertahanan, pembangkang, dan berbagai perusahaan AS (termasuk perusahaan baja, energi, dan pakaian jadi).

Baca selengkapnya di sini 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Instagram Jadi Medsos Paling Populer di Kalangan Gen Z

Media sosial kini bukan hanya jadi platform untuk berinteraksi, tetapi juga jadi alat yang penting bagi masyarakat dan pelaku industri untuk melakukan pemasaran digital.

Untuk itulah, agensi pemasaran digital Invinyx dan lembaga survei Jakpat merilis laporan terbaru "Pemetaan Strategi Influencer di Media Sosial".

Laporan ini memberi insight menarik bagi pelaku industri pelaku industri mengenai perilaku masyarakat di media sosial.

Salah satu temuannya, platform Instagram tetap menjadi media sosial paling populer di kalangan Gen Z selama 2023. Di mana, secara keseluruhan ada tiga platform media sosial yang terpopuler dan sering diakses responden, yakni Instagram (94 persen), YouTube (91 persen), dan TikTok (81 persen).

Berdasarkan laporan yang sama, ternyata pengguna media sosial di Indonesia menyukai format konten vlog, podcast, dan story.

Adapun jika dilihat dari gender, perempuan cenderung menyukai format vlog dan foto. Sementara, kalangan pria suka dengan format live streaming dan giveaway.

Baca selengkapnya di sini 

 

3 dari 4 halaman

3. Spesifikasi Lengkap Xiaomi 14, HP Berkamera Leica yang Dijual Rp 11 Jutaan

Xiaomi resmi merilis Xiaomi 14 di Indonesia. Perangkat ini hadir dalam seri Xiaomi 14 Series, yang terdiri dari Xiaomi 14, Xiaomi 14 Pro, dan Xiaomi 14 Ultra.

Namun, Indonesia hanya kebagian versi Xiaomi 14. Xiaomi 14 menjadi flagship smartphone Xiaomi terbaru di Tanah Air setelah sebelumnya perusahaan asal Tiongkok ini absen hadirkan Xiaomi 13 tahun lalu.

Produk flagship terakhir Xiaomi yang dirilis sebelum Xiaomi 14 adalah Xiaomi 12 yang dijual dua tahun lalu.

Xiaomi menyebut, dengan kehadiran Xiaomi 14, mereka ingin kembali menghadirkan inovasi terbaru bagi para pecinta Xiaomi di Indonesia.

Perangkat ini dibanderol dengan harga Rp 11.999.000 dan menawarkan kemampuan fotografi profesional di perangkat mobile dengan kolaborasinya dengan Leica.

Lantas, seperti apa spesifikasi Xiaomi 14? Yuk cek di sini.

Baca selengkapnya di sini 

4 dari 4 halaman

Infografis Kejahatan Siber (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.