Sukses

Review Samsung Galaxy A35 5G, HP 4 Jutaan yang Cocok Buat Bikin Konten

Samsung memperkenalkan Galaxy A35 5G di awal bulan Ramadan 2024. HP ini akan mengisi lini mid-range dari jajaran ponsel Samsung Galaxy.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung memperkenalkan Galaxy A35 5G di awal bulan Ramadan 2024. HP ini rilis bebarengan dengan Galaxy A55 5G.

Keduanya akan mengisi lini mid-range dari jajaran ponsel Samsung Galaxy.

Sama seperti pendahulunya, Galaxy A34, smartphone ini menghadirkan fitur all-rounder dan kamera yang cocok untuk diajak ngonten, dengan beberapa pembaruan dari seri terdahulu.

Meski menyasar segmen mid-range, smartphone ini memiliki fitur menarik yang tidak dimiliki oleh HP Android lain di kelasnya, salah satunya adalah sertifikasi IP67 untuk ketahanan air dan debu.

Sebuah peningkatan yang dibawa Galaxy A35 5G adalah penggunaan desain layar punch-hole yang lebih modern dari desain Infinity-U di A34 5G.

Untuk performa, Galaxy A35 5G menggunakan chipset Exynos 1380, SoC yang pernah digunakan di HP Galaxy A54 tahun lalu.

Dengan update yang dibawa, harga dari HP baru Samsung ini sama persis dengan harga A34 saat pertama kali diumumkan, yakni Rp 4.999 juta.

Setelah sepekan menggunakan Galaxy A35 5G, Tekno Liputan6.com akan membagikan pengalaman menggunakan HP ini, termasuk fitur-fitur unggulan, kelebihan, serta kekurangan saat menggunakan HP terbaru Samsung ini. Berikut ulasannya.

Desain

Galaxy A35 5G menggunakan bahasa desain yang Samsung sebut sebagai "Galaxy Design", yang telah menjadi ciri khas desain HP Samsung beberapa tahun ini.

Sekilas, ponsel ini terlihat sama persis dengan saudaranya, Galaxy A55 5G, dengan frame mengotak dan bodi berbahan kaca.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Desain Galaxy A35 5G

Di bagian belakang bodi, terdapat layout tiga kamera berjejer vertikal dengan LED Flash di sisi kanan kamera.

Frame dari Galaxy A35 5G menggunakan bahan polikarbonat. Meski begitu, frame dari HP ini terasa sangat solid, dan memberi kesan seperti terbuat dari bahan metal.

Berkat penggunaan bahan plastik di frame A35 5G, bobot dari smartphone ini menjadi lebih ringan dari A55 5G, dengan sisi sudut yang tidak terlalu tajam. Cukup nyaman ketika digenggam. 

Kendati demikian, jika kedua smartphone itu dipegang secara berbarengan, Galaxy A55 5G tetap memberikan kesan yang lebih mewah dari A35 5G, berkat penggunaan frame berbahan metal.

Varian warna yang kami uji adalah Awesome Lilac. Sekilas, varian ini terlihat seperti warna pink dengan kilauan yang memancarkan warna pelangi jika dipantulkan ke sinar cahaya langsung.

Selain varian Awesome Lilac, smartphone ini memiliki pilihan warna lain yang menarik, yakni Awesome Iceblue, dan Awesome Navy.

Lebih lanjut, untuk sisi kanan bodi, terdapat desain Key Island yang menjadi identitas Galaxy A Series di tahun ini.

Desain ini membuat sisi tombol volume dan power sedikit menonjol, penerapan desain Key Island dapat memberikan kesan yang lebih nyaman saat digenggam.

Di sisi atas smartphone, terdapat microphone dan SIM Tray yang dapat memuat dual SIM maupun satu SIM dengan micro SD yang dapat ditampung hingga kapasitas 1TB.

Pada bagian bawah dari Galaxy A35 terdapat port USB-C, dua lubang microphone, dan speaker. Sedangkan di sisi kiri terlihat kosong.

3 dari 9 halaman

Performa

Samsung memberikan peningkatan performa di Galaxy A35 5G. HP ini mengusung chipset buatan mereka sendiri, Exynos 1380.

Prosesor ini menggunakan empat inti Cortex-A78 untuk performance core dan empat inti Cortex-A55 untuk efficiency core.

SoC ini sebelumnya pernah digunakan di Galaxy A54 5G. berkat Exynos 1380 yang dipakai, HP tersebut dapat menghadirkan performa yang mumpuni untuk keseharian dan mampu menjalankan berbagai game Android populer.

Di tahun ini, Samsung kembali menggunakan chipset tersebut, namun kini mereka menggunakannya di Galaxy A35 5G.

Keunggulan dari SoC terlihat dari uji performa yang dijalankan. Untuk AnTuTu Benchmark, HP ini mendapatkan 600 ribu poin, dan untuk GeekBench 6 mendapat skor 1003 untuk single core dan 2828 untuk multi core.

Chipset ini didukung oleh RAM 8GB dan penyimpanan UFS berkapasitas 128GB dan 256GB, tergantung ukuran yang digunakan.

4 dari 9 halaman

Gaming

Kami telah menjalankan beberapa judul game Android populer untuk menguji kemampuan gaming di smartphone ini.

Game pertama yang diuji adalah Mobile Legends. A35 5G dapat menjalankan game ini dengan grafis dan frame rate Ultra 120 FPS.

Meski setting terbaik di game ini terbuka dan mampu dijalankan dengan frame rate tertinggi, frame rate yang dihasilkan cukup fluktuatif di kisaran 80-115FPS. Dan ketika sedang war, frame rate bisa turun hingga 78 FPS.

Untuk bermain PUBG Mobile, Galaxy A35 5G dapat menjalankan grafik HDR dengan frame rate Ultra 40FPS.

Kami uji game ini dengan grafis Smooth dengan frame rate Extreme 60FPS. dan hasilnya, HP in sanggup menjalankannya dengan mulus di frame rate 57-60 FPS selama 30 menit.

Ketika dipakai untuk bermain game berat seperti Genshin Impact, game ini juga dapat dijalankan dengan lancar. Untuk grafis Highest 60FPS, game ini dapat berjalan dengan lancar di 38FPS selama 30 menit.

5 dari 9 halaman

Layar dan Audio

Di segi layar, Samsung Galaxy A35 5G menggunakan panel bertipe Super AMOLED berukuran 6.6 inch, beresolusi 2340 x 1080 piksel (Full HD+) dengan dukungan refresh rate adaptif hingga 120Hz.

Layar ini juga mendukung kemampuan HDR10+, yang dapat memberikan tampilan gambar lebih realistis dengan kontras yang lebih luas.

Saat digunakan untuk menonton konten, Galaxy A35 dapat menghasilkan warna yang kontras dan mencolok, berkat kedalaman warna hingga 16 juta warna.

Dan berkat dukungan refresh rate mencapai 120Hz, pergerakan di layar Galaxy A35 akan terlihat lebih mulus.

HP ini cocok untuk mengkonsumsi beragam konten yang ada, baik menonton video di YouTube maupun layanan streaming lainnya.

Panel yang digunakan juga mendukung tingkat kecerahan hingga 1000 nits di mode kecerahan tinggi (HBM).

Dengan tingkat kecerahan tersebut, layar dari A55 5G akan terlihat jelas meski berada di terik matahari sekalipun.

Selain memiliki kualitas layar yang cerah, Galaxy A35 5G juga memiliki sistem audio yang mumpuni di kelas harganya.

Audio di smartphone ini menggunakan sistem dual stereo speaker dengan dukungan Dolby Atmos. Selain itu, terdapat Equalizer untuk mengatur karakter suara sesuai preferensi.

Untuk kualitasnya, HP ini dapat menghasilkan suara yang detail dengan bass yang cukup terasa, sehingga cocok untuk mendengarkan musik atau menonton film tanpa perlu menggunakan earphone tambahan.

Sebagai informasi, Galaxy A35 5G tidak memiliki port audio 3.5mm, sehingga perlu membeli adapter 3.5mm to Type-C kalau mau earphone berkabel atau lebih praktis menggunakan Bluetooth earphone.

6 dari 9 halaman

Kamera

Untuk membuat konten yang menarik di sosial media diperlukan kamera berkualitas. Galaxy A35 5G dirasa mampu memenuhi kebutuhan itu karena dibekali yang siap buat diajak bikin konten seharian.

Smartphone ini dibekali dengan tiga kamera dengan kamera utama 50MP dengan stabilisasi optikal OIS, kamera ultrawide 8MP, dan kamera makro 5MP.

Hasil foto yang ditangkap di siang hari terlihat tajam dengan warna yang vibrant, sehingga cocok untuk pengguna yang ingin mengabadikan momen tanpa perlu mengedit foto terlebih dahulu.

Sementara itu, untuk kamera ultrawide, foto yang dihasilkan memiliki sudut pandang 123˚ yang lebih luas.

Detail dan warna yang ditangkap kamera ultrawide dari HP ini masih kalah dari hasil foto dari kamera utama.

Kendati demikian, hasil foto yang ditangkap oleh kamera ultrawide masih layak untuk diunggah di sosial media.

Seperti seri A55 5G, ponsel ini juga memiliki fitur Nightography yang memberikan hasil foto yang jernih dengan detail dan warna yang baik meskipun di kondisi kurang cahaya.

Fitur ini dapat digunakan di lensa utama, lensa ultrawide, dan kamera depan.

7 dari 9 halaman

OS dan Sistem Keamanan

Samsung Galaxy A35 5G telah dibenamkan sistem antarmuka One UI 6.1 berbasis Android 14.

HP ini akan mendapatkan pembaruan OS selama empat tahun dan pembaruan keamanan selama lima tahun.

Untuk keamanan, Galaxy A35 memiliki sistem keamanan Samsung Knox Vault.

Sistem ini menggunakan sistem keamanan berbasis hardware yang mampu melindungi data pengguna dari serangan hacker.

Data yang dilindungi oleh Knox Vault berupa data pribadi, kredensial lock screen (pola, PIN, kata sandi), hingga enkripsi data pengguna di perangkat.

 
8 dari 9 halaman

Fitur Galaxy A35 5G

Sama seperti Galaxy A35, HP ini memiliki proteksi tahan air dan debu IP67. Diklaim HP ini dapat ditenggelamkan ke dalam air hingga 30 menit tanpa kendala.

Untuk baterai, Galaxy A35 5G memiliki kapasitas 5000mAh dengan dukungan pengecasan hingga 25W. Sayangnya, tidak terdapat kepala charger di kotak penjualan

9 dari 9 halaman

Kesimpulan

Samsung Galaxy A35 5G memiliki kemampuan dan fitur yang paling lengkap di kelas harganya.

HP ini memiliki desain yang terlihat minimalis dan khas dengan beragam warna yang manis.

Peningkatan performa dari generasi sebelumnya menghadirkan kenyamanan saat menjalankan aplikasi berat maupun bermain game.

Kareba dibekali kamera yang berkualitas di kelas harganya, smartphone ini cukup siap untuk diajak bikin konten.

Sistem Android yang terkini dan dijanjikan pembaruan software hingga lima tahun menjadi primadona bagi pengguna yang ingin menggunakan Galaxy A35 5G dalam jangka waktu lama.

Tak kalah penting, sistem keamanan Knox Vault yang siap melindungi data pribadi dari serangan siber sebagai salah satu fitur yang layak dipertimbangkan. 

Jika kamu ingin memiliki smartphone yang all-rounder di kelas harga 4 jutaan, Galaxy A35 5G bisa jadi pilihan yang menarik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.