Sukses

Indosat Umumkan Pemenang Kompetisi Film Pendek SOS 2023, Gaungkan Bijak Bermedsos Lewat Film

Indosat mengumumkan para pemenang Kompetisi Film Pendek yang merupakan bagian dari kampanye Festival Film Pendek Save Our Socmed (SOS) 2023. Kompetisi ini dinilai oleh pembuat film Ernest Prakasa dan penulis Ika Natassa.

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) menggelar Anugerah Karya Festival Film Pendek Save Our Socmed/ SOS 2023.

Ini merupakan puncak dari rangkaian kompetisi film pendek Save Our Socmed dan kampanye anti hate speech yang diselenggarakan Indosat sejak Oktober 2023.

Lewat festival film pendek SOS 2023 ini, Indosat mengajak generasi muda untuk menebarkan hal-hal positif di media sosial agar para pengguna internet mendapatkan literasi digital, terutama agar bijak dalam bermedia sosial.

Kampanye dengan tema "Bicara Baik di Digital, Hindari Emosi Tanpa Substansi" yang digaungkan Indosat ini berupaya menginspirasi anak muda di Indonesia untuk selalu menyampaikan pesan positif melalui karya film pendek.

Adapun kampanye dan film pendek ini dibuka pada 26 Oktober 2023. Total ada 273 karya film pendek yang masuk.

Seluruh karya film pendek dinilai oleh dewan juri, mulai dari pembuat film sekaligus komedian Ernest Prakasa serta penulis Ika Natassa.

Dari seluruh karya yang terkumpul, sudah terpilih 24 finalis untuk kategori Mahasiswa dan Umum. Adapun penjurian untuk tahap akhir menentukan pemenang Gold, Silver, dan Bronze untuk tiap kategori. Ada pula pemenang untuk kategori People Choice dan Judges Choice.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Roadshow Kampus untuk Edukasi tentang Literasi Digital

Lewat kampanye ini, Indosat dan Narasi juga menggelar roadshow keliling 8 kampus di Meda, Jember, Pontianak, dan Makassar. Total ada 2500 mahasiswa yang ikut serta di dalamnya.

Indosat juga mensosialisasikan festival film pendek ini di enam kota lainnya, yakni Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, dan Mataram.

Sebanyak 1.400 peserta dari berbagai komunitas aktif mengikuti pelatihan online workshop yang menghadirkan pakar perfilman, guna meningkatkan keterampilan para peserta.

Kampanye ini juga dilakukan di ranah digital dengan menggaet 15,6 juta views dan lebih dari 12,2 juta reach di semua platform media sosial, dalam kurang dari 5 bulan.

3 dari 4 halaman

Tebar Pesan Positif di Medsos Lewat Film Pendek

Director and Chief Strategy & Execution Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Ahmad Zulfikar, menyebut media sosial merupakan panggung bagi kreativitas dan sarana menyampaikan pesan positif.

"Lewat kampanye ini, kami mengajak generasi muda Indonesia untuk berkreasi dan membuat karya film pendek secara kreatif yang diharapkan setiap cerita dan visual dalam karya tersebut memiliki kekuatan untuk menyebarkan pesan-pesan baik dan positif," kata Ahmad.

Ia menambahkan, dengan festival film SOS, Indosat berharap bisa menginspirasi generasi muda untuk membangun lingkungan media sosial yang lebih positif dan bermakna.

Sementara itu, Founder Narasi, Najwa Shihab, yang turut hadir mengatakan, Festival Film Pendek SOS 2023 menjadi bagian dari langkah Narasi untuk berbagi komitmen dengan Indosat untuk mengurangi penyebaran ujaran kebencian di ruang digital.

Sekadar informasi, Festival Film Pendek SOS 2023 merupakan salah satu bagian dari CSR Indosat di bidang pendidikan digital yang telah dijalankan sejak 2022.

4 dari 4 halaman

Daftar Pemenang Ajang Kompetisi Film Pendek SOS 2023

Berikut adalah para pemenang ajang Festival Film Pendek SOS 2023:

Kategori Mahasiswa

  • Gold: PALSUBUUK
  • Silver: LAMBEMU
  • Bronze: INI KISAH SI JEMPOL PEDAS DAN SI JEMPOL BIJAK

Kategori Umum

  • Gold: DELETE !
  • Silver: HATE ATTACK
  • Bronze: A STORY BEHIND

Kategori People Choice

  • Most Likes: WIJAYA CARWASH
  • Most Viewes: RUANG GELAP.

Kategori Judges Choice

  • A STORY BEHIND

Kategori Best Directing

  • HATE ATTACK.

Para pemenang dari kompetisi film pendek ini akan mendapatkan total hadiah ratusan juta rupiah. Selain dana pengembangan proyek film bagi pemenang Best of The Best yang dimenangkan oleh film DELETE.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.