Sukses

Nintendo Switch 2 Bakal Dijual Lebih Mahal Ketimbang Versi Pertama

Nintendo disebut akan merilis konsol game Nintendo Switch generasi kedua pada Maret 2025 perangkat ini pun bakal dijual dengan banderol harga lebih mahal.

Liputan6.com, Jakarta - Nintendo telah lama jadi pionir dalam hal gaming. Perusahaan ini terus berupaya meningkatan pengalaman dalam bermain game, termasuk kemungkinan bahwa perusahaan akan meluncurkan generasi baru Nintendo Switch.

Menurut informasi yang beredar, sebagaimana dikutip Gizchina, Rabu (28/2/2024), Switch generasi baru ini akan dirilis paling cepat pada bulan Maret 2025. Perangkat ini pun bakal dijual dengan harga yang lebih mahal.

Berdasarkan laporan dari Nikkei, Nintendo bakal rilis penerus dari konsol Switch ini pada Maret 2025. Jika kabar tersebut benar, ini agak terlambat dari prediksi pasar, pasalnya berarti Nintendo memilih memberi lebih banyak waktu bagi pengembang untuk beradaptasi dengan game-game populer.

Menurut laporan sebelumnya, Nintendo mulanya berencana untuk meluncurkan konsol game yang didukung layar LCD 8 inci tahun ini. Produk ini disebut akan diproduksi hingga 10 juta unit pada tahun pertamanya.

Proyeksi rantai pasokan menyatakan bahwa konsol game Nintendo Switch 2 akan didukung chip Nvidia T239. Perangkat ini juga akan dilengkapi dengan RAM 8GB dan ruang penyimpanan 64GB dengan masa pakai baterai yang lebih panjang.

Dengan peningkatan spesifikasi ini, Switch 2 juga akan mengalami kenaikan signifikan.

Disebutkan pula, dengan peningkatan tersebut, harga Nintendo Switch generasi kedua akan meningkat sebesar USD 100 atau lebih dari Rp 1,5 juta.

Penyebab kenaikan harga antara lain adalah peningkatan biaya manufaktur dan nilai tukar mata uang. Menurut informasi, harga konsol game Nintendo Switch 2 diperkirakan sebesar USD 399 atau setara Rp 6,2 jutaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rilis Maret 2025

Sementara itu, laporan VGC sebelumnya yang menyebut Nintendo telah memberitahu publisher game kalau tanggal rilis Switch generasi berikutnya telah ditunda dari akhir tahun ini ke kuartal pertama tahun depan. 

Disebutkan juga, penundaan ini dilakukan untuk mempersiapkan third-party software yang lebih mumpuni. 

Selain itu, Nintendo disebut juga ingin menghadirkan kemampuan ekosistem yang lebih matang, sehingga bisa meningkatkan pengalaman bermain game bagi para pengguna. 

Kendati demikian, informasi ini tidak dimungkiri masih sebatas prediksi. Karenanya, tidak tertutup kemungkinan ada perubahan yang terjadi di masa mendatang. 

Di sisi lain, rumor seputar kehadiran Nintendo Switch generasi terbaru memang sudah terdengar sejak beberapa waktu lalu. Desas-desus seputar spesifikasi konsol ini pun sempat beredar di internet. 

3 dari 3 halaman

Game Eksklusif Xbox Bakal Rilis di Nintendo Switch

Sementara itu, Microsoft telah mengumumkan akan merilis empat judul game eksklusif Xbox ke platform lain, seperti PS5 dan Nintendo Switch.

Langkah Microsoft ini merupakan strategi jangka panjang di bisnis gaming, dengan tujuan mengembangkan game ke lebih banyak konsol lainnya.

Dilansir The Verge, Rabu (28/2/2024), dua judul game pertama adalah Hi-Fi Rush dan Pentiment, dan lainnya adalah Sea of Thieves dan Grounded.

Spencer mengklaim, belum ada perubahan besar pada perusahaan produksi game eksklusif Xbox.

Akan tetapi, dia berpendapat akan lebih sedikit judul-judul game konsol eksklusif dirilis untuk dekade berikutnya.

Saat menyinggung soal Starfield dan Indiana Jones rilis ke PS5, Phil Spencer menepis kabar tersebut dengan mengatakan keduanya tidak masuk dalam daftar empat game pertama.

Akan tetapi, dia menyatakan tidak menutup kemungkinan judul-judul tersebut akan rilis di PS5.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.