Sukses

Bocoran Fitur iOS 18, AI Generatif hingga Siri Lebih Cerdas

iOS 18 dikabarkan akan hadirkan fitur AI generatif hingga membuat Siri yang lebih cerdas.

Liputan6.com, Jakarta - iOS 18 bakal dirilis sekitar bulan September mendatang. Meski begitu, bocoran tentang sistem operasi terbaru untuk iPhone ini sudah mulai terungkap.

Mulai dari kehadiran fitur AI generatif mirip ChatGPT untuk Siri hingga aplikasi build-in dari Apple.

Update lain yang juga disebut bakal ada di iOS 18 adalah dukungan RCS untuk aplikasi Messages, guna hadirkan pengalaman chat yang lebih baik dengan pengguna Android.

Sekadar informasi, iOS 18 bakal diperkenalkan pada konferensi pengembang tahunan Apple WWDC pada Juni mendatang. Update-nya bakal dirilis ke semua pengguna September mendatang.

Berikut bocoran fitur iOS 18, sebagaimana dikutip MacRumors, Sabtu (17/2/2024).

AI Generatif dan Siri yang Lebih Cerdas

iOS 18 dirumorkan akan didukung fitur AI generatif untuk Siri, Shortcut, Messages, Apple Music, Pages, dan lain-lain.

Pada laporan pendapatan Februari 2024, CEO Apple Tim Cook mengatakan, perusahaan tengah mengembangkan AI generatif dan bakal mengungkapnya pada tahun ini.

Sementara, Mark Gurman dari Bloomberg bilang, AI generatif akan meningkatkan Siri dan Messages dalam menjawab pertanyaan dan melengkapi kalimat.

Lain halnya dengan Wayne Ma dari The Information yang mengatakan Apple mengembangkan model bahasa luas ke Siri yang memungkinkan pengguna mengotomatisasi tugas-tugas kompleks. Fitur ini juga akan melibatkan integrasi yang lebih dalam dengan Shortcuts.

Adapun AI generatif meningkat popularitasnya sejak OpenAI rilis ChatGPT pada 2022. Google hingga Microsoft juga merilis tool serupa.

Fitur AI generatif pada iOS 18 ini mungkin akan jadi fitur eksklusif di iPhone 16, di mana ponsel ini dirumorkan akan hadirkan Neural Engine.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dukungan RCS dalam Aplikasi Messages

 

Pada November lalu, Apple mengumumkan bahwa pihaknya akan mendukung standar RCS untuk perpesanan antar-platform di aplikasi Messages di iPhone mulai 2024. Jadi kemungkinan iOS 18 akan hadirkan fitur tersebut.

Dukungan RCS sendiri dapat menghasilkan peningkatan dalam berkirim pesan antara iPhone dengan perangkat Android:

  • Foto dan video resolusi tinggi
  • Pesan audio
  • Indikator ketikan
  • Tanda terima pembacaan
  • Pengiriman pesan WiFi antara iPhone dan perangkat Android
  • Peningkatan obrolan grup, termasuk kemampuan bagi pengguna iPhone untuk meninggalkan percakapan yang melibatkan pengguna Android
  • Enkripsi yang lebih baik ketimbang SMS

Saat ini, fitur-fitur di atas telah tersedia pada percakapan antara pengguna iPhone dengan apa yang disebut dengan gelembung biru melalui iMessage.

Banyak fitur lainnya dihadirkan oleh aplikasi pesan ketiga seperti WhatsApp dan Telegram. Dukungan RCS di iPhone akan memperluas fitur ke gelembung hijau melalui aplikasi Messages.

3 dari 4 halaman

Update iOS Terbesar Sepanjang Sejarah?

Apple meyakini kalau iOS 18 memiliki potensi sebagai software update paling besar dalam sejarah iPhone. Demikian menurut Mark Gurman dari Bloomberg.

"Saya diberitahu kalau sistem operasi yang baru ini dilihat perusahaan sebagai salah satu update iOS terbesar dalam sejarah perusahaan," katanya.

4 dari 4 halaman

Perubahan Desain yang Terinspirasi oleh VisionOS

 

Kabarnya, iOS 18 dan iPadOS 18 akan dilengkapi elemen desain yang terinspirasi visionOS. Misalnya, menurut laporan The Verifier, klaim bahwa Apple TV pada iPadOS 18 akan dilengkapi navigator bar transparan seperti yang diperkenalkan pada versi TVOS 17.2 pada 2023.

Desain menu tersebut cukup mirip dengan VisionOS, sistem operasi baru yang berjalan pada headset Mixed Reality Apple Vision Pro.

Apple juga disebut berencana mendesain ulang berbagai sistem menu dan aplikasi built-in di iOS 18, termasuk di antaranya Safari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.