Sukses

iPhone SE Terbaru Bakal Pakai Dynamic Island?

Beredar bocoran kalau iPhone SE 4 akan memiliki layar dengan Dynamic Island dan desain mirip iPhone 14.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah bocoran mengenai rumor kehadiran iPhone SE 4 beredar di internet. Salah satunya adalah bocoran tentang desain iPhone SE 4 yang keberadannya belum dipastikan oleh Apple.

Sebelumnya disebutkan kalau iPhone SE generasi keempat akan mengusung desain mirip iPhone 14. Berbeda dengan iPhone 14, iPhone SE 4 dalam bocorannya disebut hanya akan memiliki satu kamera.

Meski begitu, iPhone SE 4 akan mengusung layar Dynamic Island. iPhone SE 4 dikabarkan bakal rilis tahun 2025.

Mengutip Apple Insider, Minggu (11/2/2024), leaker bernama Majin Bu di X alias Twitter mengungkapkan, iPhone SE bisa terlihat sama dengan iPhone 16 namun memiliki dimensi serupa dengan iPhone XR.

Sayangnya, dalam unggahan selanjutnya, Majin Bu mengatakan, infomasi tersebut tak perlu terlalu diseriusi.

Sementara itu, menurut rumor yang beredar, desain iPhone 16 yang bakal rilis tahun ini akan memiliki kemiripan dengan iPhone 15.

iPhone 15 memiliki sedikit lengkungan di bagian dasar bingkai aluminiumnya, namun terlepas dari itu, perangkat ini terlihat seperti iPhone 14.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Desain Mirip iPhone 14

Kata-kata Majin Bu yang menyebut iPhone SE 4 akan memiliki desain yang sangat mirip dengan iPhone 16 saat ini bisa aja merujuk pada iPhone 14, seperti yang disebutkan rumor-rumor sebelumnya.

Adapun penyebutan Majin Bu mengenai iPhone XR cukup mengalihkan perhatian. Apple Insider menilai, kemungkinan Bu merujuk pada iPhone SE 4 yang memiliki ukuran lebih besar ketimbang iPhone SE 3. Namun, iPhone SE 4 kemungkinan akan memakai desain iPhone 14 atau iPhone 16.

Sementara, rumor tentang satu kamera utama dan Dynamic Island sejalan dengan apa yang sebelumnya dibagikan.

 

3 dari 4 halaman

Usung Kamera 48MP

Adapun kamera yang diusung kemungkinan adalah kamera 48MP agar sejajar dengan iPhone 15 dan iPhone 16 yang diduga juga menggunakan kamera 48MP.

Spesifikasi ini mungkin begitu wow untuk model budget Apple, namun di tahun 2025 atau tiga tahun setelah iPhone 14, hal ini akan jadi cukup umum.

Kalau bicara tentang bocoran dari Majin Bu, ia sebenarnya memiliki rekam jejak yang tak melulu benar seputar iPhone.

Pernah sebagian bocorannya begitu terpercaya, namun biasanya bocoran dari Bu justru serupa dengan bocoran dari orang lain.

4 dari 4 halaman

Baterai Besar?

iPhone SE 4 disebut-sebut akan debut di pasaran pada 2024, dan akan hadir dengan desain mirip iPhone 14.

Terkini, iPhone SE 4 bakal hadir dengan baterai yang Apple pakai untuk lini iPhone 14 mereka.

Informasi ini diungkap pertama kali oleh MacRumors, mengklaim prototipe iPhone SE 4 akan dilengkapi dengan baterai Li-Ion.

Mengutip GSM Arena, Senin (11/12/2023), baterai Li-Ion di iPhone SE 4 itu menggunakan kode A2863. Disebutkan, kode ini juga dipaki untuk iPhone 14 dan memiliki kapasitas 3,279 mAh.

Sumber anonim MacRumors mengklaim, dokumentasi desain internal iPhone SE 4 ini juga memperkuat rumor tersebut.

Bila memang benar, maka kapasitas baterai iPhone 4 SE ini lebih besar 1,261 mAh ketimbang daya di iPhone SE 3.

Perlu dicatat, informasi ini masih hanya sebatas unit pra-produksi dan ada kemungkinan Apple akan merubah keputusannya.

Sebelumnya, banyak pihak mengklaim iPhone SE 4 mengusung layar OLED buatan BOE. Ini akan menjadi pertama, karena seri SE sebelumnya hanya pakai panel LCD.

Tak hanya itu, bocoran informasi lain juga menyebutkan HP Apple ini juga akan hadir dengan fitur Action Button dan port USB-C.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.