Sukses

Agate Luncurkan BFF Signal di Platform Zepeto, Hadirkan Latar Bertema Sekolah

Agate meluncurkan BFF Signal dalam fitur World di platform dunia virtual Zepeto milik Naver Z.

Liputan6.com, Jakarta - Game developer Indonesia, Agate, menggandeng Zepeto meluncurkan BFF Signal, yang hadir dalam fitur World di aplikasi pembuatan avatar 3D dan platform dunia virtual itu.

Sebagai informasi, Zepeto merupakan platform dunia virtual dioperasikan oleh perusahaan asal Korea Selatan, Naver Z.

Mengutip siaran pers, Rabu (13/12/2023), hingga saat ini terdapat 200.000 kunjungan dari 87.500 jumlah angka unique dari pemain di seluruh dunia, dalam urang dari empat pekan sejak peluncurannya.

Menurut Agate, kolaborasi ini berupaya menumbuhkan kegembiraan dan membangun ikatan baru di antara para pemain Zepeto.

Tercatat, lima negara teratas dengan pemain yang paling banyak mengunjungi BFF Signal adalah Indonesia, Amerika Serikat, Thailand, Prancis, dan Rusia.

BFF Signal menawarkan latar bertema sekolah, dengan area luar ruangan seperti gedung, halaman depan dan belakang, serta area dalam ruangan termasuk ruang kelas, lorong, perpustakaan, ruang seni, dan lobi.

"Dengan beragamnya latar yang tersedia, BFF Signal memfasilitasi pemain dalam berinteraksi dan memotivasi mereka untuk terhubung serta membina hubungan yang bermakna," tulis perusahaan dalam pengumumannya.

Agate menyebut, BFF Signal berhasil menempati posisi Top 20 Chart dan stabil di posisi Top 12, pada Now Trending World di Zepeto.

Shieny Aprilia, Co-founder dan Chief Executive Officer Agate mengatakan, pihaknya senang dapat berkolaborasi dengan Zepeto, yang dinilai memiliki komunitas global yang luar biasa.

"Melalui kerja sama dengan Zepeto, kami berkomitmen untuk membawa pengalaman yang imersif kepada pemain di seluruh dunia," kata Shieny.

"Kolaborasi ini adalah kesempatan bagi Agate untuk memperluas jangkauan kami, khususnya diantara para pemain global," Shieny menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bisa Sumbangkan Konten dan Konsep Inovatif

Kerja sama ini juga membuat Agate menjadi Global Growth Development Partner di Zepeto.

Dengan ini, Agate dapat memanfaatkan kreativitas dan keahliannya untuk menyumbangkan konten dan konsep-konsep inovatif ke dalam BFF Signal di dalam platform dunia virtual tersebut.

Sehin Son, Developer Relations Manager, Zepeto mengatakan, dengan menjadi Mitra Pengembangan Pertumbuhan Global mereka, Agate dapat mengambil pendekatan kreatif yang sesuai untuk produk perusahaan.

"Kolaborasi perdana dengan Agate ini merupakan batu loncatan menuju kolaborasi potensial kami, yang menawarkan peningkatan interaksi dan penciptaan alam semesta paralel bagi pengguna Zepeto," kata Sehin Son.

Agate juga menyatakan akan terus mengeksplorasi fitur-fitur inventif, memperkuat pengalaman imersif dalam BFF Signals, serta menetapkan tolok ukur baru dalam keterlibatan dunia virtual.

3 dari 4 halaman

Agate Gelar Pelatihan Online Pengembangan Game

Sebelumnya, Agate International menggelar program pelatihan online bertajuk Agate Game Course Batch 5.

Kali ini, Agate menghadirkan course (kursus) terbaru yaitu Artificial Intelligence atau AI Game Programming.

Agate Game Course sendiri merupakan sebuah program pelatihan pengembangan game yang menyeluruh, mulai dari teknis pembuatan game, desain, hingga pengetahuan bisnis dalam game.

Co-Founder dan Chief Executive Officer Agate Shieny Aprilia, melalui siaran persnya, Minggu (19/11/2023), mengatakan, Indonesia punya potensi yang besar di pasar game.

Berdasarkan data Niko Partners, Indonesia merupakan negara yang memiliki 63 persen pemain game, dengan pertumbuhan pendapatan tercepat di pasar game dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya, dengan kenaikan sebesar 9,9 persen (year-on-year).

Menurut Head of Agate Academy Restya Winda Astari, course terbaru mereka, AI Game Programming, bertujuan membekali kemampuan talenta dalam mengintegrasikan kecerdasan buatan ke dalam pengembangan game yang lebih dinamis.

"Adanya course ini, merupakan respons kami terhadap tuntutan dan perkembangan industri yang membutuhkan kemampuan integrasi kecerdasan buatan dalam pengembangan game," ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Tujuh Opsi Course yang Ditawarkan

Agate Game Course Batch 5 akan digelar selama satu bulan, mulai 20 November sampai 15 Desember 2023, dengan pendaftaran sudah dibuka sejak 30 Oktober sampai 17 November 2023.

Tujuh pilihan course yang ditawarkan yaitu: Game Development 101, 2D Physic-Based Game Programming, Low Poly 3D Modelling & Texture, Basic 3D Character Animation, Basic Environment Modeling, 3D Physic-Based Game Programming, Data Driven Game Programming, dan AI Game Programming.

Sejak diluncurkannya pada 2022, Agate Game Course telah diikuti oleh lebih dari 500 peserta dengan beragam latar belakang, mulai dari game developer, mahasiswa dan pelajar, tenaga pengajar, hingga tenaga profesional lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.