Sukses

Ada yang Mirip Dirinya di Trailer GTA 6, Joker dari Florida Minta Bayaran ke Rockstar Games

Florida Joker meminta bayaran usai karakter mirip dirinya muncul di trailer GTA 6 yang baru dirilis Rockstar Games.

Liputan6.com, Jakarta - Rockstar Games baru saja meluncurkan trailer dari Grand Theft Auto atau GTA VI yang viral dan sukses menggaet penonton, meski gimnya baru rilis di 2025.

Salah satu yang cukup menarik perhatian dari trailer GTA 6 adalah kemunculan sosok yang mirip dengan Joker asal Florida di dunia nyata, yang bernama asli Lawrence Sullivan.

Namun baru-baru ini, melalui sebuah video di platform TikTok, Sullivan meminta agar Rockstar membayarnya hingga USD 2 juta (sekitar Rp 31 miliar), karena menggunakan kemiripan atas dirinya.

"GTA, kita harus bicara, kalau tidak, kamu harus bayar saya satu atau dua juta," kata Sullivan di video itu.

Di video itu, dia juga memperlihatkan kemiripan antara dirinya dengan tokoh di trailer game tersebut lewat sebuah layar.

"Itu saya, itu orang yang mereka dapat inspirasinya dari saya," kata Sullivan.

"Florida Joker tidak punya itu. Kalian mengambil semua kemiripan saya. Kalian mengambil semua hidup saya," tuturnya.

Dikutip dari The Guardian, Kamis (14/12/2023), Sullivan terkenal di internet pada 2017, saat kepolisian Miami menangkapnya karena dia diduga menodongkan pistol ke mobil yang lewat.

Saat itu, wajahnya yang dipenuhi tato dan rambutnya yang berwarna hijau, membuatnya dijuluki "Florida Joker."

Dalam sebuah wawancara dengan WFLA di 2018, Sullivan mengatakan berbagai tragedi dalam kehidupannya membuatnya serasa punya keterkaitan dengan tokoh musuh Batman, Joker, khususnya yang diperankan Heath Ledger di film the Dark Knight.

Sullivan mengisahkan bahwa temannya dibunuh pada tahun 2014, dan ia juga mengaku mengalami kegagalan dalam hubungan serta secara finansial.

Ini bukan pertama kalinya Rockstar Games mendapatkan masalah serupa. Di 2014 aktris Lindsay Lohan bahkan menggugat perusahaan, dengan klaim bahwa karakter di GTA V mirip dengan dirinya.

Namun, mahkamah agung negara bagian New York menolak gugatan itu pada 2016, dan mengatakan Rockstar Games tidak pernah menyebutkan namanya, memakai fotonya, atau menampilkan aktingnya.

Pengadilan menambahkan bahwa Lohan masih belum bisa mendapat kompensasi meskipun ditemukan kemiripannya telah digunakan, dengan alasan bahwa undang-undang periklanan tidak berlaku untuk karya fiksi dengan cara yang sama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Trailer Pertama GTA 6 Cetak Rekor Dunia

Trailer GTA VI dirilis Rockstar Games pada 5 Desember kemarin dan resmi mencetak rekor dunia dan sudah diakui oleh pihak Guinness World Records.

Menurut Guinness World Records, trailer pertama GTA 6 diberi gelar "most viewed videogame reveal" alias pengungkapan video game yang paling banyak dilihat di YouTube dalam 24 jam dengan 90.421.491 views.

Mengutip situs resmi Guinness World Records, Jumat (8/12/2023), trailer ini juga menjadi cuplikan video game yang paling disukai di YouTube, dengan 8,9 juta likes dalam 24 jam pertamanya rilis.

Di luar kategori game, dicatat oleh Guinness World Records, video GTA 6 ini juga jadi video YouTube dengan penayangan terbanyak dalam 24 jam untuk non-musik, melewati video milik MrBeast.

Video MrBeast yang dimaksud berjudul Every Country On Earth Fights For $250,000, yang diunggah pada Agustus 2023 dan mencapai 59,4 juta penayangan dalam 24 jam.

"Grand Theft Auto VI melanjutkan upaya kami untuk mendorong batas dari apa yang mungkin terjadi dalam pengalaman dunia terbuka yang sangat imersif dan berbasis cerita,” kata Sam Houser, Pendiri Rockstar Games.

"Kami sangat senang bisa berbagi visi baru ini dengan para pemain di mana pun," imbuhnya.

 

 

3 dari 4 halaman

Hadirkan Lagi Vice City

Trailer GTA VI sendiri awalnya mau dirilis Rockstar Games pada Selasa pagi atau Selasa malam WIB. Namun, videonya keburu bocor di X alias Twitter duluan.

"Trailer kami sudah bocor jadi mohon untuk menonton yang asli di YouTube," tulis Rockstar Games lewat akun resminya di X.

Dalam trailer pertamanya, Rockstar banyak menampilkan mengenai latar dan tokoh protagonis yang akan hadir di GTA VI. Dalam video berdurasi 1 menit 30 detik itu, gamer untuk pertama kalinya di seri GTA akan memainkan protagonis wanita bernama Lucia.

Berdasarkan trailer tersebut, pemain juga akan kembali ke salah satu kota paling terkenal di dalam seri Grand Theft Auto ini, yaitu Vice City.

Vice City pertama kali diperkenalkan lewat game Grand Theft Auto: Vice City yang dirilis Rockstar Games pada 29 Oktober 2002, dengan karakter utama bernama Tommy Vercetti.

Meski begitu, tampaknya GTA VI akan punya map yang lebih besar, dengan kehadiran kota bernama Leonida, di mana Vice City akan jadi bagian di dalamnya.

Selain berbagai aksi di yang terjadi, GTA VI tampaknya juga akan mengangkat kondisi nyata terjadi di dunia saat ini. Salah satunya adalah dengan semakin populernya platform media sosial seperti Instagram, TikTok dkk, akan menjadi peranan penting di dalam game ini.

 

4 dari 4 halaman

Tampilan Protagonis Bernama Lucia

Rockstar Games menutup trailer ini dengan menunjukkan karakter laki-laki yang menurut bocoran bernama Jason, bersama dengan Lucia, yang kemungkinan adalah kekasih sekaligus rekan kriminalnya.

Lucia sendiri akan menjadi karakter utama wanita pertama di sejak game GTA ini dirilis pada tahun 1997. Selama ini, Rockstar Games selalu menampilkan protagonis pria sebagai karakter utama.

Biasanya, karakter utama di seri GTA buatan Rockstar Games ini memiliki latar belakang kriminal atau mantan kriminal terlibat dalam berbagai konflik dengan geng, polisi, atau organisasi lain.

Trailer GTA 6 dibuka dengan adegan Lucia bertemu dengan petugas pembebasan bersyarat, menandakan dirinya pernah menjalani hukuman di penjara.

Saat ditanya kenapa dia di penjara, Lucia menjawab singkat dengan mengatakan, "nasib buruk." Ucapan ini mengindikasikan dia belum sadar akan tindakannya, dan akan kembali berbuat kriminal di dalam game.

GTA 6 masih belum memiliki tanggal rilis resmi, tetapi dari trailer perdana tersebut dipastikan game ini akan meluncur pada 2025.

Rencananya, GTA 6 hanya akan meluncur di konsol game saat ini seperti PlayStation 5 dan Xbox Series X/S. Belum diketahui kapan pengembang merilis versi PC Windows-nya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.