Sukses

Apple Akan Tinggalkan Fitur Touch ID, iPhone SE 4 dan iPhone 16 Series Pakai Face ID

Apple dikabarkan akan meninggalkan fitur Touch ID di iPhone SE 4 dan iPhone 16 Series. Apa alasan di balik keputusan ini? Simak ulasan lengkap tentang rumor, desain, dan spesifikasi iPhone terbaru di artikel ini.

Liputan6.com, Jakarta - Rumor tentang Apple berencana untuk kembali menggunakan fitur Touch ID di sejumlah seri iPhone barunya memang sudah lama beredar di internet.

Terkini, sebuah laporan baru tentang iPhone 16 series atau iPhone SE generasi baru mendatang ramai menjadi perbincangan.

Laporan ini muncul di platform media sosial China, yaitu Weibo. Dilansir MacRumors, Jumat (24/11/2023), hardware Touch ID yang tersedia di pabrik hanya untuk iPhone SE (2022).

Disebutkan, Apple memilih untuk mengadopsi desain full-screen untuk generasi ke-4 iPhone SE atau iPhone SE 4 dengan Face ID, ketimbang menggunakan sensor Touch ID di bawah layar--seperti produsen Android sekarang.

Adapun sumber anonim tersebut memiliki rekam jejak bagus, terkait rumor tentang sejumlah berita hardware milik Apple sebelumnya.

Bila Apple memang berencana untuk "menghidupkan kembali" Touch ID, maka dapat dipastikan tidak dalam waktu dekat ini atau setidaknya terpasang di iPhone 16 series.

Terlepas dari hal tersebut, banyak pengguna masih mendambakan pakai Touch ID dibandingkan Face ID dengan alasan dapat membuka iPhone tanpa harus lihat layar.

Sementara untuk iPhone SE 4, iPhone murah ini disebut-sebut akan tampil dengan desain dan sasis serupa dengan iPhone 14.

HP Apple ini juga akan menggunakan notch sama untuk tempat kamera selfie dan Face ID, alih-alih pakai Dynamic Island seperti iPhone 15.

Disebutkan, iPhone SE generasi keempat ini dijadwalkan akan diumumkan Apple pada 2025.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max Akan Punya Layar Lebih Besar

Informasi mengenai iPhone 16 yang seharusnya rilis tahun depan sudah mulai beredar.

Di sisi lain, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max bakal memiliki layar lebih besar--6.27 inci dan 6.86 inci, dan menggunakan panel LTPO 120Hz.

Lalu bagaimana dengan varian iPhone 16 dan iPhone 16 Plus? Mengutip GSM Arena, Rabu (22/11/2023), kedua ponsel ini masing-masing menggunakan layar berukuran 6.12 inci dan 6.69 inci.

Kedua layar seri iPhone 16 ini sudah mendukung refresh rate 60Hz. Rumor ini diperkuat oleh cuitan leaker, Ross Young.

Bila kabar ini memang benar, maka model iPhone 16 dan 16 Plus akan masih menggunakan layar dengan kemampuan refresh rate 60Hz sama seperti iPhone 15 dan iPhone 15 Plus.

Dia mengatakan, Apple hanya akan menyematkan Pro Motion di model standar pada 2025. 

Kembali pada bocoran iPhone 16 series yang dijadwal meluncur tahun depan, Apple fanboy dapat berharap seluruh model iPhone baru itu hadir dengan Dynamic Island.

Sebelumnya, beredar rumor tentang  HP iPhone 16 bakal dilengkapi dengan tombol tambahan, selain volume, power, dan silent.

Kabar ini diungkap oleh leaker terpercaya dengan akun Weibo, yakni Instant Digital. Dia menyebutkan, ponsel penerus iPhone 15 series ini akan hadir dengan tombol tambahan.

Tidak hanya tombol, perusahaan berbasis di Cupertino itu juga akan mengubah letak antena mmWave ke sisi kiri ponsel iPhone 15 series--sebelumnya ada di kanan bodi.

3 dari 4 halaman

Fungsi Pro Action Button di iPhone 16

<p>Apple bakal melengkapi iPhone 16 dengan tombol tambahan, fungsinya? (Doc: MacRumors)</p>

Disebutkan, tombol bernama Pro Action di iPhone ini akan menyatu dengan bodi ponsel, dan diyakini menjadi cara Apple beralih ke teknologi tombol solid-state.

Rumor dari Instant Digital ini mengonfirmasi kabar dari MacRumors, pada September 2023. Lalu apa fungsinya?

Apple menyebut tombol ini secara internal bernama "Capture Button", dan terletak di bawah tombol power di sisi kanan HP iPhone ini.

Banyak meyakini, "Capture Button" ini akan berfungsi sebagai shortcut untuk meluncurkan aplikasi foto--seperti di HP Android Sony Xperia.

Menurut analis, Jeff Pu, keempat model iPhone 16 akan ditenagai oleh chipset A18, dikutip dari GSMArena, Sabtu (21/10/2023).

Jauh berbeda dengan jajaran tahun ini, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus mendapatkan A16 Bionic. Sedangkan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max ditenagai chip A17 Pro.

4 dari 4 halaman

iPhone 16 Pakai Chipset A18

iPhone lock screen with software iOS 16 (unsplash/Sarah B)

Meski keempat model akan menggunakan chip A18 pada tahun 2024, tetapi diperkirakan tidak akan sama. Ini karena iPhone 16 dan iPhone 16 Plus dikatakan hadir dengan chip A18, sedangkan iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan memiliki chip A18 Pro. 

Jadi pada akhirnya, Apple bisa saja melakukan rebranding pada chipset-nya. Dengan begitu, iPhone 'vanilla' tidak akan berbeda jauh spesifikasi perangkat kerasnya dengan iPhone Pro. 

Tidak jelas apa perbedaan A18 dengan A17 Pro digunakan di iPhone 15 dan iPhone 15 Pro. Bagaimanapun, A18 dan A18 Pro akan diproduksi oleh TSMC pada proses 3nm generasi kedua “N3E”.

Di mana ini akan lebih murah dan menghasilkan hasil lebih baik daripada “N3B” yang digunakan untuk A17 Pro, menurut TSMC. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini