Sukses

Tips Abadikan Keindahan Arsitektur Bangunan saat Traveling dengan Samsung Galaxy S23 Ultra

Fotografer Muhammad Fenno berbagi tips mengabadikan momen traveling dengan HP Samsung Galaxy S23 Ultra untuk memotret bangunan dan pemandangan arsitektur. Simak tipsnya di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Memperkaya pengalaman traveling dengan mengabadikan keindahan arsitektur bangunan dapat menjadi langkah tepat, terutama di negeri dengan banyak bangunan indah seperti negara-negara Eropa.

Fotografer Muhammad Fenno berbagi tips untuk membuat foto arsitektur saat berlibur menjadi lebih epik. 

Salah satu triknya adalah memanfaatkan kecanggihan kamera smartphone Galaxy S23 Ultra untuk mendapatkan hasil sekelas kamera profesional.

Dengan kepraktisan kamera kelas profesional yang terbalut di HP Samsung Galaxy S23 Ultra, kamu tak perlu membawa berbagai peralatan fotografi, sehingga lebih simpel dan membuat perjalanan liburanmu jadi lebih nyaman.

Fenno menuturkan, memotret objek arsitektur merupakan salah satu cara menarik untuk mengabadikan momen memorable saat traveling, sehingga arsitektur bangunan jadi salah satu objek yang paling seru untuk di-explore

“Keseruan saat explore foto arsitektur pun semakin bertambah ketika aku coba pakai Galaxy S23 Ultra,” ujarnya menambahkan. 

Dengan pilihan lensa dan resolusi yang bervariasi seperti mode 200MP, kemampuan zoom sampai 100x, hingga fitur Expert RAW dan Pro Mode, pengguna bisa mendapatkan pengaturan terbaik di segala kondisi dengan hasil layaknya pakai kamera profesional. 

“Jadi, saya bisa menikmati momen traveling dengan maksimal tanpa repot bawa banyak perlengkapan, karena Galaxy S23 Ultra sudah menjawab semua kebutuhan,” ujar Fenno.

Jadi, buat kamu yang ingin berlibur, mari simak tips fotografi arsitektur dari Fenno di bawah ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Biarkan Objek Foto yang Bercerita

Fotografi arsitektur memiliki daya tarik di desain yang unik dan autentik, menciptakan potret visual yang merefleksikan keindahan dan sejarah sebuah bangunan. 

Detail seperti ukiran bisa menjadi jendela ke masa lalu, menggambarkan cerita dan momen bersejarah kota tertentu. Dengan fokus pada keunikan setiap detail, kita dapat menciptakan foto yang menceritakan lebih dari sekadar gambar.

Penting untuk melakukan riset dan menggali informasi tentang bangunan yang akan difoto. Dengan mengetahui sejarah dan keunikan detailnya, setiap gambar yang diambil akan memiliki makna yang lebih dalam. 

Galaxy S23 Ultra, dengan kemampuan zoom hingga 100x, memberikan keleluasaan untuk menangkap detail bangunan dari jarak yang jauh, menambah dimensi kreatif pada hasil foto.

Muhammad Fenno menyarankan untuk menggunakan fitur zoom dengan bijak, terutama dalam pengaturan manual menggunakan Expert RAW atau Pro Mode. 

Salah satu aturan penting yang disampaikan Fenno adalah memperhatikan exposure, tergantung pada kondisi pencahayaan. 

Pada siang hari, disarankan untuk menyesuaikan shutter speed di atas 1/250 dengan ISO kecil, seperti 50. Sementara di malam hari, penggunaan ISO yang lebih besar dan shutter speed sekitar 1/60 dapat menghasilkan gambar yang optimal.

3 dari 4 halaman

Manfaatkan Fitur HDR

Tambahkan sentuhan artistik pada fotografi arsitektur dengan memanfaatkan fitur Super HDR. Untuk diketahui, HDR membantu menciptakan gambar yang epik dalam situasi kontras tinggi, membuat warna terlihat lebih nyata. 

Dengan penggunaan yang tepat, HDR bisa memberikan sentuhan artistik yang ideal untuk menghidupkan detail-detail arsitektur bangunan.

Fenno menyoroti manfaat besar fitur HDR, terutama dalam menghadapi tantangan pencahayaan saat memotret arsitektur. Galaxy S23 Ultra Sendiri telah dilengkapi dengan Super HDR, memastikan hasil foto tetap vivid dan nyata meskipun dalam kondisi pencahayaan yang kurang optimal.

Fenno membagikan tips untuk pengguna Galaxy S23 Ultra, yakni aktifkan fungsi auto HDR melalui aplikasi Camera Assistant untuk mendapatkan foto HDR yang jernih tanpa repot mengatur pengaturan. 

Tips lainnya, saat menjelajahi bangunan-bangunan menarik di malam hari, manfaatkan Night Mode untuk pengambilan gambar yang lebih praktis dan artistik.

Gunakan Resolusi 200MP

<p>Gunakan resolusi 200MP Samsung Galaxy S23 Ultra untuk menangkap detail terbaik pemandangan liburanmu. (Dok: Samsung)</p>

Selanjutnya, untuk memperkaya hasil fotografi arsitektur, jangan hanya fokus pada detail dan desain bangunan. Pengguna bisa eksplorasi pemandangan di sekitar bangunan untuk menangkap kemegahan dari berbagai sudut. 

Galaxy S23 Ultra dengan resolusi kamera 200MP memungkinkan pemotretan lanskap dengan detail maksimal. Fenno merekomendasikan penggunaan Expert RAW dengan resolusi 50 MP untuk hasil gambar yang lebih detail, memberikan kemudahan dalam mendapatkan komposisi gambar sesuai keinginan.

4 dari 4 halaman

Harga Samsung Galaxy S23 Ultra

Tak hanya fitur fotografi menarik yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S23 Ultra, pengguna juga akan dibekali berbagai fitur pendukung fotografi arsitektur selama traveling.

“Galaxy S23 Ultra telah dilengkapi pilihan memori internal hingga 1TB, jadi kamu bisa simpan berbagai foto tanpa khawatir memori akan cepat habis. Selain itu, Galaxy S23 Ultra juga punya baterai besar 5.000mAh yang tahan seharian untuk menemani kamu hunting foto sepuasnya saat traveling,” ujar Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience Samsung Electronics Indonesia Verry Octavianus melalui keterangan resminya.

Bagi pengguna yang tertarik untuk memboyong HP kelas flagship Samsung Galaxy S23 Ultra, kamu bisa membawanya pulang setelah merogoh kocek seharga Rp 19.999.000 untuk varian RAM 12GB/256GB. 

Sementara untuk versi memori yang lebih besar, kamu dapat membeli HP ini di gerai retail maupun online dengan mengeluarkan uang Rp 21.999.000 untuk varian RAM 12GB/512GB, dan Rp 25.999.000 untuk varian RAM dan memori tertinggi 12GB/1TB.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.