Sukses

Indosat Targetkan Bantu 1 Juta UMKM Terhubung Solusi IDE hingga 2024

Indosat Ooredoo Hutchison berupaya mendukung UMKM untuk tumbuh dan bertransformasi digital menggunakan solusi Indosat Digital Ecosystem by Indosat Business. Solusi ini kini diklaim telah dipakai oleh 30 ribu UMKM.

Liputan6.com, Jakarta - Setahun lalu, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) meluncurkan sebuah platform solusi Indosat Digital Ecosystem (IDE). Platform ini hadir untuk membantu pebisnis skala kecil dan menengah atau UMKM untuk meningkatkan skala bisnisnya.

IDE memberikan solusi enterprise untuk mendukung transformasi digital UMKM di Indonesia. Pasalnya menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, terdapat lebih dari 60 juta UMKM di Indonesia.

UMKM pun disebut turut menyumbang 60 persen terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) Indonesia tiap tahunnya.

Director & Business Officer IOH Muhammad Buldansyah mengatakan, seiring dengan visi Indosat untuk memberdayakan masyarakat, termasuk UMKM, Indosat mengajak UMKM jadi lebih besar dengan fitur-fitur di platform digital IDE.

"Lewat IDE by Indosat Business, kami memberikan dukungan layanan edukasi dan data insight dalam satu ekosistem solusi digital. Kami juga membuka berbagai peluang kerja sama dan kolaborasi dengan berbagai pihak yang memiliki kesamaan visi untuk mendukung perkembangan UMKM di Tanah Air," kata Buldansyah, dalam media update Rabu (8/11/2023).

Setahun sejak platform IDE dirilis, Indosat mengklaim sudah memiliki 30 ribu UMKM yang bergabung di platform ini. Angka ini naik 23 kali dibandingkan periode yang sama akhir tahun lalu.

Sementara, jumlah akses dari website Indosat Digital Ecosystem ini sebesar 1,3 juta kali akses atau naik 3 kali lipat dari platform dirilis tahun 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur-Fitur di IDE

Melihat perkembangan tersebut dan masih banyaknya peluang UMKM yang bisa ditarget, Indosat bahkan menargetkan satu juta UMKM bisa bergabung dengan platform digital Indosat IDE hingga akhir 2024.

"Kami targetkan setidaknya 1 juta UMKM bergabung dengan platform IDE hingga 2024. Kalau sudah mengembangkan solusi lebih lengkap, kami harap bisa menjangkau lebih banyak pengguna," kata Buldansyah.

Sekadar informasi, IDE sebagai ekosistem digital menghadirkan solusi berupa IDE Academy, yang memberikan wadah dan solusi untuk mendapatkan edukasi ekslusif dari para ahli.

Edukasi yang diberikan, misalnya seputar marketing atau pemasaran. Indosat mengakui, marketing jadi hal yang banyak dibutuhkan oleh pelaku UMKM untuk meningkatkan jangkauannya.

3 dari 4 halaman

Berbagai Fitur di Indosat IDE

Ada pula fitur Wawasan IDE menjadi kanal untuk mendapatkan wawasan atau insight berbasis data sesuai kebutuhan bisnis tiap pelaku. Lalu ada pula Toko IDE yang menyediakan berbagai solusi bisnis yang dibutuhkan pelaku UMKM.

Ke depannya, fitur-fitur yang ada di IDE ini akan dikembangkan sesuai kebutuhan UMKM. Misalnya, salah satu hambatan UMKM untuk go digital adalah kesulitan dalam mengakses teknologi, Indosat bakal menghadirkan layanan edukasi yang bersifat dua arah untuk memandu UMKM lebih memahami materi.

4 dari 4 halaman

Indosat Business Jadi Growth Engine IOH

Buldansyah mengatakan, fokus Indosat ke konsumen B2B melalui Indosat Business ini seiring dengan tren operator telekomunikasi di dunia. Hal ini mengingat bisnis retail (seluler) relatif sudah stagnan.

"Bisnis retail masih tumbuh tetapi dari segi digital, orang saat ini sudah menggunakan layanan fintech, kesehatan secara online, game online, itu sangat tinggi termasuk juga UMKM. Sehingga, Indosat Business menjadi growth engine bagi perusahaan," kata Buldansyah menambahkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.