Sukses

HP Xiaomi yang Kebagian HyperOS Versi Global Terungkap, Cek Daftar dan Jadwalnya

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui daftar HP Xiaomi untuk pasar global yang mendapatkan uji coba HyperOS pengganti MIUI.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi telah memperkenalkan sistem operasi terbaru besutan mereka yakni HyperOS. Sistem operasi ini merupakan penerus MIUI yang sudah lama dikenal pengguna perangkat Xiaomi hingga sekarang.

HyperOS menjalani debut di Xiaomi 14 yang diperkenalkan bulan lalu. Saat diperkenalkan, Xiaomi memang memperkenalkan HyperOS di pasar Tiongkok, tapi bocoran soal kehadirannya di pasar global mulai terungkap.

Mengutip informasi dari Gizchina berdasarkan laporan Gsmchina, Selasa (7/11/2023), ada sembilan model HP Xiaomi untuk pasar global yang disebut akan mendapatkan HyperOS. Kendati untuk sekarang masih dalam tahap uji coba.

Lantas, apa saja daftar HP Xiaomi yang dilaporkan tengah menjalani uji coba HyperOS dan kemungkinan akan menjadi pertama mendapatkannya? Berikut ini daftar lengkapnya.

  • Xiaomi 13
  • Xiaomi 13 Pro
  • Xiaomi 13 Ultra
  • Xiaomi 13T
  • Xiaomi 13T Pro
  • Xiaomi 12T Pro
  • Xiaomi 12T
  • Xiaomi 11T
  • Xiaomi Pad 6

Berdasarkan bocoran informasi tersebut, tidak ada seri Redmi dan Poco. Namun tidak tertutup kemungkinan, pembaruan ini juga akan hadir di kedua seri tersebut, karena keduanya masih bagian dari Xiaomi.

Sementara terkait jadwal kehadirannya, bocoran menyebut HyperOS dilaporkan akan mulai digulirkan pada Q1 2024. Dijelaskan pula, kalau sistem operasi ini pada dasarnya masih berbasis Android 14.

Tak lama usai diperkenalkan, Alvin Tse, VP Xiaomi Global sebelumnya juga mengungkapkan ke depannya, HyperOS secara bertahap bakal jadi pengganti MIUI.

"Ini akan diinstal sebelumnya dengan seri andalan Xiaomi 14 terbaru & secara bertahap akan menggantikan MIUI," ujar mantan Country Director Xiaomi Indonesia itu di akun X-nya @atytse.

"Tidak sabar menunggu era baru Hyper Performance, fluiditas, dan konektivitas di seluruh Smartphone x AIoT!" tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Xiaomi Perkenalkan HyperOS ke Publik

Sebelumnya, dikutip dari GSM Arena, HyperOS masih merupakan Android Open Source Project, tapi akan digabungkan dengan Vela, platform Xiaomi untuk IoT.

Lewat unggahan lain di Weibo, Lei Jun mengatakan bahwa OS baru pengganti MIUI ini akan menempatkan "manusia di pusat ekosistem", di mana mereka akan bisa terhubung dengan orang lain, mobil, dan rumah.

MIUI pertama kali dirilis pada 16 Agustus 2010, dengan basis pengguna tumbuh menjadi lebih dari satu miliar.

User interface yang menurut Xiaomi dulu rilis hanya punya empat fungsi umum, sekarang sudah menjadi layanan lintas perangkat untuk telepon dan peralatan rumah tangga.

Persiapan Xiaomi HyperOS dimulai pada tahun 2014 ketika tren IoT mulai bermunculan.

Perusahaan menetapkan langkah pertamanya pada tahun 2017 dan kemudian mulai mengembangkan ekosistem baru untuk perangkat dan aplikasi. Tujuannya adalah untuk menghubungkan "puluhan miliar perangkat" di masa depan, dan langkah pertamanya adalah seri Xiaomi 14.

3 dari 5 halaman

Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Pro Resmi Diumumkan, Usung HyperOS hingga Sensor Kamera Leica Baru

Untuk diketahui, Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Pro akhirnya diumumkan. Sesuai janji, Xiaomi memperkenalkan HP Android miilik mereka dengan berbagai peningkatan.

Sesuai rumor, Xiaomi 14 series hadir dengan chipset Snapdragon 8 Gen 3, peningkatan di kamera utama Leica, dan tentunya pakai sistem operasi baru, yakni HyperOS.

Penasaran seperti apa spesifikasi, penampilan, dan harga Xiaomi 14 dan 14 Pro ini? Simak artikel berikut ini, sebagaimana dikutip dari GSM Arena, Jumat (27/10/2023).

Xiaomi 14

Tampil sebagai varian vanilla atau standar,  HP Xiaomi 14 hadir dalam dua varian material bodi. Satu bodi belakang berlapis kaca, dan lainnya menggunakan material nano-leather.

HP Android milik Xiaomi ini tampil dengan layar berukuran 6,36 inci, panel LTPO OLED, resolusi 1200x2670 piksel, dan mendukung refresh rate hingga 120Hz.

Di sektor kamera, pecinta fotografi dapat puas memotret dan merekam berbagai objek menggunakan lensa utama HP Android berkemampuan 50MP, 50MP (telefoto), 50MP (ultrawide).

Sementara itu untuk urusan selfie, Xiaomi sudah memasang kamera 32MP mampu merekam video 4K hingga 30/60fps.

Dalam hal performa, perusahaan asal China itu sudah menanamkan prosesor Snapdragon 8 Gen 3, RAM 8GB/12GB/16GB, dan memori 256GB/512GB/1TB.

Tak hanya itu, Xiaomi juga sudah melengkapi HP Xiaomi terbaru ini dengan baterai berkapasitas 4,610mAh dengan kemampuan pengisian daya 90W dengan kabel, dan 50W nirkabel. 

4 dari 5 halaman

Xiaomi 14 Pro

Xiaomi 14 Pro meninggalkan desain lengkung di seri-seri sebelumnya, dan mengadopsi desain datar dengan aksen metal di bagian sisinya.

Berbeda dari varian standarnya, Xiaomi 14 Pro memiliki bentang layar lebih luas berukuran 6,73 inci. Tetapi, keduanya sama-sama pakai panel LTPO OLED dan mendukung refresh rate 120Hz.

Model ini hadir dalam empat varian warna, yakni black, white, rock green, dan edisi khusus titanum.

Dijelaskan, Xiaomi kini tidak lagi menggunakan sensor 1 inci i model 14 Pro ini dan lebih memilih memakai sensor baru bernama "Light Hunter 900" denganlensa khusus Leica Summilux.

Xiaomi 14 Pro tampil dengan tiga kamera di mana masing-masing lensa berkemampuan 50MP, 50MP (telefoto), dan 50MP (ultrawide). Kamera selfie-nya juga sudah 32MP.

Ponsel ini juga sudah menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 3, dilengkapi dengan RAM 12GB atau 16GB LPDDR5X, dan memori 256GB/512GB/1TB.

Baterai ponsel memiliki kapasitas 4,880mAh, dan mendukung pengisian baterai 120W menggunakan kabel dan 50W bila nirkabel.

(Dam)

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini