Sukses

OpenSignal: 5G Telkomsel Masuk Daftar Teratas Pengalaman Game Terbaik di Dunia

Survei OpenSignal menyebutkan, Telkomsel masuk dalam daftar teratas layanan yang memberikan pengalaman game berbasis internet 5G terbaik di dunia. Meski tak masuk daftar tertinggi, XL juga disebut-sebut karena layanan 5G-nya beri pengalaman yang cukup baik untuk game.

Liputan6.com, Jakarta - OpenSignal merilis analisis sekaligus penghargaan mengenai pengalaman jaringan 5G di seluruh dunia. Hasilnya, Telkomsel masuk jadi salah satu operator 5G yang masuk daftar operator dengan pengalaman game terbaik di dunia.

Telkomsel sekaligus jadi satu-satunya operator 5G di Indonesia yang masuk dalam daftar operator dengan pengalaman game terbaik.

Untuk mendapatkan hasil di atas, OpenSignal menyoroti perbedaan pengalaman 5G yang dirasakan pengguna berbagai operator di seluruh dunia.

Tahun ini, OpenSignal membagi operator dalam dua kelompok, mencerminkan kendala penerapan 5G di negara dengan wilayah lebih luas dan negara yang lebih kecil.

Dalam hal ini, tiga operator Indonesia yang dianalisa (Telkomsel, XL, dan Indosat) masuk dalam Grup 1. Grup 1 merupakan kumpulan operator dengan pasar di lebih dari 200.000 Km persegi.

OpenSignal menganalisis perbedaan antara paruh pertama 2022 dan 2023, serta mengidentifikasi 15 operator 5G di tiap kelompok dengan persentase peningkatan tertinggi dalam pengalaman pengguna di tiga kategori.

Ketiga kategori mulai dari ketersediaan 5G, kecepatan 5G dan pengalaman game 5G. Hasilnya, operator pelat merah Telkomsel jadi satu-satunya operator seluler di Indonesia yang masuk daftar teratas untuk pengalaman game 5G.

"Telkomsel adalah pemimpin global 5G untuk pengalaman game di grup 1," kata OpenSignal dalam keterangan yang Tekno Liputan6.com kutip Kamis (2/11/2023).

Lebih lanjut dijabarkan, Telkomsel ada di peringkat keempat bersama U Mobile dari Malaysia dengan skor 87,6-88,3 poin pada skala 100 poin.

XL Juga Raih Peringkat Tinggi

XL juga turut menempati peringkat tinggi meski bukan dalam lima besar, dalam hasil survei mengenai pengalaman game di jaringan 5G.

Menurut OpenSignal, "Meski XL tidak mendapatkan penghargaan pemimpin global 5G dalam kategori pengalaman game, XL masih menempati peringkat tinggi."

Adapun XL dari XL Axiata berbagi posisi keenam dengan empat operator lainnya di dunia, dalam hal pengalaman game.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Operator Jagoan dalam Ketersediaan 5G di Dunia

Di sisi lain, kalau bicara tentang ketersediaan 5G di sebuah negara, T-Mobile yang punya layanan di Amerika Serikat dan Puerto Rico jadi juaranya.

Pasalnya, pengguna 5G T-Mobile AS dan Puerto Rico menikmati proporsi waktu terbesar dengan koneksi 5G aktif baik di Grup 1 maupun 2 dengan skor 56,1 persen dan 65,3 persen.

Kedua operator ini mengalahkan Jio India dan KT Korea Selatan dalam hal ketersediaan 5G, dengan skor 41,6 persen dan 49 persen.

3 dari 5 halaman

5G Milik Operator Mana yang Paling Cepat di Dunia?

5G adalah tentang kecepatan dan latensi. Dalam survei ini, operator Telenor di Swedia, Unifi di Malaysia, serta SK Telecom di Korea Selatan jadi operator dengan 5G terngebut.

Kecepatan dari jaringan 5G milik Telenor dan Unifi, dirasakan pengguna memiliki kecepatan unduh 407,4-421,7 Mbps di grup 1.

Pemenang lainnya yang juga memiliki jaringan 5G tercepat adalah Vivo di Brasil, operator Digi di Malaysia, dan TIM di Brasil.

Sementara di grup 2 (operator dengan cakupan wilayah pasar lebih kecil) SK Telecom cukup cepat dengan skor 458,5 Mbps.

Dua operator Korsel lainnya, KT dan LG U+ bersama M1 Singapura dan A1 Bulgaria juga mampu bertengger sebagai operator dengan kecepatan 5G terkencang di dunia.

4 dari 5 halaman

5G di Swedia Paling Enak Buat Putar Video

Kalau menyoal pengalaman video di jaringan 5G, Telenor dan Tele2 Swedia memiliki pengalaman terbaik dalam hal video dengan skor 78-78,6 poin di grup 1.

Adapun satu-satunya pemimpin global 5G yang bukan dari Eropa adalah operator Jepang Softbank dengan skor 77,8 poin.

Kalau untuk grup 2, operator dengan pengalaman video 5G terbaik dicapai oleh operator Telemach, Telekom Slovenije, A1 dari Slovenia, StarHub dan SingTel Singapura, Magenta dan A1 dari Austria, Swisscom di Swiss, dan O2 di Slovakia.

5 dari 5 halaman

Internet 5G di Brasil Paling Cepat Buat Download

Kecepatan unduh pakai jaringan 5G di Brasil meningkat tajam dengan tiga operator telko di sana, yakni Vivo (meningkat 829 persen), TIM (naik 546,7 persen), dan Claro dengan 469,7 persen.

Peningkatan ini didorong dengan peluncuran 5G di frekuensi 3,5 GHz yang dimulai di kota Brasilia pada pertengahan 2022.

Kalau di Grup 2, kenaikan kecepatan unduh 5G terjadi lebih perlahan dengan StarHub Singapura menduduki posisi teratas dengan persentase kenaikan 114 persen. Lalu ada M1 dengan kenaikan 103,8 persen.

Berkaca dari kecepatan unduh dengan jaringan 5G di Brasil, kira-kira kalau Indonesia sudah lakukan lelang frekuensi baru untuk 5G, apa kecepatan internetnya bisa bertambah?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.