Sukses

Review Oppo Find N3 Flip: Lipatan Layar Nyaris Tak Terlihat dan Punya Kamera Gahar

Simak ulasan Tekno Liputan6.com mengenai HP layar lipat baru Oppo Find N3 Flip yang hadir dengan tiga kamera belakang dan lipatan layar yang nyaris tak kelihatan.

Liputan6.com, Jakarta - Pasar HP layar lipat baru saja kedatangan penantang baru dari produsen asal Tiongkok Oppo. Diberi nama Oppo Find N3 Flip, HP ini telah dikenalkan di pasar Indonesia.

Di Indonesia, Oppo Find N3 Flip hadir dengan satu model varian RAM 12GB/256GB. Untuk dapat membawa pulang HP ini, pengguna perlu merogoh kocek seharga Rp 15.999.000. 

Diciptakan sebagai pengisi jajaran model flagship, Oppo Find N3 Flip dibekali dengan spesifikasi kelas atas. Baik dari komponen dengan teknologi terbaru yang mereka benamkan, hingga banyaknya fitur yang menjamin performa terbaik saat digunakan penggunanya.

Tak hanya itu, Oppo juga membenamkan tiga kamera kelas atas yang diklaim jauh lebih baik dari HP layar lipat milik kompetitornya

Kali ini tim Tekno Liputan6.com diberikan kesempatan untuk mencoba langsung HP layar lipat baru milik Oppo ini.

Untuk membuktikan klaim Oppo mengenai kemampuan Find N3 Flip, kami menggunakannya untuk beraktivitas sehari-hari, hingga penggunaan dengan intensitas berat.

Seperti apa pengalaman memakai Oppo Find N3 Flip ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Desain Oppo Find N3 Flip

Dalam segi desain, Oppo tampaknya mampu menciptakan HP layar lipat yang terlihat mengesankan, sekaligus menawan.

Frame alumunium HP layar lipat ini mampu memberikan tampilan yang kokoh dan tegas, sedangkan back cover dengan finishing glossy memperkuat tampilan menawan yang diusung Oppo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sisi Unggulan

Beralih pada bagian belakangnya, HP ini dilengkapi dua fitur yang sangat difavoritkan. Terdapat setelan 3 kamera “Cosmic Ring” yang timbul dan beraksen gerigi seperti fitur shutter pada kamera DSLR. 

Selain itu, terdapat layar belakang yang mampu digunakan untuk berbagai fitur, seperti kamera, hingga bermain TikTok. Oppo kini juga membawakan lebih banyak pilihan interactive pets yang membuat HP nya tidak membosankan.

Secara keseluruhan, desain HP curved ini membuatnya cukup nyaman digenggam. Ditambah bobotnya yang hanya 198 gram, menggunakan HP Oppo Find N3 Flip tak terasa melelahkan.

Sementara pada bagian layar lipatnya, Oppo berhasil membawakan layar foldable tanpa bekas lipat, sehingga tidak mengganggu tampilannya ketika dibuka.

Sayangnya, penggunaan layar untuk bermain game FPS terasa berbeda karena layarnya tidak selicin HP model candybar pada umumnya. Tetapi tak usah risau, refresh rate 120 Hz layar HP ini tetap menjamin kelancaran kamu bermain game.

3 dari 5 halaman

Performa dan Baterai

Hadir dengan prosesor Mediatek Dimensity 9200, pengguna Find N3 Flip dijamin tak perlu khawatir mengenai performanya. Dalam pengujian dengan Antutu v10, varian HP ini meraih skor 1.475.000.

Sementara pada pengujian Geekbench 6, HP ini mendapat skor 1063 untuk single-core, dan 3097 dalam uji multi-core.

Memiliki RAM 12GB, menggunakan Oppo Find N3 Flip untuk bermain sejumlah game populer sangat menyenangkan. Tak hanya itu, fitur fast charging 44 W Super VOOC juga memungkinkan kamu beraktivitas seharian menggunakan HP dengan baterai 4300 mAh ini.

Kemudian saat diajak memainkan game Mobile Legends: Bang Bang, selama satu jam permainan dengan grafis dan frame rate terbaik terasa lancar. HP juga tak terasa panas, dan baterai hanya berkurang 7 persen.

Mulai masuk ke game yang agak berat, baterai HP ini hanya berkurang 8 persen saat memainkan game PUBG Mobile dengan settingan grafis dan frame rate "rata kanan." Meski bermain dengan full gyro, kami juga tak menemukan kendala sedikitpun.

Beralih ke game Genshin Impact dengan opsi grafis tertinggi, nyatanya hal ini tidak mempengaruhi kelancaran bermain. Selama satu jam, game ini menguras baterai sebesar 10 persen dan tidak terasa panas.

Sementara saat digunakan aktivitas sehari-hari seperti menonton YouTube, baterai Oppo Find N3 Flip hanya menghabiskan 6 persen baterai selama satu jam pemakaian.

4 dari 5 halaman

Kemampuan Kamera Oppo Find N3 Flip

Masuk ke sektor yang diunggulkan, kamera hasil kolaborasi Oppo dengan Hasselblad ini memiliki hasil potret yang sangat memuaskan.

Oppo Find N3 Flip dibekali 3 kamera belakang yang terdiri dari Wide 50 MP f/1.8 dengan dukungan OIS dan PDAF multi direksi, Ultrawide 48 MP f2/2 114”, dan lensa Telefoto 32 MP dengan optical zoom 2x.

Dari segi fotografi, kamera HP ini mampu menjepret gambar penuh detail bahkan jika telah melakukan crop foto sekalipun.

Selain dari ketajamannya, kamera HP ini juga dapat memotret dalam format RAW+ yang akan memudahkan fotografer ketika mengedit foto.

Dynamic range yang ditawarkan kamera Oppo Find N3 Flip ini tentunya sesuai dengan label flagship-nya. Dalam kondisi pencahayaan yang rumit, kamu masih mendapatkan detail di kondisi gelap, maupun terang tanpa harus khawatir noise yang berlebihan. 

Untuk berfoto di siang hari, kemampuan HP ini tak perlu diragukan. Fitur ProXDR bawaan cukup membantu kamu dalam kondisi pencahayaan foto yang kontras seperti langit. Sementara pada malam hari, kamera Oppo Find N3 Flip mampu memotret dengan tajam tanpa banyak blur dan noise yang diciptakan.

Terdapat juga fitur zoom 20x yang dapat menghasilkan foto yang memukau.

Sementara dari sektor videografi, tak ada yang perlu dikhawatirkan dari kemampuan merekam gambar HP ini.

Kamera HP foldable baru Oppo ini mampu merekam video dengan resolusi 4K 30 FPS, atau 1080p hingga 240 FPS slow motion. Untuk mendukung kualitasnya, Oppo membenamkan EIS berbasis gyro sebagai sistem stabilizer-nya.

Kemudian pada kamera depan, dibekali lensa 32MP dengan AF yang dapat merekam hingga resolusi 4K 30 FPS, sehingga dapat melengkapi kebutuhan foto selfie maupun vlogging.

5 dari 5 halaman

Kesimpulan

Setelah mencobanya secara langsung, Oppo Find N3 Flip ini benar-benar menjadi tantangan baru di dunia HP layar lipat.

Membawakan teknologi layar lipat seamless dengan flexion hinge terbaru, membuat HP ini memiliki tampilan yang berbeda dari para kompetitornya.

Desain elegan serta kemampuan kamera HP Oppo Find N3 Flip ini membuatnya layak menyandang predikat flagship. Selain itu, pengguna juga akan merasakan berbagai keunggulan flagship yang dibenamkan HP ini.

Jika ditilik dari foto-foto di atas, hasil kamera HP layar lipat baru Oppo ini dapat menjadi patokan baru untuk produsen HP layar lipat lainnya. Kemampuan mengambil foto di siang sekaligus malam hari yang mengagumkan ini dapat menjadi titik jual Oppo Find N3 Flip.

Kemudian jika melihat performanya juga, Oppo Find N3 Flip merupakan seri baru HP layar lipat yang layak untuk dicoba.

Pengalaman bermain game kamu mungkin berbeda, tetapi kelancaran yang ditawarkan cukup memuaskan bagi kami. Tetapi kembali lagi, pengguna mungkin memiliki preferensi masing-masing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.