Sukses

Asisten Virtual Berbasis AI Hadir untuk Para Ibu di Indonesia, Bisa Jadi Teman Curhat

Liputan6.com, Jakarta - PT Orisul Digital Agensi sebagai perusahaan penyedia solusi digital & creative marketing resmi mengumumkan produk terbarunya berupa asisten virtual. Diberi nama LihAI, asisten virtual ini berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

Menurut Orisul, asisten virtual ini dirancang untuk memudahkan hidup pengguna, sekaligus menjadikan pekerjaan harian penggunanya lebih efisien dan menyenangkan.

Yang menarik, LihAI menargetkan para ibu di Indonesia atau dikenal dengan Mama LihAI. Asisten virtual ini diharapkan bisa membantu para ibu melakukan berbagai tugas atau pekerjaan, mulai dari mengatur jadwal, pengingat, menjawab pertanyaan, hingga memberikan rekomendasi.

Dengan teknologi kecerdasan buatan yang dimilikinya, LihAI mampu mempelajari interaksi pengguna yang sudah dilakukan sebelumnya, lalu menyesuaikan dengan preferensi mereka. Jadi, asisten ini bisa memberikan asistensi personal yang semakin baik seiring waktu.

"Kami dengan senang hati meluncurkan LihAI dan menyediakan platform asisten AI yang andal pada para pengguna di Indonesia, khususnya para ibu, yang dapat membantu mereka menjalani kesibukan dengan lebih efisien," tutur CEO Orisul Digital Agensi Rishya F.A dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (3/10/2023).

Lebih lanjut ia menuturkan, tujuan Orisul adalah untuk memberdayakan masyarakat Indonesia sekaligus membuat kemampuan kecerdasan buatan lebih mudah diakses. Terlebih, layanan ini sudah terintegrasi dengan aplikasi WhatsApp.

Nantinya, dengan hanya menambahkan LihAI sebagai kontak di WhatsApp, pengguna sudah dapat berinteraksi dengan asisten pribadi mereka. Pengguna juga tidak perlu melakukan registrasi, mengunduh atau menginstall aplikasi tambahan.

Selain kemampuan asisten virtual, LihAI juga menawarkan berbagai fitur lain seperti menghasilkan gambar, terjemahan bahasa, bahkan mencurahkan keluh kesah. Mengingat bisa diakses lewat WhatsApp, layanan ini menawarkan kemudahan dalam akses untuk seluruh kalangan.

Sebagai bagian dari peluncuran layanan ini, perusahaan menawarkan paket LihAI Premium hanya Rp 49.000 per bulan dari harga normal Rp 79.000. Layanan premium ini hadir dengan fitur yang lebih banyak untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Asisten Virtual Veronika di MyTelkomsel Makin Pintar Berkat Teknologi Ini

Sebelumnya, asisten virtual Veronika di MyTelkomsel kini mengintegrasikan Microsoft Azure OpenAI Service. Azure OpenAI Service memungkinkan Telkomsel mengakses ChatGPT dan memanfaatkan Natural Language Processing (NLP) dan machine learning.

Dengan begitu, Veronika di aplikasi MyTelkomsel jadi bisa berinteraksi dengan pelanggan lebih natural dan intuitif. Hal ini dinilai akan memberi pengalaman layanan yang lebih nyaman dan personal.

Vice President Customer Journey and Digital Experience Telkomsel Danang Andrianto menyebut, layanan virtual Veronika pertama dirilis pada 2017 untuk mempermudah pelanggan mendapatkan kebutuhan informasi hingga transaksi produk berbasis chatbot, dengan dukungan artificial intelligence.

"Kini dengan pemanfaatan model ChatGPT yang diakses melalui Azure OpenAI Service, Veronika lebih pandai dalam memberi solusi yang akurat, interaksi natural, dan ekspresif," kata Danang, dikutip dari keterangan Telkomsel, Rabu (27/9/2023).

Danang berharap layanan asisten virtual Veronika yang kian cerdas bisa memberi solusi untuk seluruh kebutuhan layanan pelanggan dan memberi penngalaman gaya hidup digital yang melebihi ekspektasi pelanggan.

Country Lead Azure GTM Microsoft ASEAN Fiki Setiyono menyebut integrasi Telkomsel dengan Azure OpenAI Service menghadirkan respons lebih baik dan kontekstual kepada pelanggan.

"Hal ini memungkinkan petugas customer care lebih fokus pada pertanyaan yang memerlukan penanganan solusi. Dengan begitu, produktivitas petugas customer-care dan tingkat kepuasan pelanggan bisa makin meningkat," kata Fiki.

 

3 dari 4 halaman

Integrasi ChatGPT Bikin Veronika Makin Luwes Berinterasi dengan Pelanggan

Dengan diintegrasikannya ChatGPT ke Veronika menggunakan NLP dan machine learning memungkinkan Veronika memahami kebutuhan atas produk dan layanan lebih mendalam.

Solusi yang dihasilkan pun diklaim bisa lebih sesuai dengan profil kebutuhan dan penggunaan pelanggan Telkomsel secara lebih spesifik.

Dengan dukungan machine learning dan NPL ChatGPT, Veronika kini bisa merekomendasikan paket sesuai profil dan kebutuhan pelanggan. Veronika juga jadi bisa memberi produk knowledge, serta menjawab permasalahan pelanggan lebih cepat dan akurat.

Seiring dengan pengintegrasian Azure OpenAI Service, Veronika juga akan terus berinovasi dan melakukan improvement mengikuti kemajuan teknologi.

Perbaikan tanpa henti menjadi upaya Telkomsel untuk meningkatkan kecerdasan chatbot, sehingga ke depannya Veronika dapat menjadi asisten virtual yang solutif, dan memahami pelanggan. 

4 dari 4 halaman

Bisa Dipakai di MyTelkomsel

Saat ini, kapabilitas Veronika yang didukung oleh teknologi Artificial Intelligence (AI) terkini dari Microsoft Azure OpenAI Service dapat digunakan di Aplikasi MyTelkomsel.

Pelanggan dapat mengunduh Aplikasi MyTelkomsel dengan mudah di tsel.id/dlmytsel. Seluruh pelanggan dapat menyapa Veronika untuk mendapatkan solusi terbaik seputar produk dan layanan Telkomsel, seperti Telkomsel One, IndiHome, Orbit, MAXstream, dan produk unggulan Telkomsel lainnya.

Telkomsel juga membawa Veronika menjadi lebih dekat melalui platform media sosial, di mana masyarakat dapat mengikuti aktivitas dan perjalanan Veronika sebagai virtual influencer melalui akun Instagram @hai.veronika, serta berinteraksi secara lebih intensif layaknya sahabat atau kerabat dekat.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini