Sukses

Penyebab Baterai iPhone 15 Overheating dan Cara Mengatasinya

iPhone model baru memiliki masalah baterai boros dan overheating, berikut ini penyebab dan cara mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Akhir-akhir ini, jagat maya ramai-ramai membicarakan masalah overheating pada perangkat iPhone 15. Beberapa analisis mengatakan ini merupakan hasil dari pembaruan software, ada juga yang menyalahkan produksi iPhone 15 yang jelek.

Sementara itu, Apple telah secara resmi mengakui masalah tersebut dan mengatakan bahwa ada dua masalah yang dapat menyebabkan iPhone baru menjadi lebih panas selama beberapa hari pertama setelah penyiapan.

Salah satunya adalah beberapa aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan kelebihan beban. Apple mengatakan bahwa mereka bekerja sama dengan para pengembang untuk mengatasi masalah, beberapa aplikasi tersebut termasuk Asphalt 9, Uber, dan Instagram.

Inilah yang dapat kamu lakukan untuk menghentikan panas berlebih, dirangkum dari 9to5Mac Selasa (3/10/2023):

  • Berhenti menggunakan Uber dan Asphalt 9 atau gunakan secara ringan sampai pembaruan tiba
  • Pastikan untuk memperbarui Instagram ke versi terbaru yang tersedia
  • Jika ada aplikasi spesifik lain yang kamu gunakan dan kamu melihat iPhone kamu mulai terlalu panas, hentikan penggunaannya jika memungkinkan, dan pastikan kamu menjalankan versi terbaru dari aplikasi tersebut.
  • Nantikan rilis iOS Apple berikutnya, kemungkinan iOS 17.0.3 akan memperbaiki ini semua

Kemudian, apa saja yang menyebabkan baterai iPhone boros?

  • Memulihkan cadangan
  • Mengunduh foto/video dalam jumlah besar cukup menguras daya, dan menyebabkan overheating.
  • Menggunakan aplikasi dengan pelacakan lokasi yang konstan
  • Aktivitas aplikasi latar belakang yang tinggi
  • Menggunakan iPhone terlalu lama.

Jika kamu baru saja memiliki iPhone 15, bahkan setelah kamu memulihkan cadangan, perlu waktu untuk mengunduh seluruh foto, aplikasi/data, dll. iPhone kamu bekerja lebih keras dan lebih panas dari biasanya sehingga menggunakan lebih banyak baterai.

Di aplikasi Foto, kamu dapat menjeda unduhan dengan iCloud. Jika belum melakukannya secara otomatis, buka aplikasi Foto Apple > Perpustakaan > Semua Foto > geser ke bawah dan ketuk "Jeda."

Dengan melanjutkannya saat kamu mengisi daya di malam hari akan membantu menghemat baterai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai iPhone 15

1. Memantau Penggunaan Baterai

Buka Pengaturan > Baterai untuk melihat detail penggunaan baterai kamu. "24 Jam Terakhir" adalah pengaturan default dan menunjukkan aplikasi mana yang menggunakan energi paling banyak..

Cari "Aktivitas Latar Belakang" di bawah sebuah aplikasi untuk mengetahui apakah aplikasi tersebut menggunakan baterai di belakang layar.

Selain itu, lihat juga saran daya tahan baterai tepat di atas penggunaan baterai. Ini akan memberimu cara cepat agar baterai tidak boros.

2. Mode Daya Rendah

Mode Daya Rendah adalah cara cepat untuk memperpanjang masa pakai baterai. Fitur ini bekerja dengan menjeda aplikasi yang tidak dibutuhkan, penyegaran aplikasi latar belakang, pengunduhan otomatis, dan banyak lagi dengan satu tombol.

kamu bisa mengaktifkan mode Daya Rendah di Pengaturan > Baterai atau meminta Siri untuk melakukannya. Namun, akan sangat berguna jika kamu memiliki akses cepat ke Mode Daya Rendah di Pusat Kontrol.

Buka Pengaturan > Pusat Kontrol > Sesuaikan Kontrol, lalu ketuk ikon + di samping Mode Daya Rendah jika belum ada.

3 dari 4 halaman

3. Kunci Otomatis, kecerahan layar, dan tampilan selalu aktif

Jika kamu melihat "Home & Lock Screen" pada penggunaan baterai kamu lebih tinggi daripada yang kamu harapkan, ada baiknya kamu memeriksa pengaturan tersebut.

Penguncian Otomatis pada 30 detik akan membantu kamu menghemat masa pakai baterai.

Buka Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Kunci Otomatis.

Menurunkan kecerahan layar kamu juga akan membantu masa pakai baterai, tetapi ini tergantung pada preferensi pribadi. kamu dapat melakukannya di Control Center (usap ke bawah dari sudut kanan atas) atau Pengaturan > Tampilan & Kecerahan.

Seperti 14 Pro, always on display iPhone 15 Pro seharusnya tidak menghabiskan banyak baterai karena kecepatan refreshnya sangat rendah. Tetapi jika kamu ingin menggunakan baterai selama mungkin, mematikannya dapat menghemat sekitar 1 persen daya per jam.

Buka Pengaturan > Tampilan dan kecerahan > Always On Display di bagian bawah.

4 dari 4 halaman

Mematikan Penggunaan Latar Belakang

4. Refresh Aplikasi Latar Belakang

Mode Daya Rendah mematikan fitur refresh aplikasi latar belakang secara keseluruhan, tetapi kamu dapat menyesuaikan aplikasi mana yang menggunakan fitur ini untuk pengalaman yang lebih nyaman serta daya tahan baterai yang lebih baik. 

Buka Pengaturan > Umum > Background App Refresh.

Ini akan mencegah aplikasi berjalan di latar belakang dan akan berjalan lagi ketika kamu membuka aplikasi tersebut

5. Layanan lokasi

Mengatur ulang pengaturan layanan lokasi kamu adalah cara lain untuk memperpanjang masa pakai baterai.

(Ini juga dapat mengurangi penggunaan data seluler). Buka Pengaturan > Privasi & Keamanan > Layanan Lokasi untuk memperbarui izin penggunaan lokasi aplikasi kamu.

Perhatikan aplikasi apa pun yang meminta untuk selalu menggunakan lokasi kamu dan alihkan ke ‘Saat Menggunakan’, ‘Tanyakan Lain Kali’, atau ‘Tidak Pernah.’

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini