Sukses

Microsoft Luncurkan AI Copilot, Bakal Hadir di Windows 11 hingga Bing

Microsoft secara resmi mengumumkan bahwa asisten AI Copilot akan tersedia di Windows 11, Microsoft 365, Edge, hingga Bing.

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft secara resmi meluncurkan Copilot, asisten artificial intelligence (AI) di sejumlah platform milik mereka.

Melalui event di New York, Amerika Serikat, Microsoft mengumumkan bahwa Copilot bakal tersedia di Windows 11, Microsoft 365, Edge, hingga Bing.

Menurut perusahaan, seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (22/9/2023), Copilot "dirancang untuk merevolusi cara manusia berinteraksi dengan teknologi dan meningkatkan produktivitas."

Yusuf Mehdi, Corporate Vice President &a Consumer Chief Marketing Officer, Microsoft mengatakan, saat ini kita memasuki era baru AI, yang secara fundamental mengubah cara kita berhubungan dan memanfaatkan teknologi.

"Dengan konvergensi chat interface dan large language models, kini Anda dapat menanyakan apa pun yang Anda inginkan dalam bahasa sehari-hari, dan teknologinya cukup pintar untuk menjawab, membuat, atau mengambil tindakan," ujarnya.

"Di Microsoft, kami melihat hal ini seperti memiliki copilot untuk membantu menavigasi tugas apa pun," kata Yusuf Mehdi.

Microsoft Copilot akan hadir secara gratis di Windows 11, Microsoft 365, dan web browser Edge serta Bing. Dia akan tersedia sebagai aplikasi, atau dapat muncul sendiri ketika dibutuhkan hanya dengan klik kanan.

Dalam kesempatan yang sama, Microsoft juga mengumumkan update untuk Windows 11, di mana akan ada lebih dari 150 fitur baru yang memberdayakan pengguna, untuk membuat berbagai hal lebih cepat.

Update ini termasuk integrasi Copilot, Outlook baru untuk Windows, kemampuan baru di Paint dan Photos yang ditingkatkan dengan kecerdasan buatan, hingga Clipchamp dan Notepad yang diperbarui.

Selain itu akan ada File Explorer yang dimodernisasi, dan suara alami baru di Narrator untuk meningkatkan aksesibilitas serta produktivitas.

Sederet pembaruan ini akan mulai tersedia dari 26 September, bersama dengan update terbaru untuk Windows 11, versi 22H2.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur-Fitur Baru untuk Bing dan Edge

Microsoft juga mengatakan akan menghadirkan fitur-fitur baru di Bing dan Edge dalam acara tersebut.

Fitur-fitur ini mencakup jawaban yang dipersonalisasi berdasarkan riwayat obrolan, peningkatan model DALL.E 3 OpenAI di Bing Image Creator, dan Content Credentials baru.

Content Credentials baru tersebut aan menggunakan metode kriptografi untuk menambahkan watermark digital tidak terlihat, ke semua gambar yang dihasilkan AI di Bing, lengkap dengan waktu dan tanggal pembuatannya.

Terkait Microsoft 365, pada 1 November 2023 mendatang, Microsoft 365 Copilot for Enterprise akan tersedia secara umum bagi pelanggan enterprise, bersama dengan Microsoft 365 Chat.

Sementara untuk konsumen, Designer akan diintegrasikan dengan Microsoft 365 Copilot untuk pengguna pribadi, dimulai dengan Word.

Designer akan membantu pengguna mengubah dokumen yang penuh teks dengan grafik khusus, membuat aset visual, postingan media sosial, undangan, dan banyak lagi menggunakan AI.

3 dari 4 halaman

Microsoft Mau Matikan WordPad

Di sisi lain, Microsoft dikabarkan tidak lagi memperbarui WordPad dan berencana akan menghapus pengolah kata tersebut pada perilisan Windows mendatang.

Sebagai gantinya, perusahaan merekomendasikan penggunaan Microsoft Word, pengolah kata berbayarnya yang lebih banyak menyediakan fitur, dibandingkan dengan WordPad.

"WordPad tidak lagi diperbarui dan akan dihapus pada rilis Windows mendatang," kata Microsoft dalam pernyataannya, sebagaimana dikutip dari The Verge, Senin (4/9/2023). 

"Kami merekomendasikan Microsoft Word untuk dokumen teks yang lebih kaya, seperti .doc dan .rtf serta Windows NotePad untuk dokumen teks biasa, seperti .txt," imbuh perusahaan.

Berita tentang penghapusan WordPad ini datang selang satu hari setelah Microsoft mengungkapkan tengah melakukan pembaruan dan meningkatkan NotePad dengan fitur barunya. Antara lain fitur penyimpanan otomatis dan pemulihan tab secara otomatis.

 

4 dari 4 halaman

WordPad Sudah Ada Sejak Windows 95

Perusahaan perangkat lunak ini pertama kali melakukan pembaruan pada aplikasi Windows NotePad pada tahun 2018 dan terus menambahkan tab ke versi Windows 11. Sayangnya WordPad masih belum mendapatkan perhatian yang sama.

Pengolah kata yang telah menjadi bagian dari Windows sejak Windows 95 ini memang telah diperbarui dengan Ribbon UI Windows 7, tetapi setelah dilakukannya desain ulang pada Windows 8, tidak ada peningkatan besar apa pun. 

Kini Microsoft memutuskan untuk menghapus WordPad sepenuhnya dalam perilisan Windows mendatang.

Kemungkinan besar Windows akan meningkatkan versinya ke Windows 12 pada tahun 2024 dengan menyertakan banyak fitur yang didukung oleh teknologi kecerdasan buatan atau AI.

Sebagai informasi, WordPad merupakan pengolah kata dasar yang tersedia pada sisten operasi Microsoft sejak Windows 95. Sama halnya dengan NotePad, pengolah kata ini digunakan untuk membuat dan memodifikasi dokumen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.