Sukses

Mortal Kombat 1 di Nintendo Switch Diejek Gara-Gara Grafis Murahan, Harga Sama dengan PC dan PS5

Mortal Kombat 1 versi Nintendo Switch banyak diprotes gamer, karena grafiknya yang buruk meski dijual di harga yang sama dengan versi konsol dan PC.

Liputan6.com, Jakarta - Game Mortal Kombat 1 baru saja dirilis untuk sejumlah platform game, salah satunya adalah Nintendo Switch. Namun, berbeda dari versi konsol atau PC-nya yang dapat ulasan cukup baik, Mortal Kombat 1 untuk Nintendo Switch banyak dapat kritik dan protes dari para pemain.

Pasalnya, banyak gamer Switch yang mengeluhkan Mortal Kombat 1 di konsol handheld Nintendo itu, punya tampilan yang sangat jauh di bawah versi PlayStation atau PC.

Tidak sedikit pengguna X (atau dulu bernama Twitter), yang membagikan perbandingan grafik antara versi konsol dan Switch, di mana versi Switch punya tampilan yang lebih jelek.

Mengutip Eurogamer, Jumat (22/9/2023) beberapa gamer juga memprotes NetherRealms yang menjual Mortal Kombat 1 di Switch dengan harga USD 70 (sekitar Rp 1 juta) atau tak jauh beda dengan harga di konsol meski grafiknya lebih burik.

Sebagai informasi, Mortal Kombat 1 digital untuk Nintendo Switch dijual di Nintendo.com dengan harga USD 70 (Rp 1 juta) untuk versi standar, sedangkan Premium Edition dijual dengan harga USD 110 (Rp 1,7 juta).

Banyaknya olok-olok dari pengguna internet, bos NetherRealm Ed Boon pun mengatakan, mereka akan meningkatkan kualitas game-nya di konsol tersebut.

Dalam wawancaranya dengan BBC Newsbeat, Ed Boon pun menjanjikan Mortal Kombat 1 di Switch "pasti akan mendapatkan pembaruan."

"Dan sejumlah kekhawatiran atas permasalahan yang muncul pasti akan teratasi," ujar pria yang sudah terlibat dalam pembuatan Mortal Kombat sejak judul pertamanya itu.

"Akan sangat ideal bagi kami untuk merilis versi yang benar-benar kami inginkan. Namun masalah apa pun yang kami temukan ada dalam daftar kami dan akan diperbaiki," kata Boon soal masalah Mortal Kombat 1 di Switch, seperti mengutip IGN.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mortal Kombat 1 Rilis di Berbagai Platform

Di Mortal Kombat 1, NetherRealm Studios kembali melakukan reboot terhadap dunia Mortal Kombat, setelah sebelumnya sempat melakukan hal serupa usai Mortal Kombat: Armageddon.

Dalam game ini, kali ini yang menjadi dewa pelindung Earthrealm dan memilih petarung untuk turnamen Mortal Kombat adalah Liu Kang, yang di akhir cerita Mortal Kombat 11 menjadi Fire God.

Liu Kang yang menjadi Fire God usai mengalahkan Kronika dan Shang Tsung, menggunakan Jam Pasir Kronika untuk menciptakan lagi semesta, untuk kemudian menyerahkannya kepada Geras dan melindungi Earthrealm.

Di dunia baru ini, Liu Kang merekrut Kung Lao dan Raiden yang di semesta ini adalah seorang petani, aktor Johnny Cage, dan mantan Yakuza Kenshi Takahashi, untuk bertarung di turnamen Mortal Kombat.

Sebelumnya, pembeli Mortal Kombat 1 Premium Edition sudah bisa menjajal terlebih dulu game ini, melalui early access selama 5 hari yang sudah mulai pada 14 September 2023.

3 dari 4 halaman

Harga Mortal Kombat 1

Mortal Kombat 1 sudah bisa dibeli untuk PlayStation 5 (PS5), PC Windows, Xbox Series X/S, dan Nintendo Switch, melalui berbagai platform untuk tiap-tiap konsol.

Harga Mortal Kombat 1 PC

Berikut ini harga game Mortal Kombat 1 di PC, melalui platform Steam dan Epic Games Store di Indonesia:

  • Mortal Kombat 1 - Rp 849.000
  • Mortal Kombat 1 Premium Edition - Rp Rp 1.090.000

Harga Mortal Kombat 1 PS5

Berikut harga Mortal Kombat 1 untuk konsol PlayStation 5 di platform PlayStation Store untuk wilayah Indonesia:

  • Mortal Kombat 1 Standard Edition - Rp 990.000
  • Mortal Kombat 1 Premium Edition - Rp 1.590.000

Selain itu, NetherRealm Studios dan Warner Bros. Games selaku penerbit, juga sudah menjual beberapa konten-konten tambahan untuk Mortal Kombat 1, yang bisa dibeli oleh gamer.

4 dari 4 halaman

Spesifikasi PC Mortal Kombat 1

Buat para gamer PC, berikut ini syarat perangkat PC yang dibutuhkan apabila ingin memainkan Mortal Kombat 1, seperti dikutip dari keterangan di laman Steam.

Spesifikasi PC Minimal Mortal Kombat 1

  • Prosesor 64-bit dan OS diperlukan
  • OS: Windows 10 64-bit
  • Prosesor: Intel Core i5-6600 / AMD Ryzen 3 3100 atau Ryzen 5 2600
  • Memori: 8 GB RAM
  • Grafis: Nvidia GeForce GTX 980 atau AMD Radeon RX 470 atau Intel Arc™ A750
  • DirectX: Versi 12
  • Penyimpanan: 100 GB ruang tersedia

Spesifikasi PC Direkomendasikan Mortal Kombat 1

  • Prosesor 64-bit dan OS diperlukan
  • OS: Windows 10/11 64-bit
  • Prosesor: Intel Core i5-8400 / AMD Ryzen 5 3600X
  • Memori: 8 GB RAM
  • Grafis: Nvidia GeForce GTX 1080 Ti atau AMD Radeon RX 5700 XT atau Intel Arc A770
  • DirectX: Versi 12
  • Penyimpanan: 100 GB ruang tersedia

Sebagai catatan, game ini mungkin tidak cocok untuk semua usia karena mengandung konten-konten dewasa, di mana yang paling menonjol adalah kekerasan dan aksi pertarungan yang sadis.

(Dio/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.