Sukses

Ini Daftar Game PC yang Sesuai dengan Jurusan Kuliah Mahasiswa

Daftar game PC yang sesuai dengan jurusan kuliah, mulai Ilmu Psikologi hingga Teknik Sipil.

Liputan6.com, Jakarta - Di dunia yang semakin terhubung dan dinamis saat ini, dunia gaming tidak hanya menjadi hiburan, tetapi juga menyediakan peluang edukatif yang kadang tidak kita sadari.

Mahasiswa dari berbagai jurusan kuliah sekarang dapat menemukan game yang sesuai dengan minat dan keahlian mereka, memberikan kesempatan untuk menggabungkan hobi dengan pembelajaran yang mendalam.

Dalam artikel ini, kami telah mengutip dari berbagai sumber, mengenai game PC yang dapat kamu jadikan sebagai simulasi dunia kerja sesuai dengan jurusan kulihamu di universitas.

Jika kamu adalah seorang pecinta game yang juga seorang mahasiswa, inilah peluang kamu untuk menjembatani kesenangan bermain game dengan perkembangan karier dan pengetahuan akademis kamu.

1. Jurusan Tata Boga

Cooking Fever dan Diner Dash

Terdapat bebera game yang dapat kamu mainkan untuk dapat merasakan atmosfer dapur melalui PC.

Misalnya, kedua game ini yang mungkin tak asing di telinga. Kedua game ini telah lama dikenal sebagai game masak-masak populer dari zaman komputer hanya tersedia di warnet.

2. Jurusan Teknik Sipil

Construction Simulator

Kental dengan materi perkuliahan di bidang konstruksi, rasanya tak afdol bila tidak menjadikan game ini  sebagai game mahasiswa TekSip. Di game ini, kamu dapat merasakan sensasi bekerja di tempat konstruksi, lengkap dengan berbagai alatnya.

3. Jurusan Teknik Transportasi

Transport Fever 2

Game ini menyuguhkan sistem transportasi antar zaman dengan lebih dari 200 moda transportasi yang dapat kamu gunakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kerabat Teknik Sipil

4. Jurusan Arsitektur

Minecraft

Mahasiswa Arsitektur mungkin tak asing dengan aplikasi desain digital yang dapat digunakan untuk merancang sebuah bangunan.

Di game PC sendiri, kamu dapat melakukan hal serupa dengan bermain game ini, yang juga memilki berbagai mode permainan yang tak membosankan.

Kamu dapat terhubung ke server online untuk bermain bersama teman-temanmu dan membangun bangunan bersamanya.

5. Jurusan Planologi dan Perencanaan Wilayah dan Kota

City Skylines dan Sim City

Bagi kamu yang suka mempelajari wilayah dan unsur di dalamnya, seperti perencanaan tata kota, unsur fisik dan sosial, kedua game ini sangat cocok dengan bidang pekerjaan kamu nantinya.

Kamu dapat menjadi perancang wilayah sekaligus Walikota di dalam game ini dan menciptakan kota masa depanmu.

6. Jurusan Ilmu Hukum, Forensik, dan Kriminologi

Criminal Case

Menjadi detektif hingga mengusut tuntas sebuah kasus kriminal melalui game merupakan hal yang menantang. Sayangnya, game ini sebenarnya merupakan game mobile, namun kamu dapat memainkannya menggunakan emulator.

Jangan sampai kamu melewatkan permainan mengasah otak ini agar semakin kritis di perkuliahan.

3 dari 5 halaman

Gamenya Mahasiswa Ilmu Psikologi

7. Jurusan Ilmu Psikologi

The Sims 4

Dengan membuat sebuah Sims-- karakter dalam game ini, kamu dapat mengontrol mood hingga kondisi mentalnya untuk dapat berkegiatan sehari-hari. Kamu juga dapat memilihkan jalanmu sendiri kepada Sims yang kamu kendalikan.

Selain itu, di game ini juga kamu dapat berjejaring sosial dengan Sims lain dan menciptakan kehidupanmu sendiri. Game ini juga memungkinkan kamu mendesain tatanan sosial yang ada disekitarmu, serta melakukan berbagai aktivitas sehari-hari dengan beberapa paket ekstensi.

8. Jurusan Farmasi

Big Pharma

Game ini memungkinkan kamu membangun perusahaan farmasimu sendiri dari nol. Kamu hanya akan mulai dengan lahan pabrik, beberapa bahan baku, dan segepok uang tunai. Kamu bisa menggunakan uang tesebut untuk membangun peralatan yang mengubah bahan menjadi obat.

9. Jurusan Ilmu Kesehatan dan Kedokteran

Bionic Redemption dan Surgeon Simulator

Melalui game ini, kamu dapat melakukan simulasi dunia kesehatan dengan menjadi tenaga kesehatan dan cara kamu melawan pandemi global.

Di Surgeon Simulator, kamu akan dihadapkan dengan situasi ruang operasi yang menegangkan, dan memungkinkan kamu untuk melakukan operasi secara cepat dan akurat.

 

4 dari 5 halaman

Simulasi Bercocok Tanam

10. Jurusan Pertanian

Farming Simulator dan Agricultural Simulator

Menawarkan gameplay simulasi pertanian dan perkebunan yang realistis, kedua game ini memungkinkan kamu untuk mengelola sendiri lahanmu. Mulai dari memupuk, menanam, hingga memanen dan menjual hasil pertanianmu, semua mungking dilakukan dengan game ini.

11. Jurusan Ekonomi

Capitalism Lab

Game ini menawarkan permainan yang dapat membantu mahasiswa memahami dasar-dasar ekonomi, termasuk penawaran dan permintaan, mekanisme penetapan harga, struktur pasar, ekonomi makro, dan banyak lagi.

12. Jurusan Teknik Informatika

Hacknet

Nah, mungkin ini yang paling disukai oleh mahasiswa TI. Di game ini, kalian dapat mencoba untuk mempelajari dasar-dasar hacking. Kamu dapat menjadikan game ini sebagai permulaan dari perjalananmu di dunia kerja nanti.

13. Jurusan Ilmu Politik 

Democracy 4

Game ini memungkinkan kamu untuk menjadi seorang tokoh ataupun pemimpin politik untuk membentuk negaramu dengan berbagai sistem pemerintahan.

Kamu juga dapat menerapkan ilmu-ilmu politik yang kamu pelajari di kampus untuk menciptakan hubungan demokrasi di game ini.

5 dari 5 halaman

Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.