Sukses

3 AI Alternatif Google Translate untuk Hasil Terjemahan yang Lebih Akurat dan Canggih

Hadirnya AI untuk sebagai alat penerjemah dapat menggantikan Google Translate sebagai alat terjemah bahasa yang umum digunakan. Pelajari lebih lanjut melalui artikel ini untuk memilih AI manakah yang harus kamu gunakan sesuai kebutuhan terjemahan kamu.

Liputan6.com, Jakarta - Jika selama ini kamu hanya menggunakan Google Translate untuk menerjemahkan dua bahasa yang berbeda, kamu perlu mencoba tiga AI ini. DeepL, ChatGPT, dan Bard merupakan chatbot AI yang memiliki kemampuan terjemah.

ChatGPT dan Google Bard sendiri dilatih untuk menggunakan berbagai jenis bahasa dan konteks dalam sistemnya, sementara DeePL merupakan alat khusus yang berfokus pada terjemahan.

Berikut ini kami rangkum mengenai perbandingan fitur ketiganya, sebagaimana dikutip dari Geeky Gadgets, Jumat (7/9/2023).

DeepL 

DeepL telah menjadi perubahan besar dalam industri mesin penerjemahan bahasa sejak diperkenalkan pada tahun 2017.

Perusahaan ini menggunakan mesin Neural Network (NN) yang unik dan telah mengubah cara kalimat-kalimat bahasa lain diterjemahkan.

Teknologi ini memungkinkan DeepL untuk menggunakan berbagai nuansa bahasa, bahkan yang paling halus sekali pun dan menirukannya dalam terjemahan.

Kualitas terjemahan mesin DeepL bukan hanya klaim semata, tetapi telah diuji secara empiris melalui tes acak.

Dalam tes ini, para penerjemah profesional secara tidak sadar memilih terjemahan yang paling akurat di antara berbagai pilihan, dan DeepL terbukti mengungguli pesaingnya.

DeepL menawarkan layanan terjemahan fleksibel dan serbaguna yang cocok untuk berbagai kebutuhan penggunaan. Baik menerjemahkan dokumen lengkap, halaman web, gambar, atau email.

Layanan ini dapat diakses melalui berbagai perangkat, memungkinkan kamu untuk melakukan terjemahan kapan pun, baik saat kerja hingga bepergian.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fitur DeepL

DeepL Translator memiliki berbagai fitur, tiga diantaranya adalah:

Terjemahan Dokumen

DeepL menyediakan penerjemah web dan aplikasi desktop yang memungkinkan pengguna menerjemahkan berbagai dokumen sambil mempertahankan huruf asli, gambar, dan formatnya.

Terjemahan Laman Web

DeepL for Chrome Extension memungkinkan kamu menerjemahkan seluruh halaman web tanpa harus meninggalkan peramban mereka, menawarkan pengalaman terjemahan yang mulus.

Multi Perangkat

Teknologi terjemahan DeepL dapat diakses melalui berbagai platform, termasuk melalui web, ekstensi Chrome, aplikasi desktop, aplikasi smartphone, serta melalui API untuk solusi yang lebih disesuaikan.

Secara keseluruhan, DeepL membedakan dirinya dengan kualitas terjemahan yang lebih akurat dibanding penerjemah lain dengan berbagai fitur.

Lalu, jika dibandingkan dengan AI GPT seperti Google Bard dan ChatGPT, apa yang membedakan terjemahannya?

 

 

3 dari 5 halaman

Perbandingannya dengan AI GPT

Kelebihan Penggunaan Sistem AI GPT untuk Penerjemahan:

Pemahaman Kontekstual 

Model GPT dapat lebih memahami konteks, dan oleh karena itu, dapat memberikan terjemahan yang lebih sesuai dengan konten sebelumnya.

Multi-Tasking

Jika kamu mengerjakan tugas yang membutuhkan terjemahan dan juga pemrosesan bahasa alami lainnya, menggunakan model GPT dapat membantu kamu mempermudah menemukan hasil sesuai yang kamu inginkan.

Kekurangan Penggunaan Sistem AI GPT untuk Penerjemahan:

Tidak Akurat

Model GPT mungkin menghasilkan terjemahan yang kurang akurat atau kaku dibandingkan dengan sistem penerjemahan khusus.

Mengonsumsi Banyak Daya

Model GPT membutuhkan lebih banyak sumber daya komputasi untuk mengerjakan perintah, yang mungkin berlebihan untuk tugas terjemahan sederhana.

Kegunaan Terbaik AI GPT untuk Penerjemahan:

  • Gunakan model GPT sebagai pelengkap sistem penerjemahan khusus, bukan menggantikannya sepenuhnya.
  • Setelah mendapatkan terjemahan dari model GPT, mungkin berguna untuk memproses ulang teks untuk memperbaiki kesalahan yang mencolok.
  • Jika memungkinkan, berikan sebanyak mungkin konteks yang diperlukan saat meminta model menerjemahkan. Semakin banyak konteks yang dimiliki model, semakin baik penerjemahan yang dapat dihasilkan.

 

4 dari 5 halaman

Kesimpulannya

Meskipun sistem GPT dapat menjalankan tugas penerjemahan, outputnya mungkin tidak seakurat atau sefasih sistem penerjemahan khusus.

Namun, mereka dapat berguna dalam skenario di mana pemahaman konteks atau kemampuan multi-tugas penting.

Untuk tugas penerjemahan, terutama yang kompleks atau rumit, seperti penerjemahan dokumen resmi atau teks teknis, DeepL tetap menjadi pilihan utama berkat kualitas terjemahan yang sangat tinggi.

Namun, model GPT seperti ChatGPT dan Google Bard dapat menjadi pilihan yang baik jika kamu juga memerlukan pemahaman kontekstual yang lebih dalam atau perlu melakukan tugas pemrosesan bahasa alami lainnya.

Demikianlah perbandingan antara AI penerjemah paling populer: DeepL, ChatGPT, dan Google Bard. Pilihan tergantung pada kebutuhan penerjemahan kamu dan tingkat akurasi serta kemampuan multi-tasking yang kamu butuhkan.  

5 dari 5 halaman

Infografis film dengan tema kehancuran bumi di masa depan (Triyasni/Liputan6.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini