Sukses

Keyboard Rusak? Ini Cara Aktifkan On Screen Keyboard di Windows 10

Simak artikel ini untuk mengetahui carai menggunakan keyboard virtual di Windows 10 ketika keyboard fisik rusak.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu cara mengatasi keyboard rusak adalah dengan menggunakan fitur On Screen Keyboard. Keyboard virtual ini dapat membantumu beraktivitas dan mudah untuk diaktifkan.

Nah bagi kamu yang ingin mengaktifkan fitur tersebut, simak cara menyalakan On Screen Keyboard di Windows 10 seperti dikutip dari Lifewire, Minggu (8/10/2023).

Menggunakan Tombol Shortcut

  • Jika kamu menyukai shortcut, kamu dapat menekan 'Win + CTRL + O' pada keyboard fisik kamu.
  • Hal itu akan langsung menampilkan keyboard di layar, apabila sebagian tombol fisik saja yang rusak.

Akses Lewat Ease of Access Center

  1. Klik Start, lalu klik Settings (Pengaturan).
  2. Klik Kemudahan Akses.
  3. Scroll ke bawah, lalu klik Keyboard.
  4. Di bawah 'Gunakan perangkat kamu tanpa keyboard fisik', geser tombol ke Aktif.

Setelahnya, keyboard akan muncul di layar kamu, dan kamu bisa langsun menggunakannya dengan mouse atau layar sentuh. Untuk menutup keyboard, klik tombol tutup (X) di kanan atas keyboard atau ikuti langkah di atas dengan memindahkan toogle ke opsi off. 

Cara Menampilkannya Secara Permanen

Perlu diketahui, kamu tidak bisa selalu menampilkan keyboard di layar secara permanen. Biasanya, keyboard akan tertutup saat kamu mematikan komputer.

Kendati demikian, kamu dapat menyematkannya ke menu Start yang ada di Windows. Jadi, kamu dapat mengaksesnya dengan lebih cepat dan mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik Mulai/Start.
  2. Klik Settings.
  3. Klik Ease of Access Center.
  4. Klik kanan Keyboard dan klik 'Pin to Start'.
  5. Jendela pop-up akan tampil untuk mengonfirmasi apakah kamu ingin menyematkan keyboard ke Start. Klik Ya.
  6. Logo On Screen Keyboard sekarang akan muncul saat kamu mengeklik tombol Start.
  7. Klik Keyboard untuk membawa kamu langsung ke menu Ease of Access Center.
  8. Alihkan opsi keyboard ke Aktif.

Selamat mencoba!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Task Manager di Windows Tak Mau Berhenti? Begini Cara Mengatasinya Cuma dengan Satu Tombol

Apakah kamu sering merasa kesulitan dengan aplikasi-aplikasi yang tiba-tiba bergerak di Task Manager Windows? Ternyata ada cara simpel untuk menghentikannya.

Jika kamu merasa terkejut karena kerap mengalami masalah ini tanpa menyadari adanya shortcut keyboard yang sangat berguna, berterima kasihlah pada Jen Gentleman.

Tips pause Task Manager ini datang dari Jen Gentleman, seorang anggota tim rekayasa Windows di Microsoft yang sering berbagi pintasan dan tips berguna untuk Windows.

Pertama, pastikan kamu telah membuka Task Manager Windows dengan menekan "Ctrl+Shift+Esc". Selanjutnya, dengan menahan tombol "Ctrl", kamu bisa dengan mudah memberhentikan pergerakan aplikasi di dalam Task Manager. 

Fitur ini berjalan baik pada seluruh versi Windows, sehingga membantu untuk mengatasi komputer dengan loading lama, atau bahkan menjadi solusi komputer macet.

Jika kamu biasanya mengandalkan Task Manager untuk mengakhiri aplikasi yang bermasalah, kamu mungkin tak perlu membukanya sama sekali dalam waktu dekat.

Microsoft tengah mengembangkan fitur baru Windows 11 dengan opsi "force quit" untuk menutup aplikasi tanpa harus melalui Task Manager--cukup dengan mengklik kanan pada ikon aplikasi di taskbar.

Namun, opsi menahan tombol "Ctrl" untuk menghentikan sementara Task Manager tetap berguna bagi mereka yang belum beralih ke Windows 11.

Microsoft juga membawakan fitur baru pada Windows 11. Sekarang, kamu bisa memutar "gear" pada aplikasi Notepad di Windows 11. Layaknya "fidget spinner" digital, fitur ini menjadi salah satu dari berbagai tambahan kecil namun menyenangkan di Windows 11.

Microsoft sejak lama telah menyisipkan hal-hal menarik seperti ini di dalam Windows. Bahkan di Windows 95, ada sebuah prompt tersembunyi yang baru ditemukan pada tahun 2021.

3 dari 4 halaman

Tak Pernah Diajarkan, Ini Kumpulan Tips Teknologi untuk Permudah Tugas Sehari-hari

Kehidupan modern ditandai dengan teknologi yang semakin canggih. Dari smartphone hingga komputer, teknologi telah merasuk dalam berbagai aspek aktivitas kita sehari-hari.

Namun, tidak semua orang tahu bagaimana mengoptimalkan teknologi ini untuk membuat hidup lebih efisien. Apakah kamu termasuk dalam kategori itu?

Dalam artikel ini, Tekno Liputan6.com akan berbagi 14 tips teknologi terbaru yang akan membantu kamu mengatasi berbagai permasalahan tekknologi sehari-hari.

Baik pemula dalam dunia teknologi atau sudah mahir, setidaknya tips yang Tekno Liputan6.com kutip dari USA Today ini akan membuat hidup kamu lebih mudah.

Timer Cepat di Google

Kamu memerlukan timer dengan cepat? Lakukan pencarian Google untuk "timer" dan akan muncul timer yang siap digunakan. Ada juga opsi stopwatch.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan panggilan "Ok Google, pasang timer" ketika sedang memasak atau sibuk dengan aktivitas lainnya.

Kirim Email dengan Benar

Ketika menulis email, jangan mengisi penerima email terlebih dahulu. Pastikan kamu memasukkan penerima setelah email kamu lengkap dan benar. Hal ini agar kamu dapat mengecek kembali isi email dan memasukkan penerima dengan benar.

Hindari Malware di PDF

Demi keamanan siber, setelah mengunduh file PDF secara online, perhatikan jenis penyimpanan file. Pastikan kamu menyimpan file dengan format .pdf. Karena jika nama file berakhir dengan .exe, hapus saja--kemungkinan besar file itu adalah malware.

4 dari 4 halaman

Tips Lainnya

Bisukan Panggilan

Kamu dapat dengan cepat membisukan panggilan masuk di smartphone dengan menekan tombol samping, tombol volume naik, atau tombol volume turun sekali saja. Tak perlu kamu membuka smartphone untuk mematikan nada dering.

Pintasan YouTube di Komputer

Pada YouTube web, ketuk tombol angka 0 hingga 9 untuk melompat ke persentase video tertentu. Tekan 5 untuk 50%, 8 untuk 80%, dan seterusnya. Selain itu, tekan J untuk mundur dan L untuk cepat maju. Tapi tekan K dulu untuk pause video.

Tandai Pesan atau Email yang Belum Dibaca

Jika kamu sering lupa membalas pesan atau email, tandai mereka sebagai belum dibaca. Kamu akan menemukan opsi ini di email atau percakapan kamu.

Kamu juga bisa berkata, "Hey Siri/Google, ingatkan saya untuk membuka email Rani pukul dua siang."

Gunakan Aplikasi Pengukur Jarak Bawaan untuk Merenovasi Rumah

Saat hendak menggantung bingkai foto, bukan mistar yang kamu butuhkan, cukup gunakan aplikasi pengukur bawaan di ponsel kamu. Di iPhone, buka aplikasi Pengukur. Ketuk "Level", lalu tempelkan iPhone kamu pada objek. Di Android, buka aplikasi Google dan cari "bubble level."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini