Sukses

Manfaatkan Peluang Bisnis, Begini Cara Lengkap Jualan Online di Shopee

Shopee, merupakan salah satu platform jual beli online pilihan masyarakat Indonesia dengan kunjungan lebih dari 150 juta pengguna tiap bulannya. Hal ini merupakan peluang bisnis yang besar bagi para pengusaha terutama penjual barang. Artikel ini dibuat untuk kamu yang ingin memulai jualan online melalui platform Shopee.

Liputan6.com, Jakarta - Platform e-commerce Shopee telah menduduki peringkat pertama sebagai layanan jual beli daring yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia.

Dilansir Populix, Sabtu (2/9/2023), Shopee menjadi pilihan dari 79 persen perempuan dan 55 persen laki-laki yang berbelanja online.

Sebagian besar dari pembeli mengaku, alasan mereka memilih sebuah platform adalah adanya promo diskon menarik yang ditawarkan oleh platform tersebut.

Sebagai salah satu bentuk dukungannya kepada pedagang lokal, Shopee menyebutkan dalam lama web mereka bahwa program kampanye promo sering diadakan pada periode waktu tertentu seperti tanggal kembar dan hari spesial.

Pada tiap tanggal 12 Desember misalnya, Shopee mengadakan kampanye "12.12 Birthday Sale" yang menggandeng ribuan pedagang lokal yang dapat menawarkan beragam promosi menarik kepada seluruh produk mereka yang telah disetujui oleh Shopee.

"Dengan berpartisipasi dalam kampanye, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dan berkesempatan untuk mengalami peningkatan transaksi penjualan secara signifikan. Pada 12.12 Birthday Sale tahun 2022 misalnya, performa penjualan selama periode kampanye mengalami peningkatan sebesar 4x lipat dibanding hari lain di bulan sebelumnya," tulis Shopee pada laman web resminya.

Pada tahun itu juga, "12.12 Birthday Sale" berhasil meningkatkan jumlah pesanan hingga 22 kali lipat pada puncak kampanyenya.

Setelah melihat bagaimana performa penjualan Shopee beserta kampanyenya, hal ini menjadikannya peluang bisnis yang besar bagi para penjual lokal.

Berikut Tekno Liputan6.com rangkumkan, cara mulai jualan online di Shopee khusus untuk kamu yang ingin memulai bisnis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mulai Berjualan

Tahapan untuk dapat memulai berjualan di Shopee dapat dilakukan langsung dari aplikasi Shopee itu sendiri, atau di situs web Shopee, dan juga melalui Seller Centre. Berikut cara mendaftar hingga menarik dana hasil penjualanmu.

1. Download aplikasi Shopee melalui Google Play Store atau App Store menggunakan smartphone Kamu, atau akses situs Shopee melalui https://shopee.co.id/ atau Seller Centre menggunakan komputer/laptop.

1. Selanjutnya, kamu dapat mendaftar akun Shopee melalui langkah-langkah ini.

Melalui Aplikasi Shopee

  1. Pilih "Daftar" pada pojok kanan atas.
  2. Masukkan nomor telepon Kamu dan ketuk lanjut.
  3. Selesaikan verifikasi dengan menuntaskan puzzle.
  4. Masukkan kode verifikasi (OTP) yang telah dikirimkan oleh pihak Shopee. Apabila Kamu tak mendapatkan kode verifikasi dari WhatsApp, cobalah untuk memilih opsi SMS atau Telepon.
  5. Buat kata sandi dan ketuk daftar.

Selain menggunnakan nomor telepon, Kamu juga dapat mendaftar akun Shopee menggunakan Google, Facebook, atau Apple.

Melalui Situs Shopee

  1. Pilih "Mulai Berjualan" pada bagian kiri atas.
  2. Masukkan nomor telepon Kamu atau gunakan Google dan Facebook untuk mendaftar.
  3. Pilih kirim kode OTP untuk opsi daftar menggunakan nomor telepon.
  4. Masukkan kode verifikasi OTP dan ketuk verifikasi.
  5. Buat kata sandi dan ketuk daftar.
  6. Pilih "Ke Seller Centre" untuk mulai berjualan. 

 

3 dari 4 halaman

Persiapan Penjualan

3. Setelah mendaftar, Kamu dapat melengkapi informasi penjual sesuai dengan permintaan Shopee.

Via Aplikasi Shopee

  1. Pilih "Mulai Jual".
  2. Pilih "Mulai Pendaftaran".
  3. Lengkapi informasi toko Kamu.
  4. Atur alamat dan jasa pengiriman.
  5. Ketuk lanjut.
  6. Masukkan informasi produk yang ingin dijual, lalu ketuk tampilkan.
  7. Ketuk kirim.

Via Seller Centre

  1. Pilih "Mulai Pendaftaran".
  2. Atur informasi toko Kamu, dan ketuk lanjut.
  3. Atur jasa pengiriman toko Kamu, ketuk kirim.
  4. Pengajuan toko Kamu telah berhasil.

4. Setelah membuka toko, Kamu dapat memasukkan produk yang ingin kamu jual sesuai dengan kategori yang disediakan Shopee.

5. Tambahkan rekening bank untuk menarik dana penghasilan dari saldo penjual yang otomatis diberikan setelah pesanan selesai.

Setelah mengikuti seluruh langkah ini, Kamu dapat merasakan sendiri berjualan di platform Shopee.

4 dari 4 halaman

Shopee Connect: Langkah Perkuat Sinergi antara Konten Kreator, Mitra Brand, dan Penjual

Sebagai bagian dari kemeriahan kampanye 9.9 Super Shopping Day, Shopee menghadirkan acara Shopee Connect yang ditujukan untuk para konten kreator, mitra brand, dan penjual. Acara tersebut mengangkat topik mengenai pentingnya kolaborasi dan sinergi dari seluruh pihak untuk bersama-sama meningkatkan daya saing dan peluang perkembangan bisnis.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna menungkapkan bahwa sebagai platform e-commerce, Shopee menjadi perpanjangan tangan antara penjual, pembeli, serta mitra brand untuk bertumbuh.

"Melihat antusiasme pengguna serta dampak positif dari program yang Shopee hadirkan, kami ingin memperkuat potensi kolaborasi yang lebih baik lagi bagi seluruh ekosistem, baik itu konten kreator, mitra brand serta penjual melalui acara Shopee Connect," ungkapnya.

Monica pun mengatakan bahwa di tengah era modern, masyarakat dikelilingi oleh berbagai kemudahan dan peluang yang dilahirkan oleh kemajuan teknologi. Dengan pesatnya perkembangan tersebut, adaptasi dan usaha untuk terus meningkatkan daya saing merupakan langkah penting untuk bertahan.

"Melihat pentingnya sinergi dan peran seluruh pihak, Shopee berharap ruang diskusi dan koneksi pada acara hari ini dapat menunjang perjalanan konten kreator, mitra brand serta penjual dalam memanfaatkan fitur kami, khususnya Shopee Affiliate Program dan Shopee Live," katanya.

"Sehingga tidak hanya meningkatkan potensi diri, tapi juga dapat mendukung kolaborasi antara konten kreator dengan mitra brand dan penjual untuk mengoptimalkan fitur yang dihadirkan guna mendapatkan peluang dan keuntungan lebih besar melalui konten-konten kreatif dan inspiratif," jelas Monica.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini