Sukses

Trik Sederhana Kosongkan Memori Smartphone, Pengguna Android dan iOS Wajib Tahu

Ini dia trik yang bisa kamu gunakan untuk mengosongkan memori penyimpanan di perangkat Android atau iPhone yang sudah terlalu penuh.

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna smartphone tentu sudah tidak asing dengan yang kondisi yang namanya "kehabisan ruang penyimpanan". Sesuai namanya, ini merupakan kondisi di mana memori perangkat tinggal menyisakan sedikit ruang. 

Kondisi ini bahkan kerap terjadi, sekalipun saat membeli smartphone baru sudah mempertimbangkan dan memilih perangkat dengan ruang penyimpanan yang besar, tetap saja semakin lama penggunaan, semakin berat pula penyimpanannya.

Berbagai aplikasi, game, foto, video, dan file-file penting yang tersimpan pada akhirnya dapat memperlambat performa perangkat. Karenanya, akan sangat mengganggu penggunaannya, seperti layar macet-macet atau aplikasi menjadi sulit dijalankan.

Dengan kasus seperti ini, pasti kalian akan berpikir kalau perangkat kalian rusak dan perlu segera ganti yang baru. Jangan terburu-buru! Simpan dulu uang kalian dan perhatikan tips-tips yang sudah dihimpun Tekno Liputan6.com.

Ini dia beberapa tips yang bisa dipraktikkan oleh para pengguna smartphone baik Android atau iOS untuk mengatasi ruang penyimpanan yang sudah penuh.

1. Copot aplikasi yang tidak digunakan

Salah satu faktor terbesar yang menyebabkan ruang penyimpanan kamu cepat penuh adalah aplikasi. Apalagi kalau kamu menginstal aplikasi-aplikasi dengan ukuran besar seperti game.

Untuk itu, menghapus aplikasi yang sekiranya tidak terlalu diperlukan atau jarang digunakan, bisa menjadi solusi mengosongkan penyimpanan kamu. Kamu juga dapat dengan mudah menemukan aplikasi-aplikasi ini melalui File Manager atau Google Play Store.

Jika kamu mencoba memaksimalkan ruang penyimpanan, kamu juga bisa memfilter aplikasi berdasarkan ukurannya. Dengan begitu akan lebih mudah untuk menghapus aplikasi mana yang sekiranya paling banyak menghabiskan ruang penyimpanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pakai Google Photos untuk Kosongkan Ruang Penyimpanan HP Android

2. Gunakan Google Photos untuk menghapus foto lokal

Dengan Google Photos, kamu tidak hanya bisa menyimpan, mencadangkan, dan mengedit foto-foto kamu. Kamu juga bisa mengosongkan ruang di smartphone jika dirasa penyimpanannya sudah mulai penuh.

Untuk mengosongkan ruang penyimpanan setelah mencadangkan foto-foto kamu, langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut.

  • Buka Google Photos.
  • Klik ikon profil di kanan atas.
  • Klik "Kosongkan Ruang" dari menu.
  • Klik untuk mengosongkan ruang setelah apliksai memeriksa semua yang telah dicadangkan.

Dengan cara ini, akan menghapus semua foto kamera di perangkat kamu. Namun, jangan khawatir, foto-foto tersebut tetap tersimpan dengan aman di cloud akun Google kamu.

3. Gunakan Google Files untuk mengosongkan ruang

Untuk tips yang satu ini, sebenarnya tergantung pada versi Android yang berjalan di perangkat kamu. Namun, tidak ada salahnya untuk memperhatikan tips yang satu ini.

Cara ini sangat mudah, kamu hanya perlu masuk ke Pengaturan telepon dan klik "Penyimpanan". Dengan begitu kamu dapat melihat daftar apa saja yang menghabiskan ruang penyimpanan kamu. Setelah itu, klik "Kosongkan Ruang".

3 dari 4 halaman

MicroSD jadi Salah Satu Solusi Memori Penuh di HP Android

4. Gunakan kartu MicroSD

Selain mencadangkan foto-foto di Google Photos atau file-file penting di Google Drive, kamu juga bisa menyimpan itu semua di kartu MicroSD.

Cara ini tidak kalah efektif dengan menggunakan bantuan Google. Dan pastinya, semakin besar ruang  penyimpanan kartu yang kamu gunakan, semakin besar pula kamu mengosongkan ruang penyimpanan internal di perangkat kamu.

5. Kembalikan ke setelan pabrik 

Tips ini jadi solusi paling akhir jika mengosongkan ruang penyimpanan sama sekali tidak membantu. Dengan melakukan ini, perangkat kamu akan kosong seperti saat pertama kali membelinya.

Namun, risikonya adalah kamu akan kehilangan semua file dan data pribadi di perangkat kamu. Maka dari itu, sangat penting untuk membuat cadangan apapun ke Google Drive atau penyimpanan awan lainnya.

4 dari 4 halaman

Kosongkan Ruang Penyimpanan iPhone dengan Cara Ini

Sementara bagi pengguna iPhone, caranya tidak jauh berbeda dari Android yang memiliki memori terbatas. Berikut ada pengaturan yang bisa kamu cuba untuk membantu menghapus berbagai lampiran dan mengosongkan ruang penyimpanan.

Untuk menghapus lampiran pesan, seperti foto; video; meme; atau GIF, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi Settings di iPhone kamu, kemudian ketuk 'General'.
  • Ketuk 'iPhone Storage' kemudian cari 'Messages'. Dengan begitu kamu akan melihat daftar yang mencakup percakapan, foto, video, GIF, stiker, dan lainnya.
  • Selanjutnya, kamu bisa memilih yang mana paling banyak mengahabiskan ruang penyimpanan. Setelah itu klik 'Edit' di sudut kanan atas.

Itu dia tips-tips yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi ruang penyimpanan berlebih. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.