Sukses

Tak Pernah Diajarkan, Ini Kumpulan Tips Teknologi untuk Permudah Tugas Sehari-hari

Banyak menghabiskan waktu di platform digital belum tentu mengetahui berbagai tips atau pintasan yang ada di dalamnya. Artikel ini dibuat untuk menyuguhkan tips dan pintasan teknologi yang cocok untuk tingkatan pengetahuan teknologi dari pemula hingga mahir.

Liputan6.com, Jakarta - Kehidupan modern ditandai dengan teknologi yang semakin canggih. Dari smartphone hingga komputer, teknologi telah merasuk dalam berbagai aspek aktivitas kita sehari-hari.

Namun, tidak semua orang tahu bagaimana mengoptimalkan teknologi ini untuk membuat hidup lebih efisien. Apakah kamu termasuk dalam kategori itu?

Dalam artikel ini, Tekno Liputan6.com akan berbagi 14 tips teknologi terbaru yang akan membantu kamu mengatasi berbagai permasalahan tekknologi sehari-hari.

Baik pemula dalam dunia teknologi atau sudah mahir, setidaknya tips yang Tekno Liputan6.com kutip dari USA Today ini akan membuat hidup kamu lebih mudah.

Timer Cepat di Google

Kamu memerlukan timer dengan cepat? Lakukan pencarian Google untuk "timer" dan akan muncul timer yang siap digunakan. Ada juga opsi stopwatch.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan panggilan "Ok Google, pasang timer" ketika sedang memasak atau sibuk dengan aktivitas lainnya.

Kirim Email dengan Benar

Ketika menulis email, jangan mengisi penerima email terlebih dahulu. Pastikan kamu memasukkan penerima setelah email kamu lengkap dan benar. Hal ini agar kamu dapat mengecek kembali isi email dan memasukkan penerima dengan benar.

Hindari Malware di PDF

Demi keamanan siber, setelah mengunduh file PDF secara online, perhatikan jenis penyimpanan file. Pastikan kamu menyimpan file dengan format .pdf. Karena jika nama file berakhir dengan .exe, hapus saja--kemungkinan besar file itu adalah malware.

Bisukan Panggilan

Kamu dapat dengan cepat membisukan panggilan masuk di smartphone dengan menekan tombol samping, tombol volume naik, atau tombol volume turun sekali saja. Tak perlu kamu membuka smartphone untuk mematikan nada dering.

Pintasan YouTube di Komputer

Pada YouTube web, ketuk tombol angka 0 hingga 9 untuk melompat ke persentase video tertentu. Tekan 5 untuk 50%, 8 untuk 80%, dan seterusnya. Selain itu, tekan J untuk mundur dan L untuk cepat maju. Tapi tekan K dulu untuk pause video.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tips Berikutnya

Tandai Pesan atau Email yang Belum Dibaca

Jika kamu sering lupa membalas pesan atau email, tandai mereka sebagai belum dibaca. Kamu akan menemukan opsi ini di email atau percakapan kamu.

Kamu juga bisa berkata, "Hey Siri/Google, ingatkan saya untuk membuka email Rani pukul dua siang."

Gunakan Aplikasi Pengukur Jarak Bawaan untuk Merenovasi Rumah

Saat hendak menggantung bingkai foto, bukan mistar yang kamu butuhkan, cukup gunakan aplikasi pengukur bawaan di ponsel kamu. Di iPhone, buka aplikasi Pengukur. Ketuk "Level", lalu tempelkan iPhone kamu pada objek. Di Android, buka aplikasi Google dan cari "bubble level."

Pencarian Teks Cepat di Pesan

Kamu tahu telah mengirim seseorang gambar, tetapi tidak bisa menemukannya. Di iPhone, buka Pesan, ketuk percakapan, lalu foto profil atau nama grup orang tersebut. Gulir ke Foto > Lihat Semua. Di Android, buka Pesan, lalu ketuk bilah pencarian di atas.

Ambil Foto Bergerak yang Sempurna

Jika kamu memiliki iPhone X atau sebelumnya, tekan dan tahan tombol rana untuk mengambil mode burst. Geser tombol shutter ke kiri jika kamu memiliki iPhone Xs atau lebih baru. Lepaskan jari kamu untuk berhenti.

Pilih foto terbaik dengan mengetuk Burst > Pilih > Selesai. Pada ponsel Android, tahan tombol rana kamera untuk mengaktifkan mode burst. 

3 dari 5 halaman

Tips Terakhir

Pintasan Tab di Browser

Navigasi cepat saat memiliki banyak tab terbuka. Tekan Ctrl + 1, 2, 3, dan seterusnya untuk pergi ke nomor tab tersebut. Pada Mac, tekan Command + nomor. Untuk berpindah antar tab, tekan Ctrl + Tab di Windows atau Cmd + Tab di Mac.

Jadwalkan Pengiriman Email

Jika kamu menulis email larut malam, jadwalkan untuk dikirim pada pagi hari ketika penerima kamu kemungkinan melihatnya. Di Gmail, klik panah di samping Kirim, lalu Jadwalkan pengiriman. Sebagian besar penyedia email memiliki opsi serupa.

Reset Pabrik Printer Lama

Sebelum kamu hendak menjual printer bekas, kamu perlu menghilangkan jejak dokumen telah dicetak selama bertahun-tahun.

Cabut kabel printer, cari tombol Reset di bagian belakang atau bawah. Sambil menekan Reset, hubungkan kembali kabelnya. Setelah lampu berhenti berkedip, semua data pribadi kamu telah dihapus.

Ubah Warna Tinta Printer

Jika tinta hitam habis, ubah warna menjadi #010101. Ini akan terlihat hitam, tetapi sebenarnya 99% abu-abu. Sambil melakukannya, perkecil ukuran font dan beralihlah ke Courier New atau Garamond. Mereka menggunakan tinta paling sedikit.

Refresh Cepat di Browser

Membersihkan cache di browser dapat memperbaiki masalah tampilan atau pengisian yang menjengkelkan.

Dengan browser terbuka, tekan Ctrl + Shift + R di Windows atau tahan tombol Shift + klik tombol Refresh di browser kamu (yang terlihat seperti ini - ⟳ - di samping bilah alamat).

 

4 dari 5 halaman

6 Tips Ampuh Ambil Foto Malam Hari Pakai Smartphone, Bikin Hasil Jepretan Jernih dan Ciamik

Sejumlah model smartphone flagship seperti Samsung Galaxy S23 Ultra, iPhone 14 Pro, hingga Google Pixel 7 Pro telah memiliki fitur Mode Malam atau Night Mode. Sesuai namanya, fitur ini dipakai untuk meningkatkan kualitas fotografi malam hari.

Biasanya, smartphone dengan mode ini memiliki kamera yang dapat mengambil gambar dengan eksposur panjang agar dapat menangkap lebih banyak cahaya untuk menghasilkan gambar yang lebih jernih.

Namun tidak hanya smartphone flagship, kamu sebenarnya juga bisa mengambil gambar yang mengagumkan di malam hari dengan mempraktikkan beberapa tips berikut ini.

Nah, seperti apa caranya, simak informasi lengkapnya berikut ini seperti dikutip dari CNET, Kamis (24/8/2023). 

Baca kelanjutannya di sini

5 dari 5 halaman

Infografis film dengan tema kehancuran bumi di masa depan (Triyasni/Liputan6.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini