Sukses

Samsung Bakal Rilis Galaxy Z FE, Usai Peluncuran Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6

Menurut bocoran, Samsung disebut akan meluncurkan Galaxy Z FE usai peluncuran Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 yang rilis tahun depan.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung telah memperkenalkan smartphone layar lipat terbarunya dalam gelaran Unpacked tahun ini. Perusahaan asal Korea Selatan itu resmi meluncurkan Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5.

Usai meluncurkan kedua smartphone tersebut, bocoran terbaru menyebut Samsung juga memiliki rencana untuk menghadirkan varian FE dari lini Galaxy Z. Seperti diketahui, FE atau yang dikenal sebagai Fan Edition merupakan varian yang lebih terjangkau dari lini flagship Samsung.

Saat ini, seri FE hanya hadir dari lini Galaxy S. Namun seperti dikutip dari GSM Arena, Rabu (23/8/2023), berdasarkan laporan leakster Revegnus, Samsung memiliki rencana untuk menghadirkannya varian FE untuk Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 yang rilis tahun depan.

Kendati demikian, smartphone layar lipat tersebut tidak akan diperkenalkan mendahului Galaxy Z Fold 6 atau Galaxy Z Flip 6. Rumor menyebut varian FE itu akan diluncurkan setelah Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 diluncurkan, meski belum diketahui jadwal pastinya.

Selain itu, Samsung juga disebut berencana untuk lebih konsisten untuk merilis lini Galaxy FE. Salah satunya adalah Galaxy S23 FE yang dikabarkan akan meluncur dalam waktu dekat.

Perlu diketahui, seri Samsung Galaxy FE yang terakhir kali diluncurkan adalah Galaxy S21 FE pada Januari 2022. Namun, perusahaan tidak merilis seri S22 FE ke pengguna setianya.

Samsung memang sempat dilaporkan berpikir dua kali untuk kembali merilis Galaxy S FE. Alasannya, ada informasi menyebut Galaxy S21 FE tidak diterima sebaik Galaxy S20 FE.

Penerimaan yang kurang baik itu disebut karena performanya yang dianggap kurang baik dan banderol harga yang lebih mahal dari pendahulunya. Hal itu pula yang membuat Samsung tidak merilis Galaxy S22 FE di tahun lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Samsung Rilis Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Fold 5 ke Indonesia Beserta Ekosistem Galaxy Watch 6 Series dan Tab S9 Series

Setelah menggelar Unpacked 2023 di Seoul, Korea Selatan, Samsung secara resmi meluncurkan smartphone layar lipat terbarunya Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 ke pasar Indonesia, di Jakarta, Selasa (15/8/2023).

President Samsung Electronics Indonesia Simon Lee mengatakan, kini dunia memiliki kemungkinan tanpa batas, perangkat layar lipat Samsung yang baru pun hadir dengan sejumlah peningkatan untuk mengekspresikan diri dan terhubung dengan ekosistem yang seamless.

Sebelumnya dikatakan, menjadi penerus generasi sebelumnya, kedua perangkat ini didesain Samsung dengan dengan sangat hati-hati untuk memenuhi ekspektasi konsumen akan durabilitasnya.

Kini, layar utama Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5 dilengkapi dengan struktur lapisan yang membuat lebih tahan terhadap guncangan dan bagian belakang yang telah didesain ulang untuk menciptakan layar yang lebih solid.

Perangkat layar lipat ini dilengkapi dukungan IPX8, rangka Armor Aluminum, dan Corning Gorilla Glass Victus 24 yang dipasang di Flex Window dan bagian belakang perangkat, Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 menawarkan perlindungan yang diharapkan pelanggan, lengkap dengan adanya Flex Hinge.

Engsel terintegrasi yang baru ini telah dilengkapi dengan struktur rel ganda yang mampu meredam benturan eksternal.

Adapun Galaxy Z Flip 5 hadir dalam dua opsi  memori: 

  • Galaxy Z Flip 5 8/512GB: Rp 17.999.000
  • Galaxy Z Flip 5 8/256GB: Rp 15.999.000

Sementara, Galaxy Z Fold 5 datang dengan tiga opsi memori yang dibanderol: 

  • Galaxy Z Fold 5 12/1TB: Rp 29.999.000
  • Galaxy Z Fold 5 12/512GB: Rp 26.999.000
  • Galaxy Z Fold 5 12/256GB: Rp 24.999.000

 

 

3 dari 4 halaman

Ekosistem Seamless Samsung Galaxy

Head of MX Business Samsung Electronics  Indonesia Lo Khing Seng mengatakan, para pengguna kini bisa mengekspresikan diri dengan Galaxy Z Flip 5 dan Fold 5 tersebut dengan aksesoris-aksesoris yang mendukungnya lewat ekosistem Samsung. 

Termasuk dengan menghubungkan Galaxy Z Flip 5 atau Fold 5 dengan Galaxy Tab S9 series. 

“Kami memberikan solusi ekosistem, mulai dari semua foto dan video yang diambil bisa di-drag and drop dengan S Pen, bisa bekerja di device secara syncronize. Selain itu (Galaxy Tab S9 series) mendukung aplikasi-aplikasi editing untuk membuat produktif  dalam desain dan konten. Pengalaman semakin nyaman dengan S Pen dan layar yang semakin luas,” katanya. 

Galaxy Z Flip 5 dan Fold 5 juga bisa dihubungkan dengan Galaxy Watch 6 Series. Salah satunya, kata Lo Khing Seng, adalah mengontrol foto selfie lewat jam pintar terbaru Samsung tersebut. 

Apalagi, Galaxy Watch 6 Series kini dilengkapi dengan fitur personalise heart rate zone dan banyak fitur kesehatan yang mampu meningkatan hidup sehat penggunanya. Salah satunya adalah fitur Advanced Sleep Coaching untuk membuat pola tidur yang seimbang. 

Di sisi lain, Galaxy Z Fold 5 dilengkapi Dynamic Amoled 2X membuat pengalaman di smartphone makin menyenangkan. Kedua smartphone juga menggunakan prosesor yang diklaim paling canggih saat ini yakni Snapdragon 8 Gen 2.

4 dari 4 halaman

Spesifikasi Galaxy Z Flip 5

Dari Samsung Galaxy Z Flip, peningkatan signifikan paling mencolok adalah layar depan atau cover screen, di mana kali ini, Galaxy Z Flip 5 membawa Flex Window yang jauh lebih besar ketimbang pendahulunya, dengan ukuran 3,4 inci Super AMOLED, serta mendukung refresh rate-nya 60Hz.

Perbedaan paling terlihat lainnya adalah tidak terlihatnya lagi celah saat ponsel dalam mode lipat, di mana Flex Hinge turun hingga 2mm sampai mencapai 15,1 mm, karena menggunakan sistem waterdrop.

Selain itu, layar depan Samsung Galaxy Z Flip5 yang lebih besar ini juga datang dengan fitur yang lebih kaya jika dibandingkan dengan pendahulunya, salah satunya adalah 11 widget yang bisa dipasang di cover screen-nya. Sementara untuk refresh rate-nya mencapai 60Hz.

Sementara untuk layar dalamnya, menggunakan layar Dynamic Amoled ukuran 6,7 inci FHD+ Dynamic AMOLED 2X dengan Adaptive Refresh Rate 120Hz. Perangkat ini menghadirkan lipatan yang lebih mulus. 

Di sektor kamera utama, Samsung juga menghadirkan kamera Ultrawide 12MP f2.2, bersama kamera wide 12MP f1.8 yang sudah mendukung fitur Optical Image Stabilization (OIS). Untuk kamera dalamnya menggunakan 10MP F2.2.

Seperti yang sudah-sudah pengguna juga dapat melakukan selfie menggunakan layar depan dengan ponsel tertutup.

Samsung kini menghadirkan fitur Dual Preview, sehingga pengguna bersama orang lain bisa mendapatkan hasil foto dan video yang oke dari mana pun. Fitur anyar lainnya adalah Flex Mode Panel yang telah ditingkatkan. 

Prosesor yang dipakai sendiri adalah Snapdragon 8 Gen 2 dengan kemampuan Multi Frame Processing. Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip5 lainnya, smartphone ini hadir dengan baterai 3.700 mAh dengan kemampuan fast charging 25W. Perangkat ini datang dengan One UI 5.1.1. 

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.