Sukses

Cara Mudah Cek Kesehatan Baterai Laptop dengan Windows Powershell

Windows Powershell ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengecek kesehatan baterai laptop. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara menggunkaannya.

Liputan6.com, Jakarta - Laptop merupakan salah satu perangkat elektronik yang banyak dan sering digunakan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan. Mulai dari pekerjaan yang berkaitan dengan catat-mencatat, editing, bahkan aktivitas lain seperti panggilan video, dan sebagainya.

Dengan banyaknya aktivitas yang harus dikerjakan dengan laptop, tentu saja ini berdampak pada daya tahan baterai yang cepat terkuras. Bahkan, bisa saja kesehatan baterai laptop menjadi terganggu karena seringnya penggunaan atau penggunaan berlebih.

Dengan demikian, memeriksa kesehatan baterai laptop menjadi sebuah keharusan bagi para pemilik atau pengguna laptop.

Lalu bagaimana caranya memeriksa kesehatan laptop kamu? Sebenarnya, kamu bisa memanfaatkan Windows PowerShell untuk melihat laporan data baterai laptop kamu.

Ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan. Berikut kami sajikan petunjuk dalam penggunaan Windows PowerShell untuk memeriksa kesehatan baterai laptop kamu.

Langkah 1

Untuk memulai pemeriksaan baterai, langkah pertama yang harus dilakukan adalah boot laptop kamu. Setelah itu buka administrative PowerShell session.

Selanjutnya, masukan perintah berikut ini.

  • C:
  • CD/
  • MD Reports
  • Powercfg/batteryreport/output c:/reports/Battery.html

Kemudian akan muncul beberapa perintah, di antaranya:

  • Perintah pertama, yang menyebabkan PowerShell beralih ke drive C:. Namun, perintah ini jarang diperlukan.
  • Perintah kedua, beralih ke folder root drive C:.
  • Perintah ketiga, membuat folder dengan nama 'Reports'.
  • Perintah keempat, menghasilkan laporan. Laporan PowerShell akan dibuat sebagai file HTML dengan nama Battery.html. Laporan akan disimpan di folder C:/Reports.

Itulah langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk memeriksa kesehatan baterai laptop kamu. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Langkah Selanjutnya, Buka Laporan Baterai PowerShell

Setelah selesai dengan langkah pertama, kamu dapat melihat laporan battery health laptop kamu segera. Hanya perlu beberapa detik untuk membuat laporan baterai laptop PowerShell.

Namun, bisa jadi setiap perangkat laptop membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk membuat laporannya, tergantung perangkat keras laptop yang kamu gunakan dan bagaimana riwayat penggunaannya.

Jika laporan telah selesai dibuat, kamu dapat membuka laporannya dengan memasukkan perintah berikut.

  • Invone-Expression
  • C:\Reports\Battery.html

Dengan perintah ini, maka laporan baterai akan dibuka di browser web bawaan milikmu.  Di dalam laporan tersebut kamu akan menemukan berbagai bagian laporan.

Hal pertama yang kamu lihat saat membuka laporan adalah ringkasan PC dan ringkasan baterai laptop. Meskipun hanya ringkasan sistem dan ringkasan baterai, tetapi ini menjadi standar laporan.

Apabila perangkat laptop kamu adalah perangkat Microsoft Surface Book 2, kamu akan melihat ada dua baterai yang tercantum.

Hal ini disebabkan karena perangkat tersebut dapat digunakan sebagai tablet. Sebab, baik pada bagian tablet maupun pada bagian keyboard, keduanya menyimpan baterai.

3 dari 4 halaman

Berbagai Informasi Tercatat dalam Laporan

Informasi selanjutnya yang akan kamu dapatkan dari laporan Windows PowerShell ini adalah status daya selama tiga hari terakhir.

Pada bagian ini memungkinkan kamu melihat setiap kali laptop berubah status dan apakah laptop berjalan dengan A/C atau baterai termasuk sisa kapasitasnya.

Tidak hanya menyajikan laporan kesehatan baterai kamu, laporan ini juga akan menampilkan riwayat penggunaan sistem. Riwayat penggunaan sistem mencakup seluruh masa pemakaian laptop kamu.

Mulai dari pertama kali kamu membeli dan menggunakan perangkat laptop kamu, active time dan connected standby time saat sistem kehabisan daya baterai termasuk saat mengisi daya baterai.

Laporan selanjutnya adalah laporan riwayat kapasitas baterai selama masa pakai laptop. Pada bagian bawah laporan, kamu dapat melihat perkiraan masa pakai baterai sistem saat ini sejak sistem operasi diinstal.

4 dari 4 halaman

Mengenal PowerShell, Hasil Perkembangan dari Microsoft

Powershell merupakan mesin otomatis yang berorientasi pada objek dan bahasa skrip dengan shell baris perintah interaktif.

Sistem ini dikembangkan oleh Microsoft dengan tujuan untuk membantu para IT profesional mengkonfigurasi sistem dan mengotomatiskan tugas administratif.

Powershell digunakan untuk menangani berbagai aktivitas dengan mengekstrak informasi tentang OS. Powershell provider adalah program yang membuat data tersimpan dalam penyimpanan data khusus yang dapat diakses hanya dengan melalui baris perintah.

Powershell juga berfungsi sebagai pengganti Comand Promp Microsoft, yang sebelumnya sudah tersedia sejak DOS. Bahkan Microsoft menjadikan PowerShell sebagai default command-line interface (CLI) pada Windows 10.

Powershell menawarkan CLI dengan bahasa skrip yang matang dan terperinci, yang memungkinkan pengguna dengan keterampilan pemrograman yang belum sempurna dapat menyusun serangkaian instruksi spesifik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.