Sukses

YouTuber MrBeast Saling Gugat dengan Pengelola Usaha Burger yang Pakai Namanya

YouTuber MrBeast terlibat aksi saling gugat dengan perusahaan pengguna merek MrBeast Burger untuk menjual burger, gara-gara produknya dinilai tidak bisa dimakan oleh konsumen.

Liputan6.com, Jakarta - YouTuber Jimmy Donaldson alias MrBeast, terlibat saling gugat dengan perusahaan makanan cepat saji yang menggunakan brand "MrBeast" yaitu MrBeast Burger.

MrBeast diketahui bermitra dengan Virtual Dining Concepts pada 2020, untuk menghadirkan usaha berkonsep "ghost kitchen."

Dengan konsep "dapur hantu" tersebut, mereka tidak memiliki etalase khusus, dan hanya memenuhi pesanan untuk pengiriman atau pengambilan. Meski begitu, MrBeast Burger juga tetap memiliki lokasi fisik.

Sejak tahun 2020, Donaldson menggunakan ketenarannya untuk mempromosikan lini makanan cepat sajinya itu. Pembukaan restoran Beast Burger di New Jersey juga sukses 10.000 orang yang berharap untuk mencoba makanan sang YouTuber, dengan Donaldson sendiri muncul untuk pembukaan dan mempromosikannya.

Hingga tahun lalu, 1.700 restoran di seluruh Amerika Serikat yang memenuhi pesanan MrBeast Burger.

Kejadian ini bermula saat pekan lalu, Donaldson, menggugat MrBeast Burger dengan menyebut perusahaan menyediakan makanan yang "tidak dapat dimakan" ke pelanggan.

Dalam gugatannya, mengutip The Verge, Rabu (9/8/2023), Jimmy Donaldson menulis Virtual Dining Concepts, lebih mementingkan perluasan lini makanan MrBeast daripada kontrol kualitas.

Selain itu, ia menyebut makanan yang dihadirkan secara konsisten cukup buruk sehingga merusak reputasinya sebagai MrBeast. Memang, banyak penggemar MrBeast yang mengulas menu di usaha itu dengan ulasan buruk.

"Akibatnya, MrBeast Burger dianggap sebagai cerminan yang menyesatkan dan buruk dari merek MrBeast yang menyediakan produk kualitas rendah ke pelanggan yang dikirim terlambat, dalam kemasan tak bermerek, gagal memasukkan pesanan, dan dalam beberapa kasus, tidak bisa dimakan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Digugat Balik Restoran MrBeast Burger

Donaldson pun meminta hakim untuk mengakhiri kemitraan bisnis sama sekali.

Kepada The Verge, VDC juga mengatakan, gugatan Donaldson "penuh dengan pernyataan palsu dan ketidakakuratan," serta mengatakan YouTuber itu baru-baru ini "berusaha menegosiasikan kesepakatan baru untuk melayani kepentingan moneternya sendiri."

Gugatan balasan pun dilayangkan ke MrBeast oleh Virtual Dining Concepts, yang menuding Donaldson dan perusahaan Beast Investments miliknya, gagal mematuhi kewajiban kontrak seperti melakukan promosi, dan mereka "merusak secara material" reputasinya.

Variety melaporkan, Virtual Dining Concepts juga menuntut ganti rugi lebih dari USD 100 juta.

Mengutip Engadget, dalam gugatan itu, juga dituliskan bahwa Donaldson membuat "komentar yang meremehkan" terhadap perusahaan dan MrBeast Burger.

"Kasus ini tentang seorang selebritas media sosial yang percaya ketenarannya berarti bahwa kata-katanya tidak penting, bahwa fakta tidak penting, dan bahwa dia dapat mengingkari dan melanggar kewajiban kontraknya tanpa konsekuensi," klaim balasan VDC. "Dia salah."

3 dari 4 halaman

MrBeast Jadi Orang Pertama dengan 1 Juta Followers di Threads

Sebelumnya, MrBeast memecahkan rekor sebagai orang pertama dengan 1 juta followers di jejaring sosial baru Meta, Threads, tak lama usai aplikasi tersebut dirilis.

Rekor tersebut juga diberikan oleh Guinness World Records, di mana tercatat, MrBeast meraup angka itu di jam 02:42 p.m. (BST) atau 9:42 a.m. (EST) pada 6 Juli 2023.

Secara teknis, akun MrBeast bukanlah yang pertama mencapai angka 1 juta followers Threads. Namun, jumlah itu diraih oleh akun organisasi seperti Instagram dan National Geographic, bukan individu.

"Shhhhh, jangan biarkan polisi Twitter tahu saya selingkuh dari mereka," kata MrBeast melalui Twitter, usai mengetahui rekor tersebut, seperti dikutip dari situs Guinness World Records, Jumat (7/7/2023).

Setelah itu, di bio Threads-nya, MrBeast juga menulis: "Future Threads CEO." Akunnya sendiri baru tiga kali mengunggah postingan saat ia dinobatkan untuk rekor tersebut.

"Saya merasa selingkuh dari Twitter saat menggunakan aplikasi ini 😅" seloroh MrBeast dalam unggahan lainnya.

 

4 dari 4 halaman

Lakukan Giveaway Tesla

Tak lama, MrBeast kembali melakukan aksi giveaway pertamanya di Threads, di mana kali ini yang akan ia berikan adalah mobil Tesla. Lucunya, Tesla adalah perusahaan Elon Musk, yang merupakan pemilik Twitter.

Rekor ini juga bukan yang pertama kali ditorehkan MrBeast di Guinness World Records.

YouTuber ini memegang rekor sebagai kontributor YouTube berpenghasilan tertinggi dengan USD 54 juta yang dilaporkan pada tahun 2021, serta subscribers terbanyak untuk pria individual di YouTube.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.