Sukses

Gianluigi Buffon Pensiun, Warganet Ogah Lupa Insiden Wasit Anulir Gol Muntari di 2012

Kiper legenda Juventus Gianluigi Buffon memutuskan pensiun di usia 45 tahun. Selain ucapan terima kasih, ternyata masih ada banyak warganet yang enggan melupakan insiden wasit menganulir gol Muntari ke gawang Buffon.

 

Liputan6.com, Jakarta Kiper legenda Juventus Gianluigi Buffon memutuskan untuk pensiun dari sepak bola profesional.

Kiper yang juga membela timnas Italia ini pensiun di usianya yang ke-45 tahun, sebuah karier panjang untuk pemain top Eropa.

Buffon tercatat menghabiskan 19 tahunnya berkarier membela Juventus. Ia pernah membela Parma dalam dua musim terakhir, namun kini memilih untuk menggantungkan sarung tangannya.

Reaksi fans dan warganet pun beragam menyambut keputusan Gianluigi Buffon pensiun. Pria yang menghabiskan 19 tahunnya.

Ada warganet yang mengucapkan selamat pensiun pada sang kiper legendaris. Ada pula yang menyebut Buffon merupakan salah satu kiper terbaik di masanya. Warganet lain berkata bahwa momen Buffon bersama Timnas Italia berhasil memenangkan Piala Dunia 2006.

Namun dari itu semua, tidak sedikit juga yang justru mengingat insiden dianulirnya gol Muntari yang masuk ke gawang Buffon, oleh wasit.

Akun Twitter @Box2BoxBola mengumumkan rencana pensiun Buffon dan menanyakan momen apa yang warganet paling ingat dari karier Buffon.

Dua di antara warganet menyebut, momen sundulan Muntari ke gawang Buffon adalah momen yang paling mereka ingat.

"Momen sundulan Muntari ke gawang Buffon," kata akun @pra***.

"Buffon vs Muntari," kata akun @zac***.

Ada juga warganet yang mengucapkan selamat pensiun ke Buffon.

"Happy retirement Gigi Buffon, seneng bisa liat anda di masa emas, walaupun enggak pernah angkat trofi UCL sebanyak goat Ronaldo, tapi Anda punya trofi pildun. Dan jangan pernah akui gol Muntari, nggak penting capt!" kata pengguna dengan akun @abd***.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Respek dengan Buffon, Kecuali Momen Dianulirnya Gol Muntari

Warganet lain menyebut, Buffon pensiun tetapi Muntari jadi bahan pembicaraan di kalangan pecinta bola. "Yang pensiun Buffon tapi yg trending Muntari," kata @new***.

"Respek sama Buffon, sampai saat di mana kejadian gol Muntari," tulis @myn***.

"Akhirnya Buffon pensiun. Kutukan Muntari selesai juga, tapi juve juara Champions tetap ga bisa dalam waktu dekat," tulis akun @obr***.

"Selamat menjalani masa pensiun sebagai pemain sepakbola, Gigi Buffon. Kekesalan gol Muntari yang dianulir berakhir hari ini. Mudah-mudahan suatu saat Buffon mengakui itu sebagai sebuah kekeliruan pengadil lapangan. Grazie Gigi," tulis @el_***.

"Bye Buffon, sayang sekali belum UCL ya, kualat sama Muntari sih, good luck four your future legend," kata @gow***.

"Momen Buffon nepis bola Muntari yang sudah masuk ke gawang tapi ngga ngakuin itu gol dan disumpahin sepanjang karier doi dan jupeh ga bakal juara liga champions lagi," kata @dan***.

3 dari 4 halaman

Kutukan Muntari di Karier Buffon

Momen gol Sulley Muntari yang dianulir oleh wasit Italia Paolo Tagliavento, mungkin jadi momen yang tidak pernah pernah dilupakan oleh warganet meski sudah berlangsung belasan tahun lalu.

Mengutip Bola.net, pada Februari 2012 lalu, Juventus berjumpa AC Milan pada laga yang sangat menentukan perebutan gelar scudetto Serie A. Sulley Muntari sempat merasa sundulannya masuk ke gawang, tetapi digagalkan Buffon.

Dalam banyak versi tayangan ulang, bola memang melewati garis gawang. Tetapi, wasit tidak mengesahkan gol tersebut. Boffon pun tidak pernah mengakui momen itu sebagai sebuah gol yang dicetak Muntari.

4 dari 4 halaman

Buffon Putuskan Pensiun

Kabar pensiunnya Buffon pertama kali disampaikan oleh jurnalis spesialis transfer top Eropa, Fabrizio Romano. Melalui akun resmi Twitter-nya, Romano menegaskan bahwa Buffon akan mengumumkan keputusannya beberapa hari ke depan.

Menurut laporan Romano, Buffon telah memutuskan untuk pensiun sebagai pemain sepak bola profesional. Pengumuman resmi keputusan Buffon akan dibuat beberapa hari ke depan.

"Buffon, 45 tahun, bermain untuk Parma musim lalu. Salah satu kiper terbaik sepanjang sejarah sepak bola akan pensiun," tulis Romano.

Kabar ini sebenarnya tidak begitu mengejutkan. Pada bulan Maret 2023 lalu, dalam sebuah sesi wawancara dengan Tutto Mercato, Buffon mengaku bahwa dia memang sudah mempertimbangkan kemungkinan pensiun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.