Sukses

Samsung Galaxy S23 FE Bakal Punya Kamera Selfie Kelas Flagship dengan Dual Pixel Autofocus

Keunggulan Samsung Galaxy S23 FE yang akan datang disebut-sebut menawarkan fitur-fitur kelas atas. Samsung berencana untuk mengemas Galaxy S23 FE dengan kamera selfie kelas flagship.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung mengonfirmasi akan segera meluncurkan Galaxy S23 FE. Sebagai informasi, FE adalah singkatan dari Fan Edition, yang pada dasarnya merupakan perangkat khusus untuk penggemar berat Samsung, dengan harga lebih terjangkau.

Keunggulan FE terbaru yang akan datang disebut-sebut menawarkan fitur-fitur kelas atas. Samsung berencana untuk mengemas Galaxy S23 FE dengan kamera selfie kelas flagship.

Selain itu, sebagaimana dikutip dari Gizchina, Kamis (3/8/2023), smartphone ini juga menawarkan konfigurasi kamera belakang yang menjanjikan.

Sebelumnya, beberapa highlight utama dari Samsung Galaxy S23 FE sempat mengemuka. Salah satu peningkatan paling menarik adalah kamera utama dengan sensor 50MP yang sama dengan Samsung Galaxy S22 dan Galaxy S22+.

Tahun ini, Samsung telah meningkatkan S23 Ultra dengan sensor 200MP. Namun, S23 dan S23+ masih memiliki sensor 50MP yang sama dengan jajaran S22.

Faktanya, sensor kamera 50MP mampu menghasilkan foto berkualitas yang detail dan natural. Jadi, kamu tidak akan kecewa dengan performa kamera belakang Galaxy S23 FE.

Namun, Galaxy S23 FE akan mengusung kamera telefoto 8MP yang sama seperti Galaxy S20 FE dan S21 FE. Oleh karena itu, tidak ada peningkatan dari sisi pembesaran lensa.

Ponsel juga akan menyuguhkan kamera selfie 10MP, bukan sensor 32MP yang ditemukan di Galaxy S21 FE dan S20 FE. Meskipun hitungan megapiksel lebih rendah dari sisi sensor, namun menawarkan opsi yang lebih baik. Jadi, foto selfie di S23 FE akan lebih tajam.

Selain itu, sensor 10MP yang tertanam mengadopsi teknologi Dual Pixel Autofocus dengan kinerja fokus yang sangat cepat dan akurat pada hampir setiap kondisi pencahayaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Spesifikasi Kunci Galaxy S23 FE Terungkap, Samsung Siapkan 2 Model

Bocoran terbaru mengenai Samsung Galaxy S23 FE kembali terungkap. Kali ini, bocoran diketahui dari situs benchmarking Geekbench.

Mengutip informasi dari Gadgets 360, Selasa (18/7/2023), berdasarkan laporan terbaru, Samsung diketahui tengah menyiapkan dua model Galaxy S23 FE. Satu model menggunakan chipset Exynos, sedangkan model lain menggunakan chipset Snapdragon.

Untuk varian Exynos, Samsung disebut akan mempersenjatai smartphone ini dengan Exynos 2200. Sementara untuk varian Snapdragon, Samsung akan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 1 atau Snapdragon 8+ Gen 1.

Adapun perbedaan dari kedua varian itu akan terletak di wilayah pemasaran. Varian Exynos akan dirilis untuk pasar global, sedangkan varian Snapdragon ditujukan untuk pasar Amerika Utara, seperti Amerika Serikat atau Kanada.

Kendati demikian, laporan ini belum dapat dipastikan kebenarannya. Sebab, laporan sebelumnya menyebut Samsung akan menggunakan Exynos 2200 untuk semua model Galaxy S23 FE.

Menurut sumber yang mengetahui hal ini, keputusan tersebut diambil untuk mengurangi stok Exynos 2200 yang disebut masih sangat banyak. Perlu diketahui, Exynos 2200 merupakan chipset yang dipakai Galaxy S22.

Sebelumnya, informasi soal HP Samsung ini juga sempat diketahui dari situs badan sertifikasi Tiongkok 3C. Dari informasi tersebut, Samsung Galaxy S23 FE dilaporkan memiliki kode nama SM-S7110.

Berdasarkan situs tersebut, smartphone ini akan mendukung fast charging 25W, mirip dengan laporan yang sudah diungkap sebelumnya. Rencananya, HP Samsung ini akan diperkenalkan pada kuartal keempat 2023.

3 dari 5 halaman

Bocoran Soal Spesifikasi Lain dari Samsung Galaxy S23 FE

Bocoran lain menyebut smartphone ini akan memiliki layar AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi FHD+ dan refresh rate 120Hz. Untuk dapur pacu, smartphone ini akan dipersenjatai RAM 6GB/8GB dengan ROM 128GB/256GB.

Lalu dari bocoran lainnya, perangkat ini disebut akan memiliki baterai berkapasitas 4.500mAh. Urusan fotografi, Galaxy S23 FE disebut akan memiliki lensa utama 50MP.

Sebelumnya, bocoran soal render smartphone ini juga diungkap oleh OnLeaks. Berdasarkan render tersebut, Galaxy S23 FE ternyata mirip dengan desain smartphone terbaru Samsung yakni Galaxy A54.

Dimensi smartphone ini juga disebut tidak jauh berbeda. Smartphone ini memiliki ukuran 158x76.3x8.2mm, dengan dengan desain layar punch-hole dan memiliki tiga kamera belakang. 

4 dari 5 halaman

Lini Samsung Galaxy FE yang Sempat Absen

Perlu diketahui, seri Samsung Galaxy FE yang terakhir kali diluncurkan adalah Galaxy S21 FE pada Januari 2022. Namun, perusahaan tidak merilis seri berikutnya S22 FE ke pengguna setianya.

Sementara untuk Galaxy S23 FE sendiri sempat dikabarkan bakal dirilis, tetapi beberapa saat kemudian sejumlah pembocor informasi dengan akurasi tinggi mengatakan Galaxy S23 FE tidak akan meluncur tahun ini.

Sayangnya, tidak dapat diketahui secara pasti apakah hal tersebut menandakan Samsung tidak akan melanjutkan seri FE selama-lamanya atau sebatas sementara saja.

Kabar terkini, SamMobile mengklaim Samsung Galaxy S23 FE bakal diluncurkan pada Q4 2023 atau dikisaran bulan Oktober dan Desember 2023.

Menurut situs berita tersebut, HP Android Galaxy S23 FE menggunakan kode model SM-S711x, sejalan dengan model flagship seri-S Samsung baru-baru ini.

Samsung sendiri memang disebut tengah berpikir dua kali untuk kembali merilis Galaxy S FE. Alasannya, ada informasi yang menyebut Galaxy S21 FE tidak diterima sebaik Galaxy S20 FE.

Penerimaan yang kurang baik itu disebut karena performanya yang dianggap kurang baik dan banderol harga yang lebih mahal dari pendahulunya. Hal itu pula yang membuat Samsung tidak merilis Galaxy S22 FE di tahun lalu.

5 dari 5 halaman

Infografis Ponsel Black Market Diblokir via IMEI. (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini