Sukses

Evolusi Logo Twitter: Dari Burung Biru Ikonik hingga X ala Elon Musk

Kita akan membahas sedikit tentang evolusi logo Twitter dari burung biru ikonik hingga X ala Elon Musk, pemilik baru dari platform media sosial tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Elon Musk, selaku pemilik dari Twitter baru-baru ini melakukan perubahan besar-besaran terhadap platform media sosial miliknya tersebut.

Setelah mengganti nama perusahaan Twitter menjadi X Corp, Elon Musk juga mengganti burung biru ikonik logo Twitter dengan huruf X berwarna putih dan latar belakang hitam.

Diawali dari browser, kini logo dan nama Twitter di toko aplikasi Google Play Store dan Apple Play Store pun sudah hilang. Pengguna akan diarahkan ke laman aplikasi Twitter yang kini bernama X.

Dalam sebuah cuitan di akun resminya, Elon Musk mengungkapkan alasan di balik rebranding Twitter menjadi X.

Menurutnya, perubahan ini bertujuan untuk memperbarui citra brand Twitter dan mengikuti perkembangan zaman.

“X adalah simbol dari masa depan cerah dan berani. X juga melambangkan eksplorasi, eksperimen, dan ekspresi. Kami ingin memberikan pengalaman yang lebih baik dan lebih modern bagi pengguna kami,” tulis Elon Musk.

Namun, sebelum menjadi X seperti sekarang ini, logo Twitter telah mengalami beberapa kali perubahan sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2006.

Berikut adalah evolusi logo Twitter dari masa ke masa:

Logo Twitter dari Masa ke Masa

2005-2006

<p>Logo Twitter pada 2005-2006. (Doc: Logos World)</p>

Awalnya, platform media sosial ini seharusnya disebut sebagai twttr. Co-founder Twitter, Biz Stone, mengaku telah membuat beberapa variasi logo twttr.

Walau tidak pernah dirilis resmi, salah satu versi logo awal Twitter memiliki tampilan tulisan hijau "twttr” dihiasi dengan tetesan embun.

Logo ini menjadi prototipe atau kerangka untuk perusahaan membuat logo pertama Twitter secara resmi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2006-2010

<p>Logo Twitter pada 2006-2010 dengan memperkenalkan kata dan warna biru ikonik. (Doc: Logos World)</p>

Logo pertama Twitter memberikan penghormatan terhadap logo awal sebelum layanan media sosial ini diluncurkan.

Dibuat oleh Linda Gavin, ternyata logo Twitter ini hanya dibuat dalam kurun waktu satu hari sebelum peluncuran, sebagaimana dikutip dari Logo My Way.

Terlihat sederhana, logo ini hanya bertuliskan kata Twitter dengan font huruf bulat nan unik, dan tidak menggunakan kapital besar.

Dengan warna biru langit hampir identik dengan Twitter, logo ini bertahan empat tahun sebelum pengguna diperkenalkan dengan si burung biru.

2010-2012

<p>Logo Twitter pada 2010-2012 menggunakan font dan warna sama, hanya saja ditambahkan gambar burung di bagian sampingnya. (Doc: Logos World)</p>

Menggunakan font sama dengan logo sebelumnya, perusahaan menambahkan sebuah gambar burung biru yang dirancang oleh Biz Stone dan Philip Pascuzzo.

Seperti logo ikonik Twitter sebelum diubah menjadi "X" oleh Elon Musk, gambar burung biru tersebut memiliki sayap, mata putih besar, dan ekor tajam.

 

3 dari 4 halaman

2012-2023

Logo Twitter (about.twitter.com)

Pada 2012, tim manajemen Twitter saat itu merasa logo perusahaan butuh hal baru. Karena sudah terkenal di dunia, perusahaan merasa mereka tidak membutuhkan lagi nama Twitter di logo mereka.

Martin Grasser selaku sang ilustrator membuat setidaknya seribu burung sebelum mencapai proporsi sempurna. Setelah itu, dia memperlihatkan 24 sketsa siap pakai kepada Jack Dorsey.

Tanpa ragu, Dorsey memilih opsi 5CS. Grasser mengatakan, ilustrasi tersebut dibentuk dari 15 lingkaran yang ditumpangkan berlapis-lapis.

Karena itu, lekukan paruh, kepala, sayap, dan dada memiliki bentuk yang sempurna. Apalagi rasio lingkaran besar dan kecil mendekati rasio emas.

Burung itu diarahkan ke atas, yang merupakan simbol harapan, kebebasan, perkembangan, dan kemungkinan tanpa batas. Lingkaran yang dibuatnya berarti hubungan ide dan minat orang yang berbeda.

Setelah itu, Dorsey dkk memberikan nama "Larry the Bird" berdasarkan sosok pebasket NBA Boston Celtics terkenal saat itu, yaitu Larry Bird.

 

4 dari 4 halaman

2023-sekarang

<p>Logo Twitter di bawah pimpinan Elon Musk. (Doc: Punch Newspaper)</p>

Logo Twitter akhirnya berubah untuk kelima kalinya setelah perusahaan media sosial itu dibeli oleh Elon Musk. Usai mengubah nama perusahaan Twitter Corp menjadi X Corp, bos Tesla itu merubah logo burung biru ikonik Twitter dengan huruf "X".

Tampil menggunakan warna putih dan latar belakang hitam, logo baru ini merupakan hasil dari rebranding Twitter menjadi X oleh Elon Musk. Logo ini melambangkan masa depan, eksplorasi, eksperimen, dan ekspresi.

(Ysl/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini