Sukses

Sony Ungkap Berhasil Jual 40 Juta Unit PS5 di Seluruh Dunia, Pastikan Stok Mulai Normal

Dalam laporan terbaru, Sony mengungkap telah berhasil menjual 40 juta unit PS5 di seluruh dunia setelah sebelumnya mencatatkan penjualan 25 juta unit di akhir tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Sony mengumumkan capaian baru dalam hal penjualan PS5. Perusahaan asal Jepang itu mengungkapkan konsol terbaru besutannya itu sudah terjual lebih dari 40 juta unit di seluruh dunia per 16 Juli 2023.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Minggu (30/7/2023), capaian ini diperoleh setelah sebelumnya Sony mengumumkan berhasil menjual 25 juta unit PS5 pada akhir September 2022. Dengan kata lain, dalam waktu 9 bulan, ada tambahan sekitar 15 juta unit yang berhasil terjual hingga saat ini.

Melalui blog perusahaan, President & CEO Sony Interactive Entertainment Jim Ryan mengucapkan terima kasih pada komunitas gamer Sony atas capaian ini. Meski ia mengakui, di awal perilisannya, Sony mengalami kendala soal stok PS5 karena permasalahan chain supply akibat pandemi Covid-19.

Kendati demikian, Jim memastikan saat ini stok PS5 sudah kembali normal. Karenanya, Sony saat ini merasa sudah bisa memenuhi permintaan konsumen atas PS5.

Lebih lanjut ia menuturkan, sekarang sudah ada lebih dari 2.500 judul game yang tersedia di PS5, termasuk beberapa judul luar biasa yang baru diluncurkan dalam beberapa bulan terakhir, seperti Final Fantasy XVI, Diablo IV, dan Street Fighter 6.

Melalui unggahan tersebut, ia juga membagikan daftar 40 game teratas hasil pilihan PlayStation Community. Beberapa di antaranya adalah Call of Duty: Modern Warfare II, Dead Space, Elden Ring, God of War: Ragnarok, serta The Last of US Part I.

Di sisi lain, Sony terus memperluas ekosistem PlayStation 5. Sebagai contoh pada Mei 2023, Sony memperkenalkan kontroler PS5 Access dari Project Leonardo.

Kontroler ini memiliki beberapa fitur kustomisasi, sehingga dapat dipakai para gamer yang memiliki disabilitas. Senior Vice President Platform Experience SIE Hideaki Nishino menuturkan, Access dirancang untuk membantu gamer disabilitas agar bisa bermain dengan lebih mudah, nyaman, dan dalam waktu lama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sony Umumkan Access, Controller PS5 Buat Para Gamer Disabilitas

Mengutip blog resmi PlayStation, Senin (22/5/2023), Access menyertakan berbagai tombol dan stick caps, yang bisa ditukar-tukar, sehingga pemain bisa lebih bebas membuat tata letak yang sesuai dengan fisik mereka.

Selain itu, pemain dapat menggunakan Access di permukaan datar, mengarahkannya 360 derajat, atau dengan mudah mengamankannya ke dudukan AMPS atau tripod. Gamer juga bisa mengatur jarak stik analog dari controller.

Gamer PlayStation 5 pun dapat mengintegrasikan sakelar, tombol, atau stik analog khusus mereka sendiri melalui empat port AUX 3,5 mm.

Selain itu dikutip dari The Verge, Sony juga membuat User Interface (UI) khusus untuk controller ini di konsol PS5, yang menampilkan kontrol atas pemetaan dan profil tombol, serta opsi virtual controller.

"Pada konsol PS5, pemain dapat memilih orientasi yang mereka sukai untuk Access controller, memetakan input yang berbeda ke berbagai tombol, mengaktifkan atau menonaktifkan tombol, atau memetakan dua input berbeda ke tombol yang sama," jelas Hideaki.

3 dari 4 halaman

Sony Rilis PS5 Edisi Khusus Marvel's Spider-Man 2, Desain Terinspirasi dari Symbiote

Lalu sebelumnya, pada acara San Diego Comic-Con, Insomniac dan Sony PlayStation mengumumkan edisi spesial terbatas Marvel's Spider-Man 2 dari konsol game mereka PlayStation 5 atau PS5.

Desain cover dari konsol PS5 ini, beserta wireless controller-nya, akan hadir dalam nuansa yang terinspirasi Symbiote dalam gim Marvel's Spider-Man 2.

Andrea Perez Senior Vice President, Brand, Product & Services Marketing, PlayStation mengatakan, ancaman Venom dan symbiote akan jadi tantangan berat yang dihadapi oleh dua Spider-Man di game nanti.

Jacinda Chew, Senior Art Director, Insomniac Games menyebut, desainnya terinspirasi Symbiote dalam game, yang mengambil alih konsol dan controller, namun masih ada beberapa warna merah di sana.

"Ini mewakili berbagai cara pemain akan mengalami pengambil alihan symbiote di Marvel's Spider-Man 2," kata Chew, seperti mengutip blog resmi PlayStation, Minggu (23/7/2023).

Konsol PS5 edisi terbatas ini akan dijual secara bundling, sudah mencakup wireless controller DualSense, serta voucher untuk digital copy dari Marvel's Spider-Man 2 Standard Edition.

4 dari 4 halaman

Hadirkan Cover PS5 Bertema Marvel's Spider-Man 2

Sementara buat mereka yang sudah punya PS5, Sony menawarkan pembelian cover untuk konsol PS5 Marvel's Spider-Man 2 edisi terbatas, serta cover untuk PS5 Digital Edition.

Sony juga bakal menjual DualSense Wireless Controller edisi khusus Marvel's Spider-Man 2 ini secara terpisah, untuk mereka yang sudah punya perangkat PS5 sebelumnya.

Pre-order untuk konsol PS5 edisi terbatas ini dilakukan mulai 28 Juli untuk Amerika Serikat, Britania Raya, Prancis, Jerman, Belgia, Luksemburg, Belanda, Italia, Spanyol, Australia, dan Portugal.

Sony menyebut, konsol PS5 edisi Spider-Man ini juga akan dirilis ke sejumlah negara dalam jumlah terbatas di retailer pilihan. Belum diketahui apakah mereka akan dijual di Indonesia atau tidak.

Sementara, seluruh produk tadi baru akan tersedia pada 1 September 2023, jelang peluncuran resmi dari game Marvel's Spider-Man 2.

Sementara, voucher untuk versi digital Marvel's Spider-Man 2 yang didapat bagi mereka yang membeli PS5 bundling, baru akan bisa ditebus saat peluncuran game tersebut pada tanggal 20 Oktober 2023.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini