Sukses

Twitter Resmi Ubah Logo Burung Biru Ikonik ke X di Browser, Aplikasi versi Mobile Belum Berubah

Twitter resmi mengubah logo burung biru ikoniknya dengan huruf X di browser, sesuai dengan rencana Elon Musk. Namun, aplikasi versi mobile belum mengalami perubahan yang sama.

Liputan6.com, Jakarta - Sesuai janji, Elon Musk akhirnya mengganti burung biru ikonik Twitter dengan logo baru platform media sosial tersebut itu, yakni huruf "X".

Kini, Anda tidak lagi menemukan logo burung biru ikonik bernama Larry di bagian kiri atas platform media sosial saat masuk ke twitter.com via browser di PC atau laptop.

Sebagai gantinya, perusahaan hanya menampilkan logo baru Twitter yang diumumkan oleh Elon Musk pada hari ini, yaitu X. Pengunjung juga akan mendapati logo "X" ditengah layar ketika masuk ke platform.

Selain dari kedua hal tersebut, tidak banyak hal berubah dari tampilan Twitter versi browser ini. Lalu bagaimana dengan aplikasi media sosial itu di perangkat mobile, seperti, HP Android, iOS, atau iPadOS?

Hingga berita ini ditulis, tim Tekno Liputan6.com masih belum mendapati ada perubahan dari ikon aplikasi Twitter di Google Play Store dan Apple App Store.

Belum diketahui secara pasti kapan aplikasi Twitter di perangkat Google dan Apple ini ikutan berubah ikonnya, namun sejumlah pengguna mobile menyebutkan tampilan aplikasi milik perusahaan Elon Musk ini sudah tidak memakai burung biru ikonik lagi.

Diperkirakan, pembaruan ini belum terjadi secara merata ke seluruh pengguna Twitter di berbagai negara dan perangkat yang digunakan.

Karena itu, ada baiknya Anda bersabar dan tidak perlu khawatir kenapa tampilan Twitter di browser atau aplikasi di perangkat mobile belum menampilkan logo X ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Elon Musk Ubah Foto Profil Twitter dengan Logo X: Beginilah Tampilannya

<p>Elon Musk Ubah Foto Profil Twitter dengan Logo X, Begini Tampilannya. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Sebelumnya, Elon Musk baru saja meng-update foto profil Twitter-nya, sekaligus memperlihatkan logo baru platform media sosial barunya tersebut.

Hanya menampilkan huruf "X", logo baru Twitter ini tampil dengan tulisan berwarna putih dan latar belakang hitam.

"X ada di sini! Ayo lakukan ini," bunyi cuitan Linda Yaccarino, selaku CEO Twitter, Senin pagi (24/7/2023) waktu setempat.

Selain mengubah foto profil dengan logo baru Twitter, Elon Musk juga menambahkan "X.com" ke bio akun media sosial pribadi miliknya.

Perubahan foto profil ini menjadi bukti dirinya memang serius untuk me-rebranding Twitter, dan menghapus logo burung biru ikonik bernama Larry tersebut.

Berdasarkan beberapa laporan yang beredar saat ini, bos Tesla dan SpaceX ini memang berencana untuk membuat aplikasi super atau super app bernama "X".

Sehari sebelumnya, miliarder tersebut mengatakan dia ingin mengubah logo Twitter dengan men-tweet, "Kita akan segera mengucapkan selamat tinggal pada merek Twitter dan , secara bertahap, semua burung."

Elon pun mengunggah sejumlah cuitan di akun Twitter-nya dengan mengatakan, "Jika logo X cukup bagus diunggah malam ini, kami akan menayangkannya di seluruh dunia besok.”

Dalam sesi Twitter Space, Elon mengatakan "Ya" ketika dirinya ditanya apakah logo ikonik burung biru Twitter juga akan diubah.

“Ya, kami memotong logo Twitter dari gedung dengan obor las,” katanya, sebagaimana dikutip dari NBC News, Senin (24/7/2023).

 

3 dari 4 halaman

Perubahan Branding ke "X" akan Memperkenalan Poros Utama Baru Twitter

Pejalan kaki melintas di depan Kantor Pusat Twitter di San Francisco, California pada 4 November 2022. Setengah dari 7.500 karyawan Twitter diberhentikan pada 4 November, sebuah dokumen internal menunjukkan, ketika pemilik baru Elon Musk memulai perombakan besar-besaran dari perusahaan yang bermasalah. (AFP/Samantha Laurey)

Pada Minggu sore, alamat web X.com, domain dikembalikan ke Elon pada 2017 setelah dilepas di bawah merger PayPal kini dialihkan ke Twitter.

Pastinya perubahan dari gambar burung biru menjadi huruf "X" ini akan menjadi perubahan besar sejak dirinya membeli Twitter seharga USD 44 miliar tahun lalu.

Elon Musk mengatakan, alasan dirinya mengubah logo Twitter menjadi "X" adalah untuk mencerminkan ketidaksempurnaan dalam diri kita semua yang membuat kita unik."

Menurut postingan Threads, editor pelaksana The Verge, Zoe Schiffer, Elon Musk sudah mengirim email ke karyawan Twitter untuk memberi tahukan perusahaan akan menjadi X.

Dilansir The Verge, ini akan menjadi email terakhir Elon yang menggunakan alamat Twitter.

Pada hari Minggu, CEO Twitter Linda Yaccarino mengatakan perubahan branding akan memperkenalkan poros utama untuk platform microblogging.

Dia mengatakan, dimasa mendatang Twitter akan menjadi pasar untuk "barang, layanan, dan peluang" yang didukung oleh kecerdasan buatan.

"Ini adalah hal sangat langka--dalam hidup atau dalam bisnis, di mana Anda mendapatkan kesempatan kedua untuk membuat kesan besar lainnya," cuit sang CEO,

"Twitter membuat satu kesan besar dan mengubah cara kita berkomunikasi. Sekarang, X akan melangkah lebih jauh, mengubah alun-alun kota global."

Linda melanjutkan, "X akan menghubungkan kita semua dengan cara yang baru saja kita bayangkan."

4 dari 4 halaman

Xwitter Trending Topic dan Warganet Bilang Logo Jelek

Ilustrasi twitter. (Photo by Jeremy Bezanger on Unsplash)

Pemilik sekaligus bos Twitter Elon Musk dalam proses mengubah logo burung biru Twitter menjadi huruf X. Alih-alih disambut dengan rasa penasaran dan suka cita oleh warganet pengguna Twitter, rencana Musk itu justru dianggap tidak menarik.

Bahkan, ada pula warganet terang-terangan berpendapat kalau perubahan logo burung biru Twitter jadi huruf X justru jelek. Pasalnya, Twitter dengan logo burung birunya telah melekat di kalangan pengguna setia.

Rupanya, perubahan dari Twittter menjadi X sebagai nama perusahaan media sosial menarik perhatian warganet, Xwitter pun jadi salah satu trending topic yang banyak dicuitkan oleh para pengguna.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Senin (24/7/2023), ada lebih dari 5.200 cuitan dengan kata Xwitter yang diunggah warganet Twitter. Seiring dengan pergantian logo burung biru menjadi X, tidak sedikit yang mengunggah foto screenshot bahwa logo Twitter di aplikasinya sudah berubah jadi X.

"F***, its changed into Xwitter," kata pengguna dengan akun @wei**** mengunggah perubahan logo Twitter.

Ada pula warganet lain yang tidak begitu mempedulikan perubahan logo Twitter jadi X. Pasalnya, mau apa pun namanya, platform milik Elon Musk ini tetap bakal jadi tempat berkeluh kesah.

"Mo Twitter atau Xwitter pun, tempat buah ngeluh tetaplah di sini," kata @abr***.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.