Sukses

Penjualan Game Bertema Kapal Selam Melonjak di Tengah Viralnya Berita Soal Musibah Kapal Selam Wisata Titanic

Penjualan video game Iron Lung yang bertema kapal selam melonjak di tengah viralnya berita mengenai kapal selam wisata Titanic yang dinyatakan hilang dan meledak di dekat lokasi bangkai Titanic.

 

Liputan6.com, Jakarta - Pencarian kapal selam wisata Titanic bernama Titan berakhir sudah, Kamis 22 Juni 2023. Pencarian korban dihentikan setelah otoritas mengkonfirmasi kapal selam dengan lima penumpang tersebut telah meledak dan tidak ada yang selamat dari musibah ini.

Sekadar informasi, hilangnya kapal selam wisata Titanic dari perusahaan OceanGate ini menyita perhatian seminggu terakhir. Pasalnya, kapal selam wisata Titanic yang dinaiki CEO OceanGate bersama sejumlah miliarder dinyatakan hilang 2,5 jam setelah mulai menyelam pada pukul 9 pagi, Minggu 18 Juni 2023.

Di tengah pencarian yang menuai perhatian dunia dan warganet itu, penjualan sebuah video game kapal selam, Iron Lung, justru meningkat tajam.

Mengutip USA Today, Sabtu (24/6/2023), pengembang game Iron Lung, David Szymanski, mengunggah sebuah screenshot file yang memperlihatkan peningkatan unit game yang terjual antara Senin dan Selasa lalu. Tergambar, ada peningkatan tajam penjualan video game tersebut pada Selasa lalu.

Unggahan tersebut pun diberi keterangan, "Hal ini terasa sangat salah."

Sumber informasi dari Symanski ini tidak begitu jelas. Selain itu, tidak ada perbandingan penjualan video game Iron Lung pada saat kapal selam Titan dicari dengan hari-hari sebelumnya.

Ia pun melanjutkan cuitan tersebut. "Saya benar-benar melihat humor gelap dari musibah kapal selam wisata Titanic ini, hanya saja seperti, saya menjadikan Iron Lung sebagai hal paling mengerikan yang bisa saya pikirkan. Dan mengetahui ada orang sungguhan berada di situasi itu (hilang) saat ini cukup mengerikan, bahkan jika itu adalah keputusan buruk untuk mereka sendiri," katanya.

Ia menambahkan, "Tidak ada yang harus mati seperti itu."

Ketika dikonfirmasi oleh USA Today untuk permintaan komentar, Szymanski lalu mencuit, sebuah gambar meme 'orang menyeka mata dengan uang dolar' yang menurutnya membanjiri cuitan tersebut.

Ia berkata, "tidak nyaman dengan lonjakan penjualan (video game)."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tentang Video Game Kapal Selam Iron Lung

Menurut layanan distribusi video game digital Steam, gim horor bertema kapal selam Iron Lung ini dirilis pada Maret 2022. Gim ini memiliki alur cerita di mana pemain berkesempatan untuk jadi pilot sebuah kapal selam mini melalui Blood Ocean, di sebuah bulan asing.

"Kamu adalah orang yang tidak beruntung yang bisa menyelidiki anomali misterius di kapal selam tua yang dirakit dari bagian stasiun ruang angkasa berkarat yang dikenal sebagai Blood Ocean, yang ditemukan di bulan yang tandus," demikian deskripsi tentang game tersebut.

Lebih lanjut, deskripsi game juga menunjukkan keterangan, "Pemindaian awal memperlihatkan kumpulan lokasi anomali yang berpotensi berguna di parit bawah laut yang dalam, yang memerlukan penyelidikan lebih lanjut."

Dalam game ini, pengalaman yang sangat imersif bisa dirasakan pemain dalam kapal selam yang memuat satu orang ini.

3 dari 4 halaman

Misi Game: Selamatkan Diri dari Tenggelamnya Kapal Selam

Pemain pun bisa mengambil foto lokasi utama saat mereka mengavigasi lautan dengan peta yang tidak lengkap, sensor jarak, suara, dan kamera eksternal jadul untuk mengambil lokasi utama sebelum kapal selam tersebut tenggelam atau ditemukan oleh alien bawah laut.

Pemain membutuhkan kecerdasan dan kesabaran untuk bisa berhasil dalam gim ini, apalagi gim ini hanya memberi waktu satu jam bagi pemain untuk bisa selamat di dalam kapal selam.

Sekadar informasi, gim ini bisa dibeli hanya dengan USD 7 secara online. Sejauh ini, ada lebih dari 5.900 ulasan yang diunggah para pemain mengenai Iron Lung.

Belum lama ini, banyak pemain juga mencoba game ini dan membuat perbandingan yang tidak sensitif, dengan kapal selam wisata Titanic milik OceanGate.

 

4 dari 4 halaman

Nasib Penumpang Kapal Selam Wisata Titanic

Sementara itu, Penjaga Pantai mengonfirmasi pada Kamis lalu, bahwa terdapat sejumlah serpihan di dekat situs tenggelamnya kapal Titanic yang diduga berasal dari kapal selam Titan yang sebelumnya dinyatakan hilang.

Hal ini sekaligus memperjelas nasib lima penumpang di dalamnya yang dinyatakan telah meninggal dunia akibat ledakan kapal selam tersebut.

Serpihan sisa kapal silam Titan tersebut ditemukan di bawah laut di kedalaman 1.600 kaki dari situs tenggelamnya Titanic. Keluarga korban pun telah diberitahu mengenai hal ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.