Sukses

OnePlus Siap Rilis HP Layar Lipat Pertama di 2023, Ini Bocoran Spesifikasinya

Sebuah rumor mengenai waktu peluncuran HP layar lipat OnePlus beredar, di mana tanggalnya tak lama usai gelaran Unpacked dari Samsung

Liputan6.com, Jakarta - OnePlus disebut-sebut bakal meluncurkan HP layar lipat pertama mereka pada kuartal ketiga tahun ini. Setelah itu dinyatakan oleh CEO Pete Lau, rumor dari sebuah sumber juga memberikan lebih banyak detail soal kabar itu.

Menurut desas-desus yang diembuskan oleh blog teknologi India, Pricebaba Daily, seperti mengutip Android Police, Senin (12/6/2023), perilisan smartphone OnePlus ini akan rilis paruh pertama bulan Agustus, lewat acara di New York.

Dikutip dari GSM Arena, ini berarti peluncurannya hanya satu atau dua pekan setelah perkenalkan Samsung Galaxy Z Fold5 dan Flip5, yang dijadwalkan akan meluncur di Unpacked pada 26 Juli.

HP layar lipat OnePlus juga diprediksi akan rilis untuk pasar global, setelah diluncurkan pertama kali di Amerika Serikat dan India.

Menariknya, Oppo juga kabarnya akan memulai debut Find N3 di China pada bulan Agustus, di mana menurut rumor yang beredar sebelumnya, OnePlus Fold mungkin akan jadi versi internasional untuk smartphone itu.

Jika begitu, diperkirakan layar lipat bagian dalam smartphone layar lipat OnePlus ini akan berkuran 8 inci dengan resolusi QHD+, serta layar luarnya akan memakai FHD+ 6,5 inci. Keduanya akan hadir dengan refresh rate 120 Hz.

Sementara untuk spesifikasi, chipset Snapdragon 8 Gen 2 kabarnya akan digunakan di perangkat ini, bersama dengan RAM LPDDR5 hingga 16 GB, dan penyimpanan UFS 4.0 hingga 512 GB.

OnePlus Fold juga diprediksikan akan menjalankan Android 13 dengan OxygenOS 13.1. Untuk baterainya berukuran 4.800 mAh dengan dukungan pengisian daya kabel 80W.

Lalu di sektor kamera, HP layar lipat OnePlus rumornya akan membaa kamera utama 50MP dengan OIS, ultrawide 48MP, telefoto periskop 32MP, dan sepasang kamera selfie 32MP untuk tiap layarnya.

Mengingat ini masih rumor, informasi tersebut belum bisa dipastikan kebenarannya dan masih harus menunggu pengumuman resmi dari OnePlus. Meski begitu, kabar ini tentu saja menarik seiring dengan mulai ramainya tren HP layar lipat saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dua HP OnePlus Nongol di Situs TKDN Kemenperin

Meski rumor soal OnePlus layar lipat sudah mengemuka secara global, di sisi lain, OnePlus sendiri baru-baru ini menyatakan kembalinya mereka pasar Indonesia. Meski begitu, mereka belum mengumumkan smartphone apa yang akan dibawa ke Tanah Air.

Namun, situs Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian, tampaknya memberikan kisi-kisi tentang HP OnePlus yang akan hadir di Indonesia.

Dalam situs TKDN Kemenperin, diketahui PT Bright Mobile Telecommunication telah mendapatkan dua sertifikat untuk dua telepon seluler OnePlus pada 28 April 2023 lalu.

Perangkat dengan nomor sertifikat 3882/SJ-IND.8/TKDN/4/2023 adalah OnePlus CPH2493, dengan nilai TKDN 36,65 persen.

Sementara satunya yang mendapatkan nomor sertifikat 3881/SJ-IND.8/TKDN/4/2023, adalah telepon seluler OnePlus CPH2449, dengan nilai TKDN sebesar 35,95 persen. Jika melihat spesifikasinya, kedua HP OnePlus ini sama-sama akan mendukung 5G.

3 dari 4 halaman

HP OnePlus yang Diperkirakan Rilis di Indonesia

Dikutip dari berbagai sumber internet, OnePlus CPH2449 adalah nomor model dari OnePlus 11 5G. Sementara untuk CPH2493, kabarnya adalah model number untuk OnePlus Nord 3 yang akan datang.

Meski begitu, OnePlus Indonesia hingga artikel ini ditulis juga belum mengumumkan secara resmi smartphone apa yang akan mereka rilis di Indonesia. Namun dengan TKDN ini, sudah dipastikan mereka akan kembali terjun ke pasar smartphone di dalam negeri.

Mengutip GSM Arena, OnePlus sudah meluncurkan OnePlus 11 5G pada bulan Januari 2023 yang lalu.

Dikutip dari GSM Arena, HP berlayar 6,7 inci ini memakai LTPO3 Fluid AMOLED dengan resolusi 1440 x 3216 piksel. OS juga bakal menggunakan OxygenOS 13 untuk versi global, dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 4nm.

Untuk kameranya akan terdiri dari Wide Camera 50MP, telefoto 32MP, ultrawide 48MP, serta selfie camera 16MP. HP OnePlus ini juga memiliki baterai berkapasitas 5000 mAh, serta mendukung pengisian daya 100W.

4 dari 4 halaman

OnePlus Pastikan Akan Hadir Lagi di Indonesia

OnePlus juga memastikan bahwa mereka kembali membawa produk-produk smartphone-nya ke Indonesia. Untuk saat ini, perusahaan mengatakan akan fokus untuk membangun dan memperkuat komunitasnya di Tanah Air.

Arga Bima Simanjuntak, Head of PR OnePlus Indonesia menyebut, saat diumumkan akan kembali ke Indonesia, OnePlus mendapatkan respon dan sambutan yang positif dari masyarakat.

"Jadi memang monitoring seperti ini memberikan semangat OnePlus untuk serius membuat program yang spesial buat komunitas ke depannya," kata Arga dalam buka puasa bersama awak media dan influencer di Jakarta, Kamis (13/4/2023).

Arga mengungkapkan per 1 April 2023, sudah ada sekitar 1.000 fans aktif yang telah bergabung di berbagai platform komunitas OnePlus.

OnePlus Indonesia juga beberapa waktu lalu telah menggelar acara komunitas secara terbatas, untuk menjajal produk-produk mereka, salah satunya untuk mengambil foto di Kota Tua, Jakarta.

"Event-event seperti ini akan kita lakukan sebagai salah satu strategi utama dari OnePlus di pasar Indonesia," kata Arga.

(Dio/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.