Sukses

Begini Cara Optimalkan Usaha dengan WhatsApp Business

WhatsApp Business merupakan versi aplikasi WhatsApp yang dirancang khusus untuk kebutuhan bisnis, dengan penyesuaian fitur-fitur untuk membantu pengusaha kecil dan menengah, serta memungkinkan berkomunikasi dengan pelanggan.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini peluang usaha terbuka lebar sejalan dengan perkembangan teknologi. Salah satu usaha yang menjamur alias makin banyak digeluti masyarakat adalah bisnis online. 

Bisnis online adalah bentuk bisnis yang dilakukan melalui internet yang bisa meminimalisasi biaya, seperti bisnis online shop. Nah, ketika menjalankan bisnis online, umumnya WhatsApp menjadi penghubung antara penjual dan pembeli. 

WhatsApp yang digunakan adalah WhatsApp Business. Ini merupakan versi aplikasi WhatsApp yang dirancang khusus untuk kebutuhan bisnis. Dengan penyesuaian fitur-fitur untuk membantu pengusaha kecil dan menengah, aplikasi ini memungkinkanmu berkomunikasi dengan pelanggan. Termasuk jika kamu ingin mengabarkan kepada pelanggan tentang adanya penawaran gratis ongkir terbesar.

Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah, apakah mungkin untuk menggunakan satu akun WhatsApp Business pada perangkat atau ponsel berbeda? Jawabannya adalah ya, hal ini mungkin dilakukan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa sih WhatsApp Business itu?

WhatsApp Business telah membuka peluang baru bagi bisnis kecil dan menengah. Khususnya untuk meningkatkan layanan dan membangun hubungan yang lebih baik dengan para pelanggan. Dengan menggunakan fitur yang tersedia pada WhatsApp Business, seperti salam otomatis, pesan-template, dan statistik bisnis, Anda dapat mengoptimalkan strategi komunikasi.

Adanya WhatsApp Business juga memungkinkanmu untuk membuat profil bisnis yang mencakup informasi penting, seperti alamat, jam operasional, dan deskripsi singkat guna membantu pelanggan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan mudah.

Selain itu, WhatsApp Business juga mendukung fitur grup yang memungkinkanmu untuk membuat grup dengan pelanggan atau klien tertentu. Tentunya hal ini makin memudahkan kamu dalam hal pengiriman pesan massal kepada sekelompok orang dengan cepat dan efisien.

Fitur-fitur tersebut juga memberikan kontrol yang lebih besar dalam menjalankan komunikasi bisnis. Sekaligus memungkinkanmu untuk mengatur dan mengelola percakapan secara mudah.

Namun, penting bagi kamu untuk menggunakan WhatsApp Business dengan bijak dan sesuai regulasi yang berlaku. Maka dari itu, kamu harus tetap menjaga privasi pelanggan dengan baik. Selain itu, ada baiknya kamu juga menghindari mengirim spam atau pesan yang tidak diinginkan kepada pelanggan.

Kamu juga harus paham bahwa WhatsApp Business memberikan opsi untuk pelanggan. Opsi tersebut berupa pilihan untuk memblokir dan melaporkan bisnis yang tidak mengikuti etika komunikasi yang baik.

Dari sini bisa disimpulkan kalau WhatsApp Business adalah alat atau aplikasi yang sangat berguna bagi pengusaha kecil dan menengah, terutama untuk meningkatkan komunikasi bisnis. Apalagi satu WhatsApp ini bisa digunakan pada dua perangkat. Tentunya ini akan memberikan fleksibilitas dan efisiensi dalam mengelola pesan dan percakapan dengan pelanggan.

Selain itu, dengan menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh WhatsApp Business, kamu juga dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan. Sehingga kamu bisa meningkatkan layanan pelanggan, dan mengembangkan bisnis secara lebih efektif.

 

3 dari 3 halaman

Cara Menggunakan 1 Akun WhatsApp Business pada Dua Perangkat

Sebelumnya, kamu sebagai pengguna WhatsApp hanya dapat mengakses satu akun pada satu perangkat telepon. Namun, dengan peluncuran WhatsApp Business, kamu dapat menggunakan satu akun WhatsApp Business pada dua perangkat secara bersamaan.

Fitur ini sangat membantu bagimu yang ingin mengelola komunikasi bisnis menjadi lebih efisien tanpa harus terus-menerus beralih antar perangkat. Untuk mengaktifkan dan menggunakan satu akun WhatsApp pada dua ponsel atau perangkat, ada beberapa langkah yang dapat diikuti, yaitu:

  • Pastikan kamu telah mengunduh dan menginstal aplikasi WhatsApp Business di kedua perangkat yang ingin digunakan
  • Buka aplikasi WhatsApp Business di perangkat pertama dan masuk dengan nomor telepon yang terkait dengan akun WhatsApp Business. Jika kamu belum memiliki akun WhatsApp Business, kamu perlu membuatnya terlebih dahulu
  • Setelah berhasil masuk, pergi ke Pengaturan > WhatsApp Web/Desktop di perangkat pertama. Pilih opsi "Tambahkan Perangkat Baru" atau "Scan QR Code"
  • Di perangkat kedua, buka WhatsApp Business dan pilih opsi "Pindai QR Code" untuk memindai kode QR yang muncul di perangkat pertama
  • Setelah pemindaian berhasil, kamu akan dapat menggunakan akun WhatsApp Business pada kedua perangkat secara bersamaan. Semua pesan dan percakapan akan terlihat dan dapat kamukelola dari kedua perangkat tersebut

Penting untuk ingat, jika menggunakan akun WhatsApp Business pada kedua perangkat, pastikan bahwa koneksi internet dan baterai keduanya selalu aktif. Ini berguna untuk memastikan bahwa pesan-pesan tersebut dapat diterima dan dijawab secara tepat waktu.

Dengan menggunakan satu akun WhatsApp Business pada dua perangkat, kamu dapat berkomunikasi secara efektif kepada pelanggan. Kamu juga dapat memantau dan merespons pesan dengan lebih cepat.

Nah, untuk bisa mengakses WhatsApp Business dengan menggunakan dua perangkat tentunya kamu membutuhkan smartphone. Yup, kamu bisa mendapatkan smartphone dengan harga kompetitif dan ongkos kirim murah bahkan gratis di Shopee.

Ya, Shopee merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia yang menyediakan berbagai macam kebutuhan. Berbagai kebutuhan termasuk smartphone bisa kamu temukan dan dapatkan dengan mudah. Tambah lagi ongkos untuk pengiriman sangatlah terjangkau bahkan banyak yang gratis. Bukan cuna saja, kamu  juga bisa berbelanja dengan memanfaatkan Promo Live Shopping Terbesar. So, tunggu apa lagi, ayo langsung check out dan gunakan voucher bebas ongkir dari Shopee sekarang juga!

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.